Table of Contents
Subscribe to Insights and Updates

3 Jenis Media Relations untuk Meningkatkan Awareness Publik

artikel bisnis: menjelasakan market share

Media relations atau hubungan media dalam dunia PR adalah tentang menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan media massa dan jurnalis. Hal ini dilakukan demi kepentingan bisnis Anda.

Dengan berkembangnya industri media dan PR, media relations memiliki berbagai fungsi untuk membantu publikasi bisnis Anda. Di era pasar yang semakin modern dan kompetitif, sangat penting untuk mempelajari strategi menambah awareness agar bisnis Anda bisa semakin dikenal khalayak ramai. Salah satunya lewat media relations.

Dilansir dari GlobalCom PR Network, komunikasi yang efektif dengan media bisa memberi pengaruh yang cukup berarti pada citra dan pengakuan publik terhadap bisnis Anda. Media yang dimaksud dapat berupa koran, majalah, radio, televisi, atau publikasi di internet.

Jenis-jenis Media Relations

Sebagai salah satu alat marketing untuk meningkatkan awareness perusahaan atau bisnis Anda, ada beberapa jenis media relations yang bisa dilakukan. Kira-kira apa saja, ya?

Berikut adalah tiga jenis media relations yang paling sering dilakukan.

1. Press Conference

Press conference atau konferensi pers adalah jenis media relations pertama yang bisa Anda lakukan. Mungkin Anda sering mendengar kata press conference, tapi apa sih sebenarnya press conference ini dan apa hubungannya dengan media relations?

Press conference adalah alat marketing dalam media relations yang dirancang untuk menyiarkan sesuatu, salah satunya hard news yang bertujuan untuk meningkatkan awareness bisnis Anda. 

Dilansir dari Community Tool Box di University of Kansas, hard news adalah berita di media cetak atau elektronik yang tepat waktu, signifikan, menonjol, dan relevan.

Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan lewat konferensi pers, salah satunya menyiarkan pengumuman penting dengan cara yang interaktif. Melalui press conference, Anda bisa melakukan tanya-jawab dengan para jurnalis yang Anda undang.

2. Media Monitoring

Jenis media relations selanjutnya adalah media monitoring atau pemantauan media. Di era modern ini, orang-orang sudah mulai terbiasa terpapar oleh media digital setiap harinya. Oleh karena itu, memperhatikan berita yang sedang bersirkulasi di dunia digital sangatlah penting dalam media relations.

Alasan utama mengapa Anda perlu melakukan media monitoring adalah untuk melihat apa yang dikatakan klien, investor, dan masyarakat umum tentang bisnis Anda. Hasilnya bisa dijadikan acuan untuk menyusun strategi komunikasi selanjutnya. 

Bukan hanya itu, media monitoring juga bisa dilakukan untuk mengetahui aktivitas pasar, tren, dan juga hal-hal yang dilakukan kompetitor Anda untuk tetap relevan.

Media monitoring dapat membantu Anda memastikan strategi komunikasi yang Anda lakukan benar-benar sampai dan dapat dimengerti target audience Anda.

3. Press Release

Salah satu jenis media relations yang bisa Anda lakukan adalah press release atau siaran pers. Dilansir dari BBC, siaran pers adalah sebuah bentuk komunikasi dengan bercerita untuk mengumumkan suatu berita kepada khalayak ramai yang sengaja dikirimkan kepada jurnalis atau media.

Harapannya, para jurnalis atau media akan mempublikasikan berita yang terkandung di dalamnya.

Selain untuk meningkatkan awareness, salah satu manfaat siaran pers adalah sebagai sarana pengenalan produk baru. Karakteristik siaran pers adalah memiliki news values, yakni faktual, penting, dan menarik.

Walaupun karakteristik siaran pers dan berita hampir sama, siaran pers biasanya lebih pendek daripada berita. Siaran pers juga umumnya berisi citra positif perusahaan. Sedangkan berita menampilkan sebuah isu dengan sudut pandang objektif.

Kesimpulan

Ada beberapa jenis media relations yang bisa dilakukan untuk meningkatkan awareness bisnis Anda, di antaranya:

  1. Press conference
  2. Media monitoring
  3. Press release

Itulah penjelasan jenis media relations untuk bisnis Anda. Sudah tahu tujuan strategi bisnis Anda? Opsi manakah yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Yuk, promosikan lewat media sekarang!

Get the latest updates delivered right to your inbox!
Having a problem? Email Us: hello@radvoice.id