Table of Contents
Subscribe to Insights and Updates

5+ Manfaat Media Gathering untuk Perusahaan dan Jurnalis

Media Relations TikTok Indonesia

Media gathering menjadi salah satu istilah yang belakangan sering digunakan perusahaan untuk mendekatkan diri dengan rekan media.

Dikutip dari Casa Kreatif, media gathering biasanya dilaksanakan dengan format informal seperti makan bersama di sebuah restoran. Ini berbeda dari press conference atau konferensi pers.

Karena sifatnya gathering, media yang diundang pun biasanya lebih spesifik dan jumlahnya tidak terlalu banyak layaknya konferensi pers.

Biasanya, perusahaan akan mengundang rekan media sesuai dengan target market dari produk atau jasa yang dipasarkan.

Dengan begitu, perusahaan akan lebih mudah dalam menjelaskan informasinya kepada masyarakat.

Pengertian Media Gathering

Secara umum, media gathering adalah istilah baru dari press conference yang sifatnya lebih santai.

Mengutip website Universitas Indonesia Library, media gathering adalah salah satu bentuk special event yang bertujuan untuk mendekatkan hubungan antara perusahaan dan media.

Adanya hubungan yang dekat antara perusahaan dan media akan menghasilkan pemberitaan positif tentang perusahaan Anda.

Pemberitaan yang positif mengenai perusahaan akan meningkatkan citra perusahaan yang positif ke publik.

Citra perusahaan yang positif akan membuat perusahaan semakin dikenal dan dipercaya oleh publik.

Hasilnya, perusahaan akan semakin bertahan dalam menghadapi persaingan dari para pesaing bisnis.

Beberapa perusahaan belakangan ini lebih senang menggunakan istilah media gathering dibandingkan dengan press conference.

Fungsi Media Gathering

Fungsi media gathering secara umum tidak berbeda jauh dengan konferensi pers.

Hanya saja, cara penyampaiannya lebih santai dibandingkan dengan press conference yang terkesan lebih serius.

Jumlah jurnalis yang hadir pun akan lebih sedikit karena perusahaan hanya akan mengundang sesuai dengan target pasar.

Adapun fungsi media gathering adalah seperti berikut ini.

1. Menjalin Kedekatan dengan Wartawan

Media gathering biasanya diadakan secara santai dan biasanya diadakan selama beberapa hari.

Para wartawan nantinya akan diajak untuk melakukan kegiatan, seperti outbound atau kegiatan menarik lainnya.

Hal ini dilakukan perusahaan untuk menjalin kedekatan dengan wartawan, sehingga kedekatan akan semakin terjalin.

Selain di luar kota, biasanya perusahaan akan mengadakan gathering di tempat yang lebih privat.

Pada acara tersebut, nantinya perusahaan akan menyampaikan beberapa rencana atau pencapaian untuk disebarkan secara luas.

Jika dilakukan seperti ini, hubungan baik secara tidak langsung akan terjalin karena sudah mengenal lebih dekat satu sama lain.

2. Menumbuhkan Kepercayaan

Kegiatan media gathering juga berfungsi untuk menumbuhkan rasa percaya antara satu sama lain.

Hal ini mungkin terbentuk ketika perwakilan perusahaan atau lembaga menghabiskan waktu yang panjang bersama wartawan.

Ini akan terjalin ketika lembaga atau perusahaan mengadakan gathering dengan jumlah media yang tidak terlalu banyak.

Jika hal tersebut dilakukan, Anda akan lebih mudah berinteraksi dengan wartawan karena jumlahnya yang lebih sedikit.

Jurnalis mungkin akan lebih nyaman ketika ingin menyampaikan pertanyaan kepada narasumber dalam acara tersebut.

Sebaliknya, narasumber pun mungkin akan lebih mudah menjawab pertanyaan yang diberikan oleh jurnalis.

Wartawan akan lebih menghargai narasumber yang menjawab pertanyaan sesuai yang diinginkan. Ini adalah awal dari hubungan jangka panjang yang baik.

Manfaat Media Gathering untuk Perusahaan

Meskipun tujuannya sama, tetapi media gathering dianggap memiliki lebih banyak manfaat untuk perusahaan. Berikut penjelasannya.

1. Meningkatkan Citra Perusahaan

Salah satu manfaat utama dari media gathering adalah meningkatkan citra perusahaan.

Karena sifatnya informal dan lebih intim, rekan media lebih santai dalam menggali informasi mengenai perusahaan Anda.

Dalam hal ini, tim PR perusahaan dapat memaparkan tentang jenis produk atau jasa mereka serta prestasi yang telah diraih.

Jika hal itu dilakukan dengan benar, citra perusahaan Anda di depan rekan media dan juga masyarakat akan semakin baik.

