Meningkatkan citra perusahaan menjadi tugas dari public relations. Salah satu cara yang lazim digunakan adalah dengan alat promosi.
Alat promosi public relations merupakan media yang digunakan oleh pihak humas untuk menyebarkan informasi atau hal penting yang berkaitan dengan perusahaan.
Secara umum, ada dua jenis alat promosi public relations offline dan online. Berikut ulasannya.
Alat Promosi Public Relations Offline
Alat promosi public relations offline adalah media yang digunakan untuk menyebarkan informasi di medium luar internet.
Alat promosi ini dinilai efektif, cepat, serta efisien. Namun, alat promosi ini dinilai cukup mahal dan dapat menimbulkan kesalahpahaman jika terjadi kesalahan penulisan.
Berikut ini beberapa alat promosi public relations offline yang bisa Anda pertimbangkan.
1. PR Package
Ini adalah salah satu contoh alat promosi public relations yang paling berdampak dan sering digunakan divisi marketing.
Dikutip dari Boston University College of Communication, PR package adalah paket produk yang dikirim ke influencer atau selebritis.
Harapannya, mereka menggunakan produk tersebut dan membagikan kesannya di media sosialnya kepada audiens mereka secara organik.
2. Media Cetak
Berbicara tentang alat promosi offline, tentunya tidak terlepas dari media cetak seperti koran dan majalah.
Tidak sedikit perusahaan yang melakukan promosi dengan memasang iklan advertorial di beberapa media massa.
Biasanya, beberapa perusahaan periklanan telah memberikan ruang di suatu halaman yang bisa Anda “beli”, baik dalam bentuk ukuran maupun per kata.
3. Komunitas
Alat promosi bisa juga berbentuk sosial seperti komunitas atau konsumen dengan ketertarikan yang sama.
Dalam hal ini, komunitas yang hadir adalah mereka yang membeli, menggunakan, serta mempercayai produk dan perusahaannya.
Anggota komunitas inilah yang selanjutnya menjadi iagen atau duta yang memperkenalkan suatu produk kepada lingkungannya.
4. Press Release dan Press Conference
Alat promosi public relations selanjutnya adalah press release dan press conference.
Biasanya hal ini dilakukan apabila sebuah perusahaan meluncurkan produk baru, mengumumkan kampanye bayu, hingga meluruskan informasi.
Pada dasarnya, press release membutuhkan bantuan media untuk menyebarkan informasinya.
Mereka akan diberikan akses tertentu untuk bisa mendapatkan informasi utama.
Setelah mendapatkannya, mereka akan menyebarkannya melalui kanal berita masing-masing.
Press release juga bisa disebarkan melalui internet atau laman resmi perusahaan tersebut, tergantung kebutuhan.
Alat Promosi Public Relations Online
Alat promosi public relations online adalah media yang digunakan untuk menyebarkan informasi secara daring.
Alat promosi secara online ini sangat fleksibel. Anda bisa membuatnya satu arah maupun dua arah sesuai keinginan Anda.
Bukan hanya efektif, cepat, dan efisien, promosi online ternyata dapat direvisi cepat jika adanya kesalahan dan dapat menekan biaya produksi yang cukup besar.
Berikut ini beberapa contoh alat promosi public relations online yang bisa Anda pertimbangkan.
5. Website
Alat promosi public relations secara online yang pertama adalah website. Umumnya, perusahaan memiliki situsnya sendiri.
Website perusahaan berisikan informasi penting, mulai dari company profile, produk yang dihasilkan, hingga alamat dan kontak call center.
Tidak sedikit juga website memiliki artikel blog agar website perusahaan semakin dikenal oleh masyarakat.
Hal ini bertujuan agar public relations dapat memberikan informasi lengkap dari sumber utamanya yang kemudian dapat dibaca ataupun dijadikan acuan oleh masyarakat.
6. Media Sosial
Contoh kedua yang bisa dimanfaatkan oleh public relations adalah penggunaan media sosial.
Dengan menggunakan media sosial, Anda dapat memperkenalkan produk Anda dengan jauh lebih mudah, semudah mengakses smartphone.
Media sosial juga bisa Anda pilih karena pembuatannya yang gratis dan mudah dikelola.
Jika perusahaan Anda membutuhkan bantuan promosi, beberapa media sosial menyediakan jasa iklan seperti Instagram Ads.
7. E-mail
Jika Anda pernah mendapatkan e-mail berupa penawaran atau informasi produk, bisa jadi itu adalah salah satu cara public relations menjaga hubungannya dengan masyarakat.
Biasanya, email ini terkirim kepada sebagian kalangan yang telah menjadi konsumen perusahaan tersebut.
8. Komunitas Online
Alat promosi public relations yang terakhir adalah memanfaatkan komunitas online. Konsepnya sama dengan komunitas offline pada umumnya, namun berkembangnya secara online.
Cara kerjanya pun serupa dan hanya berbeda lokasi. Contohnya seperti membuat grup Facebook, grup Telegram, hingga server Discord.
Harapannya adalah agar pihak perusahaan dapat mendengar keluhan dan masukan yang diinginkan masyarakat secara langsung.
Kesimpulan
Banyak sekali alat promosi public relations yang ada saat ini. Berdasarkan pengaplikasiannya, alat promosi ini dibagi menjadi dua kategori, yaitu offline dan online.
Beberapa contoh alat promosi public relations yang dinilai efektif adalah sebagai berikut.
- Kampanye berbentuk barang
- Media cetak
- Komunitas
- Press release dan press conference
- Website
- Media sosial
- Komunitas online
Itulah beberapa alat promosi public relations yang bisa Anda pertimbangkan. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan kampanye Anda.