Humas dan marketing merupakan dua bidang yang selalu ada di setiap organisasi dan perusahaan.
Meski dari namanya berbeda, terkadang agak sulit untuk membedakan dalam implementasi pekerjaannya.
Maka dari itu, RadVoice Indonesia akan menjelaskan persamaan serta perbedaan antara humas dan marketing. Berikut penjelasannya.
Definisi Humas dan Marketing

Sebelum menjelaskan persamaan serta perbedaannya, tentunya diperlukan definisi singkat humas dan marketing.
Humas merupakan singkatan dari hubungan masyarakat atau yang dikenal dengan bahasa Inggrisnya public relations.
Menurut Public Relations Society of America, public relations adalah sebuah proses strategi komunikasi yang bertujuan untuk membangun hubungan baik antara organisasi dan masyarakat.
Contohnya, saat Anda ingin menyampaikan sesuatu kepada masyarakat tentang perusahaan Anda, public relations yang akan melakukannya.
Di sisi lain, marketing merupakan bahasa Inggris dari pemasaran.
Seiring berkembangnya industri ini, terdapat cabang lain dari marketing yang disebut digital marketing. Namun secara konsep, tugasnya tetaplah sama.
Mengutip dari American Marketing Association, marketing adalah sebuah aktivitas membangun komunikasi, menyampaikan, hingga bertukar barang yang memiliki nilai-nilai tertentu kepada masyarakat.
Jika diambil contoh, bagian marketing bertugas membuat kampanye terhadap suatu produk perusahaan, menyebarkannya kepada masyarakat, dan melakukan transaksi kepada masyarakat.
Perbedaan Humas dan Marketing

Pada dasarnya, kedua bidang ini memiliki perbedaan pada maksud, tujuan, hingga segmentasi pasar. Berikut penjelasannya.
1. Maksud dan Tujuan
Humas atau hubungan masyarakat memiliki tujuan untuk menyebarkan informasi terkait brand awareness, kampanye, dan informasi lainnya terkait perusahaan.
Selain itu, humas juga bertanggung jawab atas press release, menjadi juru bicara perusahaan, serta menjaga relasi internal perusahaan.
Dengan memberikan informasi seperti itu, harapannya adalah humas dapat memberikan citra dan hubungan baik antarkaryawan maupun masyarakat.
Humas dapat memberikan informasi sekaligus memperkenalkan produk tersebut ke masyarakat umum. Harapannya agar suatu organisais dapat memberikan kesan baik terhadap produk dan perusahaan.
Sedangkan marketing bertujuan untuk menyebarkan informasi yang berkaitan dengan pemasaran produk sebagai sumber pemasukan perusahaan.
Tim marketinglah yang merancang strategi agar masyarakat dapat menjadi konsumennya.
Mudahnya, jika angka konsumen dapat dikonversikan menjadi bentuk uang, maka itu termasuk bagian marketing.
Contohnya seperti mereka melakukan event berbayar, menyediakan paket bundling produk, content marketing SEO, dan masih banyak lagi.
2. Target Pasar
Humas dan marketing pada dasarnya memiliki target pasar yang sama, yaitu masyarakat umum. Namun jika diperjelas, maka akan terlihat perbedaannya
Humas memiliki target pasar yang sangat umum. Siapa pun mereka, baik usia, latar belakang, jenis kelamin, humas tidak membeda-bedakan mereka.
Mereka menyebarkan informasi seluas-luasnya agar semua orang mengetahui produk atau perusahaannya.
Sedangkan marketing memiliki target pasar yang lebih spesifik, yaitu mereka yang berpotensi menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan.
3. Tempat

Tempat yang dimaksud adalah lokasi publikasi. Kedua bidang saling mempublikasikan informasi tertentu, namun bisa dibagi lagi menjadi space dan time.
Humas cenderung memilih menyebarkan informasi ke tempat yang free space dan free time.
Karena sifatnya yang free, pihak humas tidak bisa meminta banyak akan seperti apa bentuk publikasinya nanti.
Free space merujuk pada tempat di mana informasi ini disampaikan, contohnya seperti beriklan di televisi, koran, dan e-mail.
Sedangkan free time artinya waktu dimuatnya informasi ini bersifat kapan saja.
Sedangkan marketing cenderung menggunakan tempat yang bersifat buying space dan buying time.
Singkatnya, Anda dapat membeli waktu dan tempat di mana informasi ini ditayangkan.
Contohnya seperti meminta agar informasi ini berada di laman depan koran, diunggah di beberapa media sosial selama beberapa hari, dan lain sebagainya.
Kesimpulan
Meskipun sering dianggap mirip atau bahkan sama, ternyata ada beberapa perbedaan mencolok antara humas dan marketing. Berikut perbedaannya.
- Maksud dan tujuan
- Target pasar
- Tempat publikasi
Meskipun memiliki perbedaan, humas dan marketing ternyata mampu berkolaborasi untuk menciptakan berbagai macam kegiatan positif bagi perusahaan. Jadi, sudah siap untuk bekerja sama dengan tim humas maupun marketing dengan lebih dekat lagi?