Table of Contents
Subscribe to Insights and Updates

5 Profesi yang Dekat dengan Public Relations

Bagi PR, menjalin hubungan dengan media seharusnya saling menguntungkan.

Profesi public relations (PR) adalah salah satu bidang yang sangat penting dalam dunia komunikasi. PR merupakan cara untuk menciptakan hubungan yang positif antara organisasi dan publik. Dengan menggunakan berbagai strategi, public relations dapat membantu organisasi menciptakan citra positif dan meningkatkan penjualan produk maupun jasa.

Untuk mencapai tujuan tersebut, seorang PR harus berkolaborasi dengan pihak lain yang memiliki disiplin ilmu berbeda. Menurut Investopedia.com, spesialis PR sering menjalin hubungan dengan berbagai jenis orang, termasuk pelanggan utama, pejabat pemerintah, dan media eksternal.

Profesi yang Erat Kaitannya dengan Public Relations

Karena profesi PR memiliki hubungan erat dengan publik dan media, ada banyak profesi lainnya yang berhubungan erat dengan PR, termasuk jurnalis, konsultan komunikasi, manajer media, serta banyak lagi. 

Mereka semua bertanggung jawab untuk membawa pesan dari perusahaan atau organisasi ke publik untuk mengelola hubungan. Apa saja profesi yang terkait dengan public relations? Berikut ulasannya.

1. Jurnalis

Salah satu tugas utama PR adalah menciptakan hubungan yang baik dengan media. Jurnalis menjadi salah satu bagian penting dari proses ini. Public relations harus bekerja dengan jurnalis untuk mempromosikan organisasi mereka dan menciptakan citra yang positif. 

Setelah memiliki database jurnalis, seorang PR dapat mengirim artikel ke jurnalis yang tepat. Anda juga akan lebih mudah menghubungi jurnalis jika membutuhkan publikasi untuk hal tertentu. Misalnya, ada kabar terbaru dari perusahaan atau klarifikasi mengenai isu yang tengah hangat diperbincangkan.

Untuk menjalin hubungan dengan jurnalis, seorang public relations perlu mendalami ilmu media relations.

2. Penulis Konten 

Penulis konten bertanggung jawab untuk menulis konten yang akan dipublikasikan di berbagai media. Konten ini bisa berupa blog, artikel, press release, dan lainnya.

Penulis harus memahami bagaimana menyampaikan informasi yang tepat agar menarik bagi audiens, yang akan membantu membangun image perusahaan.

3. Media Planner

Dikutip dari IPA.co.uk, peran media planner adalah mengembangkan strategi yang menentukan saluran media mana yang harus digunakan untuk berkomunikasi dengan audiens target klien. Media planner dapat membantu PR menentukan media mana yang akan diiklankan, seberapa banyak iklan yang akan dimasukkan ke media, dan berapa banyak anggaran yang harus dikeluarkan untuk iklan tersebut. 

Media planner juga dapat membantu dalam mengevaluasi kinerja iklan dan membuat perubahan yang diperlukan untuk memastikan bahwa iklan tersebut mencapai tujuan mereka.

4. Manajer Media Sosial

Manajer media sosial adalah orang yang bertanggung jawab untuk membangun hubungan dengan audiens melalui media sosial. Peran media sosial untuk profesi public relations ternyata penting.

Mereka bekerja dengan PR untuk mempromosikan organisasi dan menyebarkan informasi tentang produk dan layanan yang ditawarkan. Manajer media sosial di sini biasanya bekerja sama dengan para desainer grafis dan copywriter untuk membuat konten yang akan digunakan untuk mempromosikan produk atau layanan perusahaan.

5. Pengelola Event

Pengelola event adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengadakan berbagai acara seperti seminar, konferensi, dan lainnya. Mereka bertanggung jawab untuk mengatur acara dan memastikan bahwa semuanya berjalan lancar. 

Public relations akan sering bekerja sama dengan event organizer untuk mengelola acara promosi atau acara lainnya.

Kesimpulan

Untuk mencapai tujuannya, seorang public relations dapat berkolaborasi dengan kelima profesi yang erat kaitannya dengan tugas PR, antara lain:

  1. Jurnalis
  2. Penulis konten
  3. Media planner
  4. Manajer media sosial
  5. Pengelola event 

Dari lima profesi yang disebutkan di atas, dapat dilihat bahwa profesi PR memiliki potensi kolaborasi yang luas. Dengan bekerja sama dengan profesi lain, seorang PR dapat memaksimalkan promosi yang dilakukan untuk produk atau layanan perusahaan. 

Oleh karena itu, sangat penting bagi seorang public relations untuk mengenal profesi lain yang erat kaitannya dengannya.

Get the latest updates delivered right to your inbox!
Having a problem? Email Us: hello@radvoice.id