Table of Contents
Subscribe to Insights and Updates

5 Contoh Lead Berita yang Menarik Perhatian Pembaca

lead berita

Jenis lead berita atau teras berita yang diletakkan di bagian awal artikel dapat menjadi faktor penentu dalam menarik perhatian pembaca.

Mulai dari lead deskriptif hingga lead kutipan yang memiliki daya tarik tersendiri.

5 Contoh Lead Berita

RadVoice Indonesia merangkum lima jenis lead berita sebagai berikut.

Lead Ringkasan

Lead ringkasan menjelaskan inti dari suatu berita.

Mengutip PressBooks, lead ringkasan memuat satu atau dua kalimat penjelasan tentang sebuah berita.

Ilustrasi pembaca koran cetak. Berikut lima contoh artikel opini yang layak tayang di media
Jenis lead ringkasan langsung menjelaskan inti berita dalam paragraf pembuka. (Foto oleh Rawpixel)

Lead berita satu ini paling banyak digunakan oleh media karena langsung menjelaskan isi pokok berita.

Hal ini serupa dengan rumus penulisan 5W+1H, meski tak seluruh rumusan itu langsung dituliskan di dalam lead berita.

Pembaca pun dapat memahami isi berita yang dibahas tanpa harus membaca keseluruhan.

Contoh lead ringkasan berjudul Atap Stasiun Kereta di Serbia Roboh, 8 Orang Tewas, yang bersumber dari detik.com:

Delapan orang tewas setelah sebagian atap luar runtuh di sebuah stasiun kereta api di kota Novi Sad, Serbia. Dua orang lainnya kritis usai kecelakaan tersebut.

Lead Naratif

Lead naratif dimulai dengan cerita yang terkait dengan tema keseluruhan.

Lead berita satu ini biasanya cocok untuk soft news atau berita ringan.

Kalimat yang digunakan lebih mengalir dan memiliki alur agar pembaca seolah turut merasakan suasananya.

Tempo Institute menjelaskan, pembaca umumnya menyukai jenis lead berita ini karena mudah dimengerti.

Namun untuk menulisnya juga harus berhati-hati agar tidak terlalu panjang atau berlebihan agar pembaca tidak bosan.

Contoh lead naratif dalam artikel “Morowali dan Bara di Jantung Sulawesi” yang dipublikasikan CNNIndonesia.com:

Cahaya mentari menembus tanpa malu-malu ke jendela pesawat yang membawa kami melintas langit Morowali, siang pertengahan Januari lalu. Dari udara, tampak kapal-kapal tongkang bertebaran di tepi Laut Bahodopi. Ada yang mengangkut nikel. Ada pula batu bara. Asap pun mengepul dari cerobong pembangkit listrik. Dari langit Morowali, saya melihat mesin-mesin di kawasan raksasa itu bekerja tanpa henti.

Lead Deskriptif

Jenis lead deskriptif pada dasarnya hampir sama dengan lead naratif.

Perbedaannya adalah lead berita ini memuat secara rinci suatu kejadian hingga pembaca dapat membayangkan secara jelas.

Pembaca seolah-olah merasakan, mendengar, hingga mencium informasi yang dituliskan melalui lead deskriptif.

Cara Mebuat Media Pitch
Jenis lead deskriptif akan membuat pembaca seolah-olah melihat dan merasakan langsung informasi yang dituliskan. (Foto oleh katemangostar/Freepik)

Contoh lead deskriptif dalam artikel “Underprivileged Gen Z di Calon Ibukota” yang dimuat di Project Multatuli:

STANLEY (26) punya tampilan berbeda dari mayoritas warga di Sepaku, Kalimantan Timur. Rambutnya cepak, berwarna pirang, cerminan jiwa muda dan bekas-bekas pengaruh kehidupan urban yang pernah ia lakoni.

Lead Kutipan

Lead kutipan adalah lead berita yang berisi pernyataan langsung dari narasumber.

Namun tak semua kutipan dapat menjadi lead pembuka yang menarik.

Media harus jeli memilih kutipan yang kuat dan menggambarkan isi berita dengan jelas.

Jangan sembarangan memilih pernyataan narasumber yang akan dikutip sebagai lead.

Jika tak sesuai, pembaca justru salah menangkap arti sehingga tak dapat memahami isi berita secara keseluruhan.

Contoh lead kutipan dalam artikel yang dipublikasikan BBC Indonesia berjudul “Kenapa negara-negara Arab tidak mendukung Palestina?”:

“Di mana orang-orang Arab?! Di mana orang-orang Arab?!”

Pertanyaan itu dilontarkan seseorang yang muncul dari puing-puing seraya menggendong anak-anak yang sudah meninggal. Dia berteriak tanpa daya ke arah kamera yang menyorotnya.

Lead Bertanya

Lead bertanya mengawali kalimatnya dengan pertanyaan yang ditujukan kepada pembaca.

Contoh lead beritan ini mengajak pembaca untuk berpikir sehingga menimbulkan rasa ingin tahu pembaca.

3 Tips Menghindari di-Blacklist Jurnalis, Jangan Paksa Menerbitkan Artikel!
Jenis lead bertanya mengajak pembaca untuk berpikir sehingga menimbulkan rasa ingin tahu pembaca. (Foto oleh zinkevych/Freepik)

Penggunaan lead bertanya umumnya cocok untuk berita dengan isu-isu kontroversial, topik yang belum banyak diketahui publik, hingga tren atau peristiwa yang berdampak luas.

Contoh lead berita ini efektif karena pembaca akan langsung memahami inti reportase melalui keseluruhan jawaban dalam berita.

Contoh lead bertanya dalam artikel “Pernahkah Anda Merasa Lelah Dititipkan Oleh-oleh?” yang dipublikasikan Kompas.com:

Pernahkah Anda merasa lelah dititipkan oleh-oleh? Mau menolak rasanya segan karena yang menitip teman atau kerabat sendiri. Tak ditolak, sungguh merepotkan. Barang Anda sendiri saja sudah penuh dan membawa bujet pas-pasan.

Kesimpulan

Lead berita adalah teknik pembuka yang dapat menarik pembaca untuk menyampaikan informasi secara keseluruhan.

Beberapa contoh lead berita yakni:

  1. Lead ringkasan
  2. Lead naratif
  3. Lead deskriptif
  4. Lead kutipan
  5. Lead bertanya

Pemilihan lead berita yang tepat dapat membuat liputan lebih menarik, relevan, dan mudah dipahami pembaca.

Jadi, lead berita mana yang menjadi favorit Anda?

Get the latest updates delivered right to your inbox!
Having a problem? Email Us: hello@radvoice.id