Table of Contents
Subscribe to Insights and Updates

Kegiatan Media Relations Ega Candra Firdiansyah di Hotel Mövenpick Jakarta Pertama

Ega Candra Firdiansyah, marketing communications manager Mövenpick Hotel Jakarta City Centre, menjalankan berbagai kegiatan media relations "untuk menyebarkan awareness mengenai brand dan unit hotel baru yang ada di Jakarta".

Ega Candra Firdiansyah, marketing communications manager Mövenpick Hotel Jakarta City Centre, menjalankan berbagai kegiatan media relations “untuk menyebarkan awareness mengenai brand dan unit hotel baru yang ada di Jakarta” dengan segenap koleganya.

Mövenpick Hotel Jakarta City Centre di Pecenongan adalah properti pertama Mövenpick di pusat bisnis Indonesia. Resmi pre-opening pada Juni 2024 di bawah manajemen Accor, hotel ini akan melaksanakan fase grand launch di tahun yang sama.

Area lobby hotel. (Semua foto properti oleh Mövenpick Hotel Jakarta City Centre)

Bagi Ega, menjadi praktisi humas perhotelan merupakan profesi yang ingin ia geluti untuk waktu yang lama.

“Beberapa hal seperti dapat mengembangkan networking dan dapat membuat suatu campaign dan event yang membuat suatu brand lebih dikenal lagi,” kata Ega kepada RadVoice Indonesia, “mendorong saya ingin lebih jauh untuk menjalani karier ini.”

Selama menjalankan kegiatan-kegiatan media relations untuk Mövenpick sejak bergabung pada Desember 2023, Ega ingin selalu “memberikan hal kreatif dan membuat perubahan”. Salah satunya yakni dengan rutin mempertajam ide-idenya.

“Perkaya ide dengan saling sharing, menerima masukan dari kolega, dan alami hal-hal baru untuk mendapat ide-ide unik dan out of the box,” tambahnya.

Kegiatan Media Relations Hotel Mövenpick Jakarta

Berbekal antusiasme dan kepakaran, Ega melaksanakan beragam kegiatan media relations untuk brand perhotelan asal Swiss ini. Tidak lupa juga mengerahkan segala kemampuan yang ia peroleh dari bekerja di berbagai hotel dan resort di Surabaya, Malang, Jakarta, dan lainnya.

Apa sajakah kegiatan-kegiatan media relations yang dimaksud? Berikut selengkapnya.

Sempat menjabat sebagai marketing communications manager di beberapa hotel dan resort, Ega bertanggung jawab untuk melaksanakan berbagai kegiatan media relations. (Semua foto profil oleh narasumber)

Melibatkan Media untuk Storytelling

“Untuk offline, kami mulai dengan mengundang beberapa media lokal dan nasional untuk mengunjungi hotel. Kami mengajak media ke beberapa acara untuk meng-update berita atau fasilitas baru dari Mövenpick Hotel Jakarta City Centre.

“Kami juga melakukan storytelling tentang fasilitas dan brand story Mövenpick. Selain itu, saat pre-opening, kami juga cukup aktif mengunjungi beberapa media untuk memperluas networking sebagai perwakilan Mövenpick di Jakarta.

“Media sangat penting sebagai referensi bagi publik saat melakukan pemesanan acara atau kamar. Konten media yang efektif dapat meningkatkan awareness dan mendorong minat konsumen untuk memilih Mövenpick.

Kamar hotel kategori Premium King. Ega dan tim konsisten “melakukan storytelling tentang fasilitas dan brand story Mövenpick”.

“Pengenalan tim Mövenpick Hotel Jakarta City Centre juga kami lakukan dalam upaya pengenalan profesionalitas dari tim-tim yang kami rekrut untuk dapat diketahui oleh pembaca.

“Wawancara dengan general manager kami juga dilakukan untuk memperkenalkan siapa leader kami dan memberikan informasi mengenai brand Mövenpick di Jakarta.”

Menulis Press Release

“Untuk online, kami juga aktif dalam pembuatan campaign digital yang turut melibatkan tim Accor dari Indonesia untuk membuat brand Mövenpick di Jakarta diketahui lebih luas.

“Pembuatan press release juga dilakukan dengan melibatkan tim digital untuk menghasilkan press release yang ramah SEO.

“Inspirasi penulisan press release bisa saja datang dari banyak hal, mulai dari literasi hingga bahkan saat berlibur.

“Dari banyak kegiatan dan beberapa bacaan tentunya akan membentuk gaya penulisan saya.

“Saya akan menggali sebanyak mungkin untuk mengetahui goals dan story dari obyek yang akan ditulis. Penerapan 5W+1H juga masih menjadi patokan utama karena masih terbilang realistis untuk penulisan suatu press release.

717 Creamery Dessert Bar di dalam properti hotel. Mövenpick terkenal akan kreasi makanan penutupnya. Ega dan tim juga “menggali sebanyak mungkin untuk mengetahui goals dan story dari obyek yang akan ditulis” untuk setiap press release-nya.

“Hal kecil yang saya cukup khawatir adalah membuat suatu tulisan untuk terlihat inspiratif dan tidak terlalu ada kesan ‘berjualan’ dalam tulisan tersebut.

“Oleh karena itu, diperlukan cerita yang relevan dan membuat pembaca ‘kepo’ terhadap objek yang kami tulis.

Kesulitan menulis press release untuk brand Anda? Hubungi RadVoice sekarang!

Campaign dengan menyebarluaskan press release untuk pemberitaan online juga kami lakukan dengan jaringan media yang kami miliki.

“Dampak yang telah kita dapatkan saat ini adalah Mövenpick Hotel Jakarta City Centre dapat diketahui cukup banyak orang sebagai hotel dengan tujuh outlet F&B yang bervariasi.

Ginger Flower adalah salah satu outlet F&B hotel. Hidangan khas Indonesia menjadi andalannya.

“Fokus di Mövenpick Hotel Jakarta City Centre adalah sebagai hotel bisnis dan lifestyle. Hotel kami ingin memberikan pengalaman bersantap dari kuliner Nusantara, Tiongkok, hingga Eropa kepada pengunjung.

“Selain kuliner, kami juga ingin memfokuskan pada venue MICE kami dengan dua ballroom berkapasitas besar dan 15 meeting room yang dapat digunakan untuk pertemuan privat, serta satu wedding pavilion dengan pemandangan kota yang menarik.”

Wawancara dengan Ega Candra Firdiansyah dilakukan pada Sabtu, 24 Agustus 2024. Percakapan ini telah diedit agar lebih ringkas.

Get the latest updates delivered right to your inbox!
Having a problem? Email Us: hello@radvoice.id