plugin SEO terbaik untuk wordpress

Menulis artikel yang cocok dengan kaidah Search Engine Optimization (SEO) menjadi tantangan untuk para penulis. Pasalnya, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menulis artikel tersebut. Tapi tidak perlu khawatir karena saat ini sudah ada plugin SEO yang bisa membantu Anda.

Mengutip dari Computerhope, plugin adalah sebuah software tambahan yang dipasang pada suatu program untuk meningkatkan kapabilitasnya. Karena bersifat tambahan, plugin akan terpisah dari software utamanya. Ada yang bersifat gratis, ada juga yang berbayar.

Dalam kasus ini, plugin yang dipasang akan membantu Anda dalam membuat tulisan yang SEO-friendly. Berbeda dengan keyword tools, plugin ini lebih berfokus pada aspek apa saja yang harus dimiliki pada sebuah tulisan untuk bisa mencapai ranking satu Google. 

Rekomendasi Plugin SEO Terbaik untuk WordPress

Sebelum menjelaskan plugin SEO terbaik, pertanyaan awal adalah “apakah plugin SEO ini bisa digunakan setiap CMS?”  Jawabannya: ya dan tidak. Tidak semua plugin tersedia di seluruh CMS.

Terdapat puluhan hingga ratusan CMS yang bisa Anda gunakan. Namun, yang paling populer adalah WordPress. Ini menjadi salah satu CMS gratis terbaik dan paling banyak digunakan.

Karena terbaik dan paling banyak digunakan, WordPress merupakan CMS dengan plugin terbanyak. Mengutip dari Torque Magazine, saat ini WordPress memiliki 50.000 plugin yang bisa Anda pasang di WordPress. 

Berikut adalah beberapa pilihan plugin SEO yang bisa Anda gunakan. Sebagai disclaimer, tidak semua rekomendasi di bawah ini tersedia di seluruh CMS.  

1. Yoast SEO

Posisi pertama sebagai plugin SEO terbaik adalah Yoast SEO. Yoast SEO adalah salah satu plugin terpopuler di kalangan CMS WordPress, terlebih lagi saat Anda sedang belajar menulis artikel SEO-friendly.

Yoast SEO menyediakan aturan dasar dalam menulis artikel sesuai dengan kaidah SEO. Contohnya seperti sebaran kata kunci, jumlah kata kunci, penggunaan sub-headings, dan lain-lain. Ia juga akan memberitahukan apakah artikel Anda itu kurang teroptimalisasi atau terlalu berlebihan.

Selain SEO, Yoast juga menyediakan fitur keterbacaan. Dengan fitur ini, ia akan memberitahukan apakah artikel Anda lebih mudah dibaca atau tidak.  Contohnya: ia akan melihat panjang paragraf, jumlah kata per kalimat, penggunaan kata kerja pasif, hingga penggunaan transisi kata.

Yoast SEO bisa Anda tambahkan pada CMS WordPress, Drupal, dan Shopify.

2. AIOSEO

All-In-One SEO atau AIOSEO adalah plugin SEO kedua yang cukup populer dan digunakan banyak penulis blog. AIOSEO memiliki user interface pengaturan dalam satu halaman. Jadi Anda bisa mengontrol semua hal tentang SEO dalam satu halaman saja.

Salah satu keunggulan dari AIOSEO adalah ia akan memberitahukan skor SEO artikel Anda. Selain itu, Anda bisa mengatur judul yang ditampilkan saat anda membagikannya, seperti di Facebook. Terakhir, ia memiliki fitur Auto Meta Description yang akan mengambil kalimat atau paragraf terbaik yang menggambarkan artikel Anda.

AIOSEO tersedia pada platform CMS WordPress, Drupal, dan Joomla.

3. SEOPress

Salah satu alat SEO yang tidak kalah populer adalah SEOPress. SEOPress menyediakan berbagai macam fitur yang Anda butuhkan dalam menulis artikel yang SEO-friendly.

Merangkum dari berbagai sumber, SEOPress disebut-sebut sebagai salah satu plugin dengan tampilan yang mudah untuk dimengerti. Bahkan, Anda bisa menyesuaikan penggunaan bahasa pada plugin ini hingga 24 bahasa.

Selain memberikan kriteria artikel SEO, ia juga dapat memberikan nilai SEO atas tulisan Anda. Ia memiliki fitur yang cukup banyak dan tentunya tidak kalah dengan alat SEO lainnya. Contohnya: terintegrasi dengan Google Local Business, Google XML and Structured Data Types, dan masih banyak lagi.

Keunggulan utama dari SEOPress adalah harga upgrade premium yang terjangkau jika dibandingkan dengan plugin SEO lainnya.

Untuk kalian yang ingin menggunakannya, plugin SEOPress saat ini hanya tersedia untuk CMS WordPress.

4. Built-In SEO

Ini bukanlah nama plugin SEO, tapi merujuk kepada plugin bawaan dari setiap CMS. Setiap CMS memiliki sebuah plugin yang mereka buat agar penggunanya tidak harus pusing memilih plugin SEO terbaik.

Setiap built-in SEO memiliki fitur yang kurang lebih sama seperti di atas. Mereka dapat mendeteksi apakah artikel kalian sudah cukup SEO-friendly atau belum.

