7+ Alat Promosi Public Relations yang Wajib Anda Ketahui

7+ Alat Promosi Public Relations yang Wajib Anda Ketahui

Membangun citra positif perusahaan merupakan bagian penting dari tugas public relations. Salah satu strategi yang kerap digunakan adalah memanfaatkan berbagai alat promosi untuk memperkuat kesan di mata publik.

Alat promosi public relations merupakan media yang digunakan oleh pihak humas untuk menyebarkan informasi atau hal penting yang berkaitan dengan perusahaan.

Namun, apa saja alat promosi public relations yang harus Anda ketahui? Ada berapa banyak jenisnya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Baca juga: 13 Skill Public Relations yang Wajib Dimiliki Humas untuk Bersaing di Era Digital

Apa Itu Alat Promosi Public Relations?

alat promosi public relations
Melalui alat-alat ini, perusahaan dapat menarik lebih banyak pelanggan dan meningkatkan keuntungan secara keseluruhan. (Foto oleh lookstudio/Freepik).

Pengertian public relations promotion tools (alat promosi public relations) seperti dilansir indeed.com, adalah berbagai perangkat atau metode yang membantu perusahaan berkomunikasi dan menjalin hubungan dengan konsumen, investor, dan karyawan, sekaligus memantau perkembangan kampanye PR mereka. 

Contoh alat promosi public relations misalnya siaran pers dan kerja sama dengan media. Melalui alat-alat ini, perusahaan dapat menarik lebih banyak pelanggan dan meningkatkan keuntungan secara keseluruhan.

Adapun beberapa jenis promosi public relations bisa Anda simak di bawah ini:

Alat Promosi Public Relations Offline

alat promosi public relations
Tidak sedikit perusahaan yang melakukan promosi dengan memasang iklan advertorial di beberapa media massa. (Foto oleh wayhomestudio/Freepik).

Alat promosi public relations offline adalah media yang digunakan untuk menyebarkan informasi di medium luar internet.

Alat promosi ini dinilai efektif, cepat, serta efisien. Namun, alat promosi ini dinilai cukup mahal dan dapat menimbulkan kesalahpahaman jika terjadi kesalahan penulisan.

Berikut ini beberapa alat promosi public relations offline yang bisa digunakan dalam profesi terkait public relations.

Baca juga: 7 Jenis Public Relations untuk Perusahaan Anda, Wajib Tahu!

1. PR Package

Ini adalah salah satu contoh alat promosi public relations yang paling berdampak dan sering digunakan divisi marketing.

Dikutip dari Boston University College of Communication, PR package adalah paket produk yang dikirim ke influencer atau selebritis.

Harapannya, mereka menggunakan produk tersebut dan membagikan kesannya di media sosialnya kepada audiens mereka secara organik.

2. Media Cetak

Berbicara tentang alat promosi offline, tentunya tidak terlepas dari media cetak seperti koran dan majalah.

Tidak sedikit perusahaan yang melakukan promosi dengan memasang iklan advertorial di beberapa media massa.

Biasanya, beberapa perusahaan periklanan telah memberikan ruang di suatu halaman yang bisa Anda “beli”, baik dalam bentuk ukuran maupun per kata.

3. Komunitas

Alat promosi bisa juga berbentuk sosial seperti komunitas atau konsumen dengan ketertarikan yang sama.

Dalam hal ini, komunitas yang hadir adalah mereka yang membeli, menggunakan, serta mempercayai produk dan perusahaannya.

Anggota komunitas inilah yang selanjutnya menjadi agen atau duta yang memperkenalkan suatu produk kepada lingkungannya. 

4. Press Release dan Press Conference

alat promosi public relations
Press release juga bisa disebarkan melalui internet atau laman resmi perusahaan tersebut, tergantung kebutuhan. (Foto oleh tirachardz/Freepik).

Alat promosi public relations selanjutnya adalah press release dan press conference

Biasanya hal ini dilakukan apabila sebuah perusahaan meluncurkan produk baru, mengumumkan kampanye baru, hingga meluruskan informasi.

Pada dasarnya, press release membutuhkan bantuan media untuk menyebarkan informasinya. Mereka akan diberikan akses tertentu untuk bisa mendapatkan informasi utama.

Setelah mendapatkannya, mereka akan menyebarkannya melalui kanal berita masing-masing.

Press release juga bisa disebarkan melalui internet atau laman resmi perusahaan tersebut, tergantung kebutuhan.

Baca juga: 3+ Kunci Perencanaan Public Relations

5. Brosur, Flyer, dan Pamflet

Dilansir Indeed, brosur dan flyer adalah alat promosi fisik yang memuat informasi ringkas mengenai produk, layanan, atau kegiatan perusahaan.

Medium ini efektif pada acara offline seperti pameran, seminar, atau event komunitas karena dapat dibagikan secara cepat dan mudah.

6. Pameran, Event, dan Sponsorship 

Mengikuti pameran (expo), mengadakan event, atau menjadi sponsor sebuah kegiatan merupakan cara populer dalam PR offline.

Kegiatan ini membantu perusahaan membangun citra positif dan membuka kesempatan untuk interaksi langsung dengan audiens.

7. Siaran Radio dan Televisi

Siaran informasi melalui radio atau televisi masih dianggap efektif, terutama jika menyasar wilayah tertentu atau demografi yang lebih luas.

Liputan berita, talkshow, atau program sponsor dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap perusahaan.

