Strategi Digital Marketing Bisnis F&B ala Aulia Haryadi

Aulia Haryadi, Senior Public Relations Lead di Toffin Indonesia, membagikan berbagai tantangan humas perusahaan F&B.

Menguasai berbagai strategi digital marketing menjadi penting untuk mengembangkan bisnis Anda, tak terkecuali F&B (makanan dan minuman).

Mengutip Mailchimp, digital marketing atau online marketing adalah sebuah promosi sebuah brand yang memanfaatkan internet dan bentuk komunikasi digital lainnya. 

Belakangan ini, banyak perusahaan semakin serius menggunakan tools digital marketing dalam proses pemasarannya. Hal ini pun diakui oleh Aulia Haryadi, Senior Public Relations Lead Toffin Indonesia

Dalam wawancara dengan RadVoice Indonesia, Aulia menjelaskan bahwa perusahaannya memanfaatkan affiliate marketing dan social media marketing untuk pemasaran secara digital. 

Menurut dia, tools tersebut khususnya social media sangat cocok untuk proses pemasaran perusahaan F&B.

Melalui media sosial, konsumen akan lebih mudah mengemukakan pendapat secara langsung. Ini nantinya akan diteruskan kepada public relations untuk mencari solusi terbaiknya. 

Ingin mengetahui lebih lanjut tentang strategi digital marketing untuk perusahaan food and beverage? Simak petikan wawancaranya berikut ini. 

Strategi digital marketing apa saja yang cocok untuk bisnis F&B? Bagaimana mempelajarinya?

“Toffin Indonesia memiliki satu akun utama dengan empat sub-account dan dua akun brand di Instagram. 

Baca juga: 9 Cara Membuat Caption Instagram yang Menarik agar Brand Makin Dikenal

“Toffin juga memiliki akun social media di TikTok, LinkedIn, dan Facebook. Akun-akun ini berfungsi sebagai sarana komunikasi dan informasi dengan masyarakat. 

“Selain itu, kami juga melakukan berbagai strategi digital marketing lain yang umum digunakan seperti strategi beriklan di social media.”

Tools apa saja yang penting untuk bisnis F&B?

“Untuk tools digital marketing, sebaiknya disesuaikan dengan strategi marketing yang dijalankan.

“Apalagi beberapa platform seperti Meta (Facebook), TikTok, LinkedIn, dan Google menyediakan tools yang bisa digunakan secara cuma-cuma.  

Baca juga: 3 Cara Menggunakan Media Sosial untuk Praktisi PR, Brand, dan Perusahaan

“Selain tools di digital marketing, divisi humas juga bisa memanfaatkan influencer marketing dan marketing affiliate. 

“Sementara, influencer marketing adalah kolaborasi antara influencer atau orang yang terkenal di media sosial dan brand untuk mempromosikan produk atau layanan merek.”

Bagaimana menentukan tools strategi digital marketing untuk bisnis, khususnya F&B? 

Tools marketing biasanya akan disesuaikan dengan strategi sekaligus budget yang dimiliki. 

“Bagi pebisnis pemula, misalnya ingin menggunakan strategi digital marketing di social media dan marketing affiliate, mereka bisa memanfaatkan tools gratis dari masing-masing platform social media.” 

Menurut Aulia Haryadi, seberapa penting social media untuk marketing di dunia F&B? 

“Di dunia F&B, peran social media cukup besar. Pengguna social media dengan mudah menyampaikan keluhan dan pendapat mereka melalui platform tersebut.

Baca juga: 3 Peran Media Sosial untuk Public Relations

“Untuk itu, di Toffin sebagai public relations, saya perlu perlu cepat tanggap dalam menghadapi berbagai isu sambil berkoordinasi dengan tim terkait.

“Ini dilakukan supaya bisa memberikan solusi terbaik bagi kedua belah pihak, sehingga citra perusahaan tetap baik di masyarakat. 

Public relations juga perlu memahami target audience, tren, hingga gaya bahasa di berbagai platform sosial media untuk bisa berkomunikasi dan menyampaikan informasi secara tepat sasaran. 

“Salah satu channel komunikasi digital lain adalah kolaborasi dengan para marketing influencer dan affiliate marketing. Kerjasama dilakukan untuk meningkatkan brand awareness terhadap brand di masyarakat.  

“Selain melalui channel digital, saya juga tetap mengelola kanal komunikasi konvensional melalui media relations di era media sosial dan community relations.”

Terkait dengan jawaban yang terakhir mengenai influencer dan affiliate, seberapa besar pengaruhnya dibandingkan dengan social media marketing?

“Sebenarnya social media, influencer, dan affiliate ini merupakan strategi digital marketing yang dijalankan untuk mencapai tujuan tertentu.

Baca juga: 5 Manfaat Bekerja Sama dengan Influencer

“Akan lebih baik jika semuanya dijalankan secara bersamaan, namun jika harus memilih salah satu maka pemilik bisnis bisa melakukan riset terlebih dahulu untuk menentukan strategi yang terbaik.”

Wawancara dengan Aulia Haryadi dilakukan pada Rabu, 31 Januari 2024. Percakapan ini telah diedit agar lebih ringkas.


RadVoice Indonesia dapat menyampaikan pesan institusi Anda melalui laporan media yang kredibel di Indonesia. Berbekal pendekatan bercerita dan standar konten yang tinggi, RadVoice Indonesia akan bekerja sama dengan Anda untuk menulis artikel yang edukatif dan membidik media-media nasional atau internasional yang relevan.

Jadwalkan konsultasi online dengan RadVoice Indonesia di sini. 100% gratis, tanpa komitmen.