Untuk mengoptimasi Search Engine Optimization atau SEO, kita harus memahami terlebih dahulu sejumlah jenis keyword atau kata kunci. Hal ini agar dapat memilih keyword yang sesuai dengan kebutuhan situs web perusahaan.
Publik menggunakan mesin pencari dengan beragam tujuan. Sebuah kata kunci, jika dipadankan dengan kata-kata tertentu lainnya, tentu akan memunculkan hasil yang berbeda di laman hasil pencarian.
Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui berbagai jenis keyword untuk menghindari kegagalan dalam menyusun content strategy. Apa saja jenisnya? RadVoice Indonesia akan membahasnya lebih lanjut dalam artikel ini.
Jenis-Jenis Keyword untuk Optimasi SEO Beserta Fungsinya
Sebelum mengetahui tiga jenis keyword yang akan dibahas di sini, sebaiknya ketahui dahulu mengenai search intent. Menurut Semrush, search intent adalah tujuan pencarian pengguna ketika menggunakan mesin pencari.
Dengan mengetik kata kunci tertentu, pengguna punya harapan akan menemukan jawaban atas pertanyaan atau masalah mereka. Tujuan tersebut tercermin dalam kata kunci yang diinput.
Search intent inilah yang harus dipahami agar Anda bisa menentukan jenis kata kunci sekaligus jenis konten yang tepat. Ini dia tiga jenis kata kunci yang harus Anda ketahui berdasarkan search intent pengguna.
1. Informational Keyword

Jenis keyword yang pertama yaitu informational keyword. Kata kunci ini dicari berdasarkan intensi untuk mencari informasi.
Ada banyak sekali pencarian di internet oleh para pengguna yang mencari informasi. Ini bisa berupa informasi tentang cuaca, cara mendidik anak, profil selebritas atau tokoh, dan sebagainya.
Ketika ingin tahu informasi lebih detail, pengguna pun akan memasukkan kata kunci yang lebih panjang (long-tail keyword). Menurut Yoast, mesin pencari semacam Google juga sudah bisa memahami intensi pengguna, sehingga bisa menampilkan apa yang dibutuhkan pengguna.
Jenis kata kunci ini cocok digunakan jika Anda memiliki target untuk menambah jumlah kunjungan pada situs web Anda. Anda bisa menyajikan konten berupa artikel yang menyajikan informasi bermanfaat bagi pengguna.
2. Transactional Keyword

Jenis keyword selanjutnya yaitu transactional keyword. Kata kunci ini menunjukkan adanya intensi membeli dari pengguna. Kemungkinan besar, pengguna sudah tahu apa yang ingin mereka beli, tetapi belum tahu harus membelinya di mana.
Contoh transactional keyword, antara lain “beli iPhone 14”, “jual makanan kucing”, “sepatu olahraga wanita Nike”, “langganan Netflix”, dan sebagainya.
Jenis kata kunci ini cocok diimplementasikan menjadi konten berupa rekomendasi produk, daftar produk, perbandingan harga, hingga landing page.
Banyak perusahaan penyedia jasa dan e-commerce yang menggunakan jenis kata kunci ini untuk memenuhi target pendapatan atau jumlah transaksi.
3. Navigational Keyword

Maksud dari navigasi artinya pengguna ingin menemukan laman, domain, atau alamat fisik tertentu. Jenis keyword navigasi ini biasanya diketikkan oleh pengguna yang telah mengetahui nama sebuah produk, perusahaan, atau tempat.
Misalnya, seorang pengguna ingin berbelanja di pada sebuah e-commerce. Ia mengetikkan nama e-commerce tersebut di mesin pencari hanya untuk mencari laman login dengan mudah.
Menurut Semrush, pengguna memasukkan kata kunci ini ke mesin pencari karena mereka sudah tahu apa yang ingin mereka temukan.
Jika search volume perusahaan atau produk Anda meningkat di mesin pencari, artinya upaya brand awareness yang Anda lakukan sudah baik.
Kesimpulan
Sebelum menentukan konten yang tepat untuk situs web Anda, sebaiknya ketahui dahulu apa saja jenis keyword. Berikut tiga jenis kata kunci untuk optimasi SEO beserta fungsinya.
- Informational keyword
- Transactional keyword
- Navigational keyword
Anda perlu memiliki target yang jelas pula terkait performa situs web perusahaan agar Anda bisa menentukan jenis keyword dan konten yang tepat untuk SEO website.
Sudahkah Anda mengetahui kata kunci yang sesuai dengan bisnis Anda? Keyword yang tepat akan memaksimalkan kegiatan marketing dan penjualan Anda.
RadVoice Indonesia dapat membantu Anda menulis dan mempublikasikan blog perusahaan Anda. Berbekal pendekatan bercerita dan standar konten yang tinggi, RadVoice Indonesia akan bekerja sama dengan Anda untuk menulis artikel yang edukatif dan membuat brand Anda semakin menonjol.
Jadwalkan konsultasi online dengan RadVoice Indonesia di sini. 100% gratis, tanpa komitmen.