Keunggulan dari plugin ini berada dari segi penyesuaiannya. Tentunya setiap CMS pasti membuat software atau program yang sesuai dengan sistem yang mereka miliki. Maka dari itu, mereka akan menyesuaikan semaksimal mungkin dan memberikan pengalaman terbaik kepada Anda sebagai penggunanya.

Dengan kata lain, Anda tidak perlu mengganti pengaturan Anda terlalu banyak. Cukup sesuaikan dengan kebutuhan Anda saja.

Contoh CMS yang memiliki plugin built-in SEO ini adalah Wix, Squarespace, Joomla, dan masih banyak lagi.

5. All in One SEO Pack

Plugin SEO terbaik berikutnya adalah All in One SEO Pack. Sesuai dengan namanya, All in One SEO Pack ini memiliki segalanya untuk optimasi situs Anda.

Plugin ini memiliki lebih dari tiga juta instalasi aktif. Secara umum, plugin ini menawarkan lima layanan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.  

Layanan tersebut antara lain:

  • Integrasi Sitemap dan Google Analytics
  • Bad bot blocker mengahalau bot mencurigakan yang akan memperlambat situs Anda
  • Membuat canonical URL
  • Otomasi meta tags yang mudah
  • Pengaturan khusus untuk mengaktifkan ataumenonaktifkan fitur sesuai dengan kebutuhan Anda

6. The SEO Framework

Jika Anda mencari plugin SEO terbaik dan gratis, The SEO Framework bisa jadi pilihan yang tepat. Plugin SEO ini menawarkan layanan gratis tanpa iklan atau anjuran upgrade.

Secara otomatis, plugin SEO terbaik ini akan membuat judul, deskripsi, serta URL canonical dan menjalankan fungsional SEO sebagaimana mestinya. Tak hanya itu, plugin SEO  ini sangat mudah digunakan sehingga cocok untuk Anda yang baru mencoba membangun sebuah website.

Nantinya, pengguna hanya perlu melakukan kustomisasi pengaturan ketika menggunakannya.

7. Google XML Sitemaps

Mengutip hostinger.co.id, Google XML Sitemaps merupakan plugin SEO terbaik untuk WordPress.

Plugin ini akan membuat XML Sitemaps secara otomatis di website dan menotifikasi mesin pencari setiap kali terdapat update.

Singkatnya, plugin SEO ini dapat meningkatkan struktur halaman website, sehingga WordPress akan lebih mudah ditemukan. Google juga telah merekomendasikan plugin ini untuk situs web besar yang memiliki banyak konten media dan arsip dengan internal link terbatas.

Perlu diketahui, Google XML Sitemaps dapat digunakan semua jenis website karena tidak memperlambat situs Anda.

8. SEO Squirrly

SEO Squirrly juga masuk dalam daftar plugin SEO terbaik untuk WordPress. SEO Squirrely kompatibel dengan plugin SEO lain dan tidak akan menimpa pengaturannya.

Jika ingin menggunakan SEO Squirrly, Anda tidak perlu mengganti plugin lama karena ini memiliki fungsi reset keyword untuk mengoptimalkan konten Anda lebih lanjut.

Keunggulan lainnya, plugin SEO ini akan memberikan laporan mingguan tentang kemajuan situs web Anda.

9. SEO Optimized Image  

Plugin SEO terbaiknya lainnya adalah SEO Optimized Image. Sesuai dengan namanya, Anda dapat meningkatkan engagement melalui konten gambar di situs Anda.

Penting untuk diketahui, deskripsi pada gambar dapat meningkatkan peringkat situs Anda di Google.

Plugin SEO WordPress ini dapat membantu Anda meng-update semua gambar lama dan baru secara otomatis dengan alt text dan title tag.

Selain itu, plugin SEO terbaik ini juga tidak menambah entri database sehingga tidak akan memperlambat situs WordPress Anda.

Anda juga dapat menggabungkan plugin ini dengan Smush Image Compression and Optimization agar situs web Anda lebih ringan.

Kesimpulan

Ada beberapa pilihan plugin SEO yang bisa Anda gunakan saat membuat blog. Antara lain:

  1. Yoast SEO
  2. AIOSEO
  3. SEOPress
  4. Built-in SEO
  5. All in One SEO Pack
  6. The SEO Framework
  7. Google XML Sitemaps
  8. SEO Squirrly
  9. SEO Optimized Image  

Itulah 9 plugin SEO terbaik yang bisa Anda pasang pada CMS Anda. Memang sebagian besar plugin SEO mengharuskan penggunanya untuk meng-upgrade ke premium atau lebih tinggi. Akan tetapi, semua plugin di atas bisa Anda gunakan secara gratis.

Bagaimana, apakah Anda tertarik menggunakannya?


RadVoice Indonesia dapat membantu Anda menulis dan mempublikasikan blog perusahaan Anda. Berbekal pendekatan bercerita dan standar konten yang tinggi, RadVoice Indonesia akan bekerja sama dengan Anda untuk menulis artikel yang edukatif dan membuat brand Anda semakin menonjol.

Jadwalkan konsultasi online dengan RadVoice Indonesia di sini. 100% gratis, tanpa komitmen.