Dalam menjalankan sebuah bisnis, produk berkualitas atau promosi yang menarik bukan satu-satunya kunci keberhasilan. Komunikasi dan citra perusahaan juga tidak kalah penting. Itulah mengapa peran dan fungsi public relations dalam perusahaan sangatlah penting bagi keberlangsungan bisnis.
Komunikasi dua arah dengan publik merupakan hal yang wajib bila bisnis Anda ingin berkembang. Dengan semakin sering berkomunikasi dengan masyarakat luas, jarak antara perusahaan dan masyarakat juga semakin dekat. Citra perusahaan juga semakin baik di mata publik.
Fungsi Public Relations dalam Perusahaan
Dilansir dari 5wpr, public relations merupakan salah satu cara membuat sebuah strategi marketing dan juga dapat meningkatkan reputasi secara digital.
Public relations juga dapat dikatakan sebagai gerbang untuk meningkatkan persepsi dan sentimen positif pada masyarakat. Memiliki divisi PR pada perusahaan juga dapat meningkatkan brand awareness dan akan menjadi salah satu investasi terbaik yang dapat dilakukan perusahaan.
Selain untuk menjalankan strategi marketing, ada fungsi public relations dalam perusahaan lainnya. Apa sajakah yang wajib dilakukan tim humas? Berikut ulasan lengkapnya.
1. Sebagai Sarana Komunikasi Eksternal dan Internal
Fungsi public relations dalam perusahaan yang pertama adalah sebagai sarana komunikasi eksternal dan internal. Dalam sebuah struktur perusahaan, pasti memiliki banyak divisi berbeda yang memiliki tujuannya masing-masing. Tidak menutup kemungkinan akan terjadi tumpang tindih antardivisi demi mencapai kepentingannya masing-masing.
Di sinilah fungsi public relations dibutuhkan. Mereka harus dapat menjaga keharmonisan setiap divisi pada perusahaan. PR juga berperan sebagai jembatan komunikasi dengan sesama divisi internal perusahaan. Dengan begini, gesekan antardivisi dapat diminimalisir.
Selain berperan sebagai jembatan komunikasi internal perusahaan, PR juga berperan sebagai jembatan komunikasi dengan pihak eksternal. Dalam hal ini dapat berkaitan dengan masyarakat, investor, atau pemerintah. Hal ini bertujuan agar perusahaan dapat berjalan dengan baik tanpa adanya masalah dari pihak luar.
2. Bekerja Sama dengan Media Massa
Bekerja sama dengan media massa juga menjadi salah satu fungsi public relations dalam perusahaan. Salah satu fungsi utama divisi public relations adalah berkomunikasi dengan publik. Untuk menjalankan fungsi ini, diperlukan kerja sama dengan media massa agar pesan yang ingin disampaikan dapat tersampaikan dengan cepat secara luas.
Hubungan media massa dengan public relations diibaratkan sebagai mitra yang saling membutuhkan. Public relations membutuhkan media massa untuk melakukan publikasi mengenai kebijakan perusahaan. Media massa senantiasa membutuhkan berita terkini dari berbagai sumber. Dengan begitu, media relations antara perusahaan dan media massa juga semakin terjalin erat.
Beberapa kerjasama yang sering dilakukan dengan media massa antara lain publikasi produk baru, promosi, pergantian struktur perusahaan, sampai mengontrol krisis bila perusahaan dilanda isu negatif.
3. Melakukan Riset terhadap Publik
Fungsi public relations dalam perusahaan lainnya adalah melakukan penelitian atau riset terhadap perilaku masyarakat. Data yang didapat akan berpengaruh besar dalam pengambilan keputusan perusahaan ke depannya. Hal ini dapat meminimalisir tingkat kegagalan karena sudah berdasarkan data di lapangan.
Dengan begitu, target yang telah ditetapkan oleh perusahaan kemungkinan besar dapat tercapai dengan lebih baik karena sudah melewati banyak pertimbangan yang matang. Di sisi lain, masyarakat juga semakin percaya dengan kebijakan perusahaan ke depannya karena suara mereka didengar dengan baik oleh manajemen perusahaan.
Kesimpulan
Public relations adalah divisi penting dalam perusahaan. Ada beberapa fungsi public relations dalam perusahaan, antara lain:
- Sebagai sarana komunikasi eksternal dan internal
- Bekerja sama dengan media massa
- Melakukan riset terhadap publik
Itulah penjelasan mengenai fungsi public relations dalam perusahaan. Bagaimana? Pasti sudah tahu pentingnya memiliki tim PR dalam perusahaan, bukan? Yuk, mulai terapkan ke bisnis Anda!