6 Strategi Brand Awareness untuk kembangkan bisnis

Jika Anda pernah mendengar istilah yang kerap disebutkan orang-orang seperti “Apple banget” atau “Nike people”, maka ini adalah salah satu bukti bagaimana strategi brand awareness berhasil membawa sebuah merek produk masuk ke tengah masyarakat. 

Brand awareness adalah istilah pemasaran yang mengacu pada seberapa akrab audiens target Anda dengan merek Anda, dan seberapa baik itu dipahami.

Merek dengan awareness yang tinggi umumnya disebut sebagai tren, buzzworthy, atau populer.

Hal ini memiliki banyak manfaat. Begitu konsumen terikat dengan brand Anda, mereka cenderung melakukan pembelian berulang dengan sedikit atau tanpa pertimbangan sebelumnya.

Selain itu, brand awareness juga membantu Anda mengasosiasikan tindakan dan produk dengan brand tertentu.

Itu akan mendorong untuk mengganti kata-kata umum dengan istilah-istilah bermerek. Misalnya, sepatu Nike Air Jordan yang kerap dilabeli sebagai “sepatu basket”. Atau, kalau Anda ingin mencari informasi di mesin pencari, Anda lebih sering mendengar seseorang berkata “Google aja”.

Strategi Brand Awareness yang Baik

Membangun kesadaran merek sangat penting saat memasarkan dan mempromosikan perusahaan atau produk Anda, terutama pada tahap awal bisnis.

Berikut adalah beberapa strategi membangun brand awareness seperti dikutip dari HubSpot.

1. Menjadi Guest Blogger

Menjadi guest blogger atau blogger tamu adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kesadaran merek dengan sedikit usaha yang dilakukan.

Anda dapat memanfaatkan lalu lintas yang baik pada situs web lain untuk mendapatkan lebih banyak perhatian pada brand Anda sembari menawarkan konten yang bermanfaat dan relevan.

Misalnya, salah satu manfaat artikel feature adalah meningkatkan kesadaran publik akan merek tertentu. Menawarkan artikel feature dalam sebuah blog bisa menjadi strategi brand awareness yang efektif.

Atau, Anda juga bisa mencoba cara menulis artikel produk yang tidak terkesan iklan. 

Tanpa disadari, Anda menulis dengan suara brand Anda serta menampilkan diri Anda sebagai individu dan sekaligus sebagai perwakilan perusahaan.

2. Beriklan di Mana-mana

Iklan adalah salah satu cara terbaik untuk membuat orang mengetahui tentang merek Anda.

Jika Anda tertarik untuk benar-benar muncul di mana-mana dan meluncurkan kampanye dalam skala besar, Anda mungkin ingin memunculkan brand Anda di berbagai video, foto, serta iklan media sosial. 

Kalau Anda ingin memasang iklan dengan pendekatan yang berbeda, Anda bisa mencoba advertorial. Disajikan dalam bentuk berita dan secara soft selling, terdapat berbagai jenis iklan advertorial dengan beragam kebutuhan bisnis yang bisa Anda pertimbangkan.

3. Buat Slogan yang Singkat dan Menarik

Dengan menggunakan contoh Nike, Anda akan langsung teringat dengan merek tersebut saat mendengar “Just Do It“. Atau, ketika Anda melihat merek McDonald’s, Anda tentu akan terpikir dengan slogan “I’m Lovin’ It“.

Membuat slogan singkat adalah landasan dari strategi brand awareness yang kuat dan merupakan cara yang sederhana untuk meningkatkan brand awareness.

Kalimat tersebut harus menjelaskan bagaimana Anda berbeda, apa yang Anda tawarkan, dan mengapa pelanggan harus memilih Anda.

Menggunakan bahasa sederhana merupakan salah satu tips membuat copywriting efektif, yang dapat Anda terapkan untuk menulis slogan berkesan dan mudah diingat publik.

Pastikan Anda juga mengenali audiens brand Anda agar gaya penulisan sesuai dengan segmen pasar yang ditarget.

Kesimpulan

Brand awareness adalah konsep yang kuat dan dapat berdampak besar pada upaya pemasaran, persepsi konsumen, dan penjualan Anda.

Terdapat beberapa strategi brand awareness yang bisa Anda coba, yaitu:

1. Menjadi guest blogger

2. Beriklan di mana-mana

3. Buat slogan yang singkat dan menarik

Terakhir, penting untuk diingat bahwa meningkatkan kesadaran merek bukanlah sesuatu yang instan. Teruslah menguji strategi brand awareness pada perusahaan Anda untuk melihat siasat mana yang memberikan dampak terbesar. Semoga berhasil!


RadVoice Indonesia dapat menyampaikan pesan institusi Anda melalui laporan media yang kredibel di Indonesia. Berbekal pendekatan bercerita dan standar konten yang tinggi, RadVoice Indonesia akan bekerja sama dengan Anda untuk menulis artikel yang edukatif dan membidik media-media nasional atau internasional yang relevan.

Jadwalkan konsultasi online dengan RadVoice Indonesia di sini. 100% gratis, tanpa komitmen.