Jika sebelumnya media massa hanya diisi oleh surat kabar atau majalah cetak serta televisi dan radio, maka peralihan sudah tampak sejak beberapa dekade terakhir. Saat ini, pemberitaan juga mencakup sejumlah platform digital yang berkembang pesat.
Masing-masing media ini memiliki kemampuan untuk menyampaikan informasi kepada ribuan orang dengan satu perangkat.
Media massa telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat. Seperti dikutip dari Walden University, media memiliki pengaruh yang rumit.
Artinya, media massa secara bersamaan dapat menguntungkan dan menciptakan masalah baru.
Namun, ketika Anda mengetahui bagaimana media massa memengaruhi publik, maka konten media yang Anda buat dapat menjadi sumber berita. Sebaliknya, Anda dapat memanfaatkan berita media sebagai informasi yang besar bagi konsumen.
Hal ini tentu saja bisa berdampak positif bagi bisnis Anda. Lalu pertanyaannya, bagaimana hal itu bisa terjadi?
Cara Media Massa Memengaruhi Audiens
Mengetahui bagaimana media massa memengaruhi konsumen dalam sebuah keputusan pembelian produk atau jasa, akan membantu Anda memilih media yang akan dimanfaatkan untuk promosi produk dan layanan. Berikut beberapa cara yang biasa dilakukan media massa:
1. Mampu Memberikan Otoritas atau Saran Ahli
Konsumen cenderung lebih tertarik untuk mencoba produk atau jasa terbaru, ketika mereka mendapatkan informasi dari pihak otoritas terkait. Sebut saja produk kesehatan atau obat yang diulas oleh dokter di bidangnya.
Biasanya ini lebih dipercaya daripada hanya seaedar membaca iklan dari produsen. Hal ini menyebabkan munculnya iklan advertorial, yang terdiri dari iklan cetak yang ditata agar terlihat seperti artikel majalah atau surat kabar.
Terdapat beberapa jenis iklan advertorial yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
Saat ini, iklan asli dan konten bersponsor dapat memberikan promosi produk atau layanan yang lebih mirip berita. Menggunakan sudut pandang orang ketiga akan membuat sebuah iklan menjadi lebih berwibawa.
Tak heran, media bisa menarik banyak perhatian audiens jika informasi yang disampaikan memang berasal dari pakarnya.
2. Mampu Menciptakan Hubungan
Media massa bisa menarik audiens dengan jumlah yang banyak karena memiliki kemampuan untuk menciptakan hubungan dengan pembacanya. Seorang pebisnis seperti Anda dapat memanfaatkan hal tersebut untuk menciptakan hubungan yang lebih intim dengan para calon konsumen.
Anda bisa memanfaatkan media untuk menarik perhatian audiens dengan menjual cerita atau berita yang berkaitan dengan produk Anda. Ingat ini bukan tentang produk Anda, tetapi hal yang berkaitan dengan produk Anda.
Sebut saja ketika Anda, misalnya, menjual produk makanan. Daripada hanya sekadar mencoba mempromosikan produk Anda, buatlah blog yang menyediakan konten berisi gaya hidup, keluarga, dan kesehatan yang beberapa bagiannya diambil dari media massa.
3. Dapat Mendidik
Faktanya, konsumen adalah audiens yang menginginkan berita dan aktif mencari informasi di media massa. Menemukan artikel berita, blog, tweet, video, dan konten lainnya yang dibuat oleh outlet berita dan informasi, bisa membantu Anda sebagai pelaku bisnis untuk meraup keuntungan.
Sebut saja Anda yang kerap memasukan tautan atau external link sebuah informasi terkait produk maupun jasa Anda dari media massa.
Memberikan informasi kepada audiens target Anda menggunakan karya orang lain, termasuk media massa, dikenal dengan sebutan konten kurasi. Tidak hanya itu, penggunaan informasi dari media massa ini juga bisa menjadi salah satu bahan untuk mengisi konten evergreen. Salah satu manfaat konten evergreen yaitu bisa meningkatkan traffic situs web.
Misalnya, jika Anda menjual produk dengan kandungan Omega-3, Anda akan membagikan artikel yang membahas penelitian yang menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan dengan nutrisi ini dapat mengurangi peradangan tubuh.
Yang harus Anda lakukan hanyalah menulis satu atau dua kalimat deskripsi tentang konten yang membuat pembaca ingin terus membaca. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan judul yang menarik dan tetap pahami tips membuat copywriting yang menarik.
4. Mampu Memulai Tren
Setiap orang selalu ingin memakai pakaian dengan mode terbaru, mendengarkan musik yang paling populer, dan mengetahui informasi yang up-to-date. Media massa bisa memengaruhi audiens karena mereka dapat membantu memulai tren ini dengan membuat seseorang, musik, pakaian, serta produk atau jasa lainnya menjadi lebih viral.
Meskipun Anda mungkin tidak dapat memulai tren dengan menciptakan sesuatu yang benar-benar baru, bicarakan dengan seluruh staf Anda, termasuk yang bukan bagian marketing, bagaimana caranya untuk tetap mengikuti tren baru yang sudah ada untuk mempromosikan bisnis Anda.
Kesimpulan
Media massa adalah media pemberitaan yang kini sudah merambah ke era digital. Meskipun memiliki outlet masing-masing, media massa masih dipercaya memiliki kemampuan untuk memengaruhi setiap audiens karena kemampuannya dalam beberapa hal yaitu:
- Memberikan informasi dari otoritas dan ahli
- Menciptakan hubungan dengan pembaca
- Mendidik atau menjadi sumber terpercaya
- Mampu menciptakan tren
Dengan segala kelebihannya ini, Anda sebagai pelaku bisnis sangat berpeluang untuk memanfaatkan media massa dalam menciptakan pasar. Caranya? Dengan memberikan informasi penting, atau justru ambil bagian dari informasi besar yang disajikan sebuah media massa.