Alat Promosi Public Relations Online

alat promosi public relations
Dengan menggunakan media sosial, Anda dapat memperkenalkan produk Anda dengan jauh lebih mudah, semudah mengakses smartphone. (Foto oleh tirachardz/Freepik).

Selain secara offline, banyak public relations yang kini juga memanfaatkan alat promosi online.

Alat promosi public relations online adalah media yang digunakan untuk menyebarkan informasi secara daring. Alat promosi ini sangat fleksibel karena Anda bisa membuatnya satu arah maupun dua arah sesuai kebutuhan.

Bukan hanya efektif, cepat, dan efisien, promosi online dapat direvisi cepat jika ada kesalahan dan dapat menekan biaya produksi yang cukup besar.

Berikut ini beberapa contoh alat promosi public relations online yang bisa Anda pertimbangkan.

Baca juga: 3+ Cara Cepat Melatih Public Speaking untuk Public Relations

1. Website

Alat promosi public relations secara online yang pertama adalah website. Umumnya, perusahaan memiliki situsnya sendiri.

Website perusahaan berisikan informasi penting, mulai dari company profile, produk yang dihasilkan, hingga alamat dan kontak call center.

Tidak sedikit juga website memiliki artikel blog agar website perusahaan semakin dikenal oleh masyarakat.

Hal ini bertujuan agar public relations dapat memberikan informasi lengkap dari sumber utamanya yang kemudian dapat dibaca ataupun dijadikan acuan oleh masyarakat.

2. Media Sosial

Contoh kedua yang bisa dimanfaatkan oleh public relations adalah penggunaan media sosial.

Bagi praktisi public relations yang menggunakan media sosial, Anda dapat memperkenalkan produk Anda dengan jauh lebih mudah, semudah mengakses smartphone.

Media sosial juga bisa Anda pilih karena pembuatannya yang gratis dan mudah dikelola.

Jika perusahaan Anda membutuhkan bantuan promosi, beberapa media sosial menyediakan jasa iklan seperti Instagram Ads.

3. E-mail

Jika Anda pernah mendapatkan e-mail berupa penawaran atau informasi produk, bisa jadi itu adalah salah satu cara public relations menjaga hubungannya dengan masyarakat.

Biasanya, e-mail ini terkirim kepada sebagian kalangan yang telah menjadi konsumen perusahaan tersebut.

4. Komunitas Online

alat promosi public relations
Salah satu alat promosi public relations adalah memanfaatkan komunitas online. (Foto oleh Lifestylememory/Freepik).

Alat promosi public relations lainnya adalah memanfaatkan komunitas online. Konsepnya sama dengan komunitas offline pada umumnya, namun berkembangnya secara online.

Cara kerjanya pun serupa dan hanya berbeda lokasi. Contohnya seperti membuat grup Facebook, grup Telegram, hingga server Discord.

Harapannya adalah agar pihak perusahaan dapat mendengar keluhan dan masukan yang diinginkan masyarakat secara langsung.

5. Blog dan Artikel SEO

Penggunaan blog dalam bisnis berfungsi sebagai pusat informasi sekaligus sarana edukasi publik mengenai topik terkait berbagai industri. 

Biasanya konten blog tertentu sudah memiliki audiens loyal, yang bisa dimanfaatkan sebagai alat promosi public relations.

Blog dan artikel SEO juga bisa membantu perusahaan lebih mudah ditemukan di mesin pencari dan meningkatkan kredibilitas.

Baca juga: 3 Fungsi Public Relations dalam Perusahaan

6. Webinar dan Live Streaming

Webinar adalah alat promosi PR modern yang memungkinkan perusahaan memberikan edukasi, pelatihan, atau diskusi secara live.

Interaksi real-time dengan audiens selama live streaming juga dapat membuat hubungan antara perusahaan dan audiens lebih dekat dan terpercaya.

7. Influencer Marketing Online

Kolaborasi dengan influencer di media sosial merupakan salah satu alat promosi public relations yang sangat efektif di era digital.

Melalui kerja sama dengan influencer, perusahaan dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan mendapatkan kepercayaan publik lebih cepat.

Influencer biasanya menyampaikan pesan brand melalui konten kreatif seperti video, review, atau storytelling yang terasa lebih natural dan mudah diterima oleh followers mereka.

Kesimpulan

Banyak sekali alat promosi public relations yang ada saat ini. Berdasarkan pengaplikasiannya, alat promosi ini dibagi menjadi dua kategori. Pertama adalah alat promosi public relations online, yang digunakan untuk menyebarkan informasi secara daring. Kedua adalah alat promosi public relations offline, yang digunakan untuk menyebarkan informasi di medium luar internet.

Anda bisa menyesuaikan penggunaan alat promosi public relations ini dengan karakter audiens dan pesan yang ingin disampaikan. Dengan memadukan strategi offline dan online secara seimbang, kampanye PR dapat membangun hubungan yang lebih kuat sekaligus memperluas jangkauan komunikasi.

Itulah beberapa alat promosi public relations yang bisa Anda pertimbangkan. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan kampanye Anda.

Siap memilih alat promosi PR yang paling tepat untuk brand Anda? Konsultasikan kebutuhan komunikasi perusahaan Anda bersama tim RadVoice dan mulai bangun strategi PR yang lebih efektif.

Let's Amplify Your Voice Together

Tell us about your project, and we will get back to you within one business day.

Contact Us!
Contact Us!
RadVoice Indonesia
Hello
Can we help you?