Ini juga menjadi salah satu jenis media relations yang cukup efektif untuk meningkatkan awareness media terhadap perusahaan.

2. Pemberitaan Gratis

Pemberitaan gratis menjadi manfaat lain dari media gathering untuk perusahaan. 

Seperti yang diketahui, tidak semua rekan media akan menerbitkan press release dari sebuah perusahaan.

Apalagi, jika press release yang disebarkan tidak memiliki news value untuk media. 

Namun, hal ini dapat diatasi dengan menjaga hubungan baik kepada para rekan media dengan mengadakan media gathering.

Pastikan saat mengadakan media gathering, tim PR dari perusahaan Anda memberikan pelayanan yang terbaik terhadap rekan media.

Karena sifatnya lebih personal dan jumlah pesertanya lebih sedikit, tim PR perusahaan Anda akan lebih mudah untuk menyapa rekan media secara personal.

Saat hubungan baik ini terbangun, perusahaan akan lebih mudah menyebarkan press release untuk diberitakan oleh para rekan media.

3. Mudah Melakukan Klarifikasi

Jika hubungan baik dan kepercayaan media sudah terbina, perusahaan akan lebih mudah melakukan klarifikasi ketika perusahaan terkena masalah.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh tim PR ketika ingin mendapatkan manfaat ini. 

Tim PR harus selalu merespon jika rekan media meminta klarifikasi langsung terhadap masalah yang terjadi di perusahaan.

Hal ini sangat penting. Pasalnya, jika tim PR mengabaikan pertanyaan dari rekan media, citra yang selama ini dibangun akan hancur dengan sendirinya.

Jika tim PR belum memiliki jawaban, mereka hanya perlu merespon pertanyaan dari rekan media. 

Misalnya, tim PR dapat menjawab dengan pesan singkat, seperti “Ditunggu pernyataan resminya, ya”.

Kalimat tersebut bisa menjaga hubungan baik antara PR perusahaan dan juga rekan media, lho. 

Karena dengan jawaban tersebut, wartawan akan merasa lebih dihargai oleh perusahaan.

Selain itu, Anda juga akan lebih mudah mengundang rekan media jika ingin mengadakan press conference terkait klarifikasi masalah yang terjadi di perusahaan.

Manfaat Media Gathering untuk Jurnalis

Selain untuk perusahaan, media gathering juga memiliki manfaat untuk jurnalis yang hadir.

Manfaat media gathering untuk jurnalis adalah sebagai berikut.

1. Refreshing

Media gathering terkadang diadakan di lokasi yang jauh dari keramaian kota, sehingga membuat wartawan merasa lebih santai saat meliput berita.

Sifatnya yang informal biasanya akan membuat wartawan tidak merasa sedang bekerja.

Apalagi dalam acara gathering, biasanya akan disertai dengan hiburan berupa penampilan artis yang dapat dinikmati semua peserta.

Tak hanya itu, beberapa perusahaan atau lembaga juga sering mengundang wartawan untuk media gathering dengan menyewa bioskop untuk menonton film terbaru.

Hal inilah yang membuat wartawan akan merasa terhibur ketika sedang meliput berita perusahaan atau lembaga.

2. Mendapatkan Informasi Lebih Lengkap

Media gathering adalah acara pertemuan dengan jumlah media yang tidak terlalu banyak, sehingga waktu untuk wawancara semakin panjang.

Hal ini biasanya akan dimanfaatkan oleh wartawan untuk menggali informasi secara lebih lengkap kepada perusahaan atau lembaga.

Penting untuk para humas perusahaan atau lembaga agar tidak memberikan batasan waktu ketika wartawan sedang ingin meminta klarifikasi pada perwakilan perusahaan.

3. Menjalin Hubungan Baik

Manfaat media gathering adalah menjalin hubungan baik untuk wartawan atau perusahaan.

Hal ini akan terjalin dengan sendirinya saat perusahaan atau lembaga selalu memberikan tanggapan positif terhadap wartawan.

Jangan pernah mengabaikan panggilan atau pesan dari wartawan jika hubungan baik ingin terus terjalin.

Kesimpulan

Perusahaan yang mengadakan media gathering akan mendapatkan manfaat seperti berikut ini:

  1. Meningkatkan citra perusahaan
  2. Pemberitaan gratis
  3. Mudah melakukan klarifikasi

Sementara itu, jurnalis juga akan mendapatkan manfaat jika mengadakan media gathering seperti berikut.

  1. Refreshing
  2. Mendapatkan informasi lebih lengkap
  3. Menjalin hubungan baik

Sudah siap untuk mengadakan media gathering dengan rekan media? Jangan lupa untuk memperhatikan hal-hal penting di atas sebelum mengadakan acara tersebut, ya.

Get the latest updates delivered right to your inbox!
Having a problem? Email Us: hello@radvoice.id