Table of Contents
Subscribe to Insights and Updates

Metode PAS dalam Copywriting dan Penggunaannya

Metode PAS dalam Copywriting dan Penggunaannya

Pernahkah Anda mendengar metode PAS dalam copywriting? Ini adalah metode yang cukup populer dan efektif untuk Anda gunakan saat membuat tulisan atau copy.

Dalam menjual suatu produk atau jasa, konten yang ditulis akan menjadi salah satu faktor yang dapat memengaruhi penjualan. Oleh karena itu, tulisan atau copy yang disajikan haruslah menarik dan efektif agar audiens tertarik untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan. 

Dalam penulisan sebuah copy, terdapat berbagai metode yang bisa digunakan. Salah satunya adalah metode PAS atau Problem, Agitate, dan Solution. Metode PAS merupakan teknis penulisan copywriting yang cukup sederhana, namun sering dipakai oleh para pelaku bisnis karena metode ini terbilang powerful.

Lantas, apa itu metode PAS dalam sebuah penulisan copywriting? Mengapa PAS tergolong powerful?

Nah, RadVoice Indonesia telah merangkum penjelasan mengenai metode PAS dalam copywriting dan mengapa metode ini penting untuk aktivitas bisnis anda.   

Metode PAS dalam Copywriting

Dikutip dari Invista Performance Solutions, tulisan yang baik pada sebuah bisnis dapat meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas terhadap perusahaan. Karena itu, setiap tulisan harus ditulis dengan baik. Kesalahan kecil seperti typo atau salah ketik tidak boleh terjadi. 

Dalam artikel ini, setidaknya terdapat tuga tahap yang harus dipahami dalam menggunakan metode PAS dalam copywriting. Apa saja itu? Mari kita bahas!

1. Problem

Tahap pertama metode PAS dalam copywriting adalah Problem atau masalah. Pada tahap ini, penulis akan meng-highlight atau memaparkan permasalahan yang dialami oleh pembaca secara singkat melalui sebuah pernyataan atau pertanyaan. 

Tujuan dari tahap ini tentu agar saat pembaca membaca copy yang disajikan, mereka dapat langsung relate dengan masalah tersebut. Mereka diharapkan akan membaca lebih lanjut untuk mencari solusi atau jawaban dari masalah yang dialami. 

Contoh penulisan Problem yang dapat ditulis sebagai berikut:

“Sudah mondar-mandir sana sini tapi tidak kunjung dapat tukang ojek?”

atau

“Sudah berdiri lama tapi belum kunjung dapat taksi?”

2. Agitate

Tahap kedua metode PAS dalam copywriting adalah Agitate atau tahap di mana masalah yang ada seolah dibesar-besarkan. Pada tahap ini, penulis seakan melebih-lebihkan masalah yang ada menjadi lebih buruk lagi. 

Hal ini bertujuan untuk menyampaikan pesan bahwa masalah yang timbul dapat menjadi lebih buruk bila tidak diatasi segera. Maka, pembaca akan semakin penasaran dengan solusi yang ditawarkan. 

Contoh penulisan Agitate yang dapat ditulis sebagai berikut:

“Udah mondar-mandir sana sini tapi gak kunjung dapat tukang ojek?” (Problem)

“Sekalinya dapat, ongkosnya setara dengan uang makan seharian.” (Agitate)

atau

“Sudah berdiri lama tapi belum kunjung dapat taksi?” (Problem)

“Padahal client udah nunggu hampir 30 menit.” (Agitate)

3. Solution

Tahap terakhir metode PAS dalam copywriting adalah Solution atau solusi. Pada tahap ini, penulis akan menonjolkan produk atau jasa yang ditawarkan sebagai solusi dari masalah yang sudah dipaparkan sebelumnya. 

Tahap ini bertujuan agar pembaca dapat melihat produk atau jasa yang ditawarkan sebagai jalan keluar yang tepat dari rentetan masalah yang dihadapi. 

Contoh penulisan Solution yang dapat ditulis sebagai berikut:

“Udah mondar-mandir sana sini tapi gak kunjung dapat tukang ojek?” (Problem)

“Sekalinya dapat, ongkosnya setara dengan uang makan seharian.” (Agitate)

“Beda ceritanya kalau kamu udah pake JekGo, gak akan ada lagi tarif di luar nalar karena akan disesuaikan dengan jarak tempuh.” (Solution)

atau 

“Sudah berdiri lama tapi belum kunjung dapat taksi?” (Problem)

“Padahal client udah nunggu hampir 30 menit.” (Agitate)

“Tapi sekarang gak perlu lagi capek-capek berdiri buat dapet taksi, tinggal pake Brag, taksi akan ketemu gak sampai semenit.”

Kesimpulan

Dalam penulisa, banyak formula yang dapat diterapkan. Salah satunya adalah metode PAS dalam copywriting. Setidaknya ada tiga tahap yang harus dipahami saat membuat copywriting PAS, antara lain:

  1. Problem: Membeberkan dan menunjukan masalah yang ada
  2. Agitate: Membesarkan masalah yang ada
  3. Solution: Memberikan solusi dengan produk atau jasa yang ditawarkan

Itu dia salah satu tips membuat copywriting yang efektif dan bisa diterapkan dalam menulis penawaran dari produk atau jasa yang ingin ditawarkan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam copywriting untuk bisnis Anda, ya!

Get the latest updates delivered right to your inbox!
Having a problem? Email Us: hello@radvoice.id