Cara pertama agar press release dimuat media massa adalah memiliki cerita yang relevan dengan audiens dan diiringi sudut pandang yang menarik.
Namun, tahukah Anda bahwa cara distribusi press release juga menjadi kunci dari kesuksesan siaran pers?
Anda dapat mengirimkan siaran pers ke media yang meliput bidang bisnis Anda atau menghubungi jurnalis tertentu untuk memberikan wawancara eksklusif.
Ada banyak pilihan dalam hal bagaimana Anda mendistribusikan press release, kepada siapa Anda mengirimkannya, dan hasil yang Anda harapkan.
Cara Mendistribusikan Press Release

Distribusi press release dapat menjadi elemen kunci dalam membuat cerita Anda menjadi berita.
Seperti dikutip dari Fit Small Business, berikut beberapa cara pendistribusian rilis yang dapat Anda lakukan.
1. Membangun Hubungan Baik dengan Jurnalis

Cara pertama dalam mendistribusikan press release secara efektif adalah membangun hubungan dengan media.
Sama seperti pelaku bisnis, jurnalis juga memiliki tujuan yang harus mereka penuhi secara teratur.
Mereka dapat membantu Anda untuk mencapai tujuan kampanye dengan meliput berita terkini dari perusahaan Anda. Selain itu, bangun juga hubungan secara personal dengan jurnalis.
Tawarkan kesempatan untuk terhubung dengan sumber-sumber yang berharga bagi mereka seperti direktur perusahaan dan lainnya.
Jangan lupa untuk berikan apresiasi, terutama ketika jurnalis sudah memberikan liputan tambahan atas press release yang Anda kirimkan.
2. Update Terus Daftar Kontak
Sebelum mendistribuskan press release ke media, ada baiknya Anda memeriksa apakah daftar kontak tersebut sudah diperbaharui atau belum.
Jangan sampai daftar kontak Anda berisi informasi yang sudah tidak akurat. Beberapa jurnalis barangkali sudah pindah media atau sudah tidak lagi bekerja sebagai wartawan.
3. Kirim Email Langsung ke Jurnalis

Mendistribusikan press release ke alamat email umum seperti [email protected] (atau melalui formulir web online) bukanlah cara terbaik untuk mengirim rilis.
Sebaiknya, kirimkan siaran pers Anda langsung ke jurnalis yang kemungkinan besar akan tertarik dengan cerita Anda.
Anda bisa melihat secara teliti jurnalis yang secara teratur menulis berita di bidang subjek Anda dan mempublikasikannya kepada audiens target Anda.
Setelah itu, kirimkan siaran pers Anda langsung ke alamat email mereka.
Misalnya, jika Anda meluncurkan restoran baru di daerah Anda, Anda dapat langsung menghubungi reporter yang meliput topik makanan, alih-alih mengirimkannya ke alamat email publikasi umum atau formulir web.
4. Jangan Lupa Manfaatkan Blogger dan Influencer
Selain mengirimkan berita Anda kepada jurnalis, jangkau juga para influencer dan blogger yang membuat konten di bidang subjek Anda.
Bagaimanapun juga, banyak sekali manfaat bekerja sama dengan influencer dan blogger.
Dalam beberapa kasus, mereka memiliki hubungan langsung dengan sejumlah besar anggota audiens target Anda.
Saat menghubungi influencer dan blogger secara langsung, kirimkan pesan singkat yang meringkas berita Anda.
Undang mereka untuk mencari informasi lebih lanjut dan tanyakan apakah Anda dapat mengirimkan salinan press release.
Infokan mereka bahwa berita tersebut eksklusif karena belum ditayangkan. Ini dapat menarik minat mereka agar menawarkan informasi terbaru kepada para pengikut mereka.
Kesimpulan
Mendistribusikan press release dapat menjadi cara yang hemat biaya untuk menjaga perusahaan Anda tetap berada di mata publik.
Berikut beberapa cara mendistribusikan press release.
1. Membangun hubungan baik dengan jurnalis
2. Update terus daftar kontak
3. Kirim email langsung ke jurnalis, bukan redaksi
4. Jangan lupa manfaatkan blogger dan influencer
Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Namun tentu saja, jangan pernah melupakan poin-poin penting dalam press release dan memahami apa saja pertimbangan wartawan saat menerima press release.
RadVoice Indonesia dapat menyampaikan pesan institusi Anda melalui laporan media yang kredibel di Indonesia. Berbekal pendekatan bercerita dan standar konten yang tinggi, RadVoice Indonesia akan bekerja sama dengan Anda untuk menulis artikel yang edukatif dan membidik media-media nasional atau internasional yang relevan.
Jadwalkan konsultasi online dengan RadVoice Indonesia di sini. 100% gratis, tanpa komitmen.