Table of Contents
Subscribe to Insights and Updates

5 Manfaat Bekerja Sama dengan Influencer

Manfaat Bekerja sama dengan Influencer

Apakah Anda sering melihat influencer mempromosikan sebuah brand produk atau jasa tertentu? Jika ya, maka inilah zaman di mana media sosial mendominasi dunia marketing.

Sebelumnya, tentu makin sulit bagi sebuah brand untuk mendapatkan perhatian di Internet. Sengitnya persaingan dunia marketing digital membuat konsumen sangat skeptis terhadap merek yang memanjakan diri dalam promosi.

Namun kini, banyak cara bagi public relations (PR) agar bisnis mereka tumbuh subur dari mulut ke mulut. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan seseorang yang bisa memberikan pengaruh di masyarakat atau influencer.

Bekerja sama dengan para influencer adalah strategi PR yang tidak boleh diremehkan.

Dikutip dari Agility PR Solutions, 90% orang percaya bahwa pemasaran paling efektif adalah dengan memanfaatkan orang yang punya banyak pengikut media sosial dan memiliki sifat persuasif tersebut.

Banyak merek menginvestasikan waktu dan sumber daya mereka untuk melaksanakan kampanye marketing bersama influencer dengan hasil memuaskan.

Jika Anda masih bertanya-tanya mengapa pola marketing ini begitu populer, maka berikut adalah manfaatnya yang mungkin tidak Anda bayangkan sebelumnya.

Manfaat Kerja Sama dengan Influencer untuk Strategi PR

Telah menjadi rahasia umum bahwa influencer adalah orang yang memiliki kekuatan luar biasa di media sosial. Saat perusahaan Anda berkolaborasi dengan mereka, mereka bisa menjadi brand ambassador yang efektif dalam membantu pemasaran.

Inilah mengapa Anda harus mempertimbangkan manfaat kerja sama dengan influencer untuk strategi PR Anda.

1. Menawarkan Branding Positif

Seorang Influencer adalah ahli dalam bidang mereka. Secara profesional, mereka telah bekerja keras untuk membangun hubungan yang dapat dipercaya dan saling menghormati dengan pengikut mereka.

Ini mengarah pada tingkat jangkauan, kredibilitas, dan kepercayaan atas apa yang mereka bagikan di media sosial.

Faktanya, ada banyak jenis iklan advertorial. Namun, sebuah penelitian terbaru oleh Matter mengatakan bahwa 61% konsumen lebih cenderung mempercayai rekomendasi dari keluarga, teman, dan influencer jika dibandingkan dengan iklan.

Selebriti, tokoh, pakar, teman, dan termasuk keluarga, kerap dipandang sebagai sosok yang lebih akrab dan dapat dipercaya. Kepercayaan inilah yang dapat Anda manfaatkan untuk brand Anda ketika memanfaatkan kerja sama dengan influencer untuk strategi PR.

2. Akses terhadap Audiens yang Lebih Besar

Influencer di Instagram, Facebook, TikTok, YouTube, dan media sosial lainnya menarik perhatian jutaan pengguna saat mereka berinteraksi setiap hari.

Manajemen media sosial yang tepat dapat membantu Anda tetap mengikuti tren dan teknik terbaru yang akan membawa bisnis Anda ke masyarakat.

Para pengguna tersebut memiliki minat yang tulus pada ceruk tempat para panutannya beroperasi.

Ketika mereka mempromosikan suatu brand produk atau jasa yang digunakan, ini bisa menarik perhatian luas. Pada akhirnya, ini bisa meningkatkan brand awareness dari calon customer.

3. Meningkatkan Engagement

Meningkatkan jumlah like dan komentar di postingan media sosial Anda merupakan perjuangan tersendiri. Tidak semua orang paham cara menggunakan media sosial.

Dengan tidak adanya tingkat keterlibatan yang baik, memiliki jutaan followers tidak akan memberikan hasil apa pun.

Di sinilah manfaat kerja sama dengan influencer untuk strategi PR dapat dilihat. Ketika seorang influencer membagikan konten Anda di profil media sosial mereka, audiens mereka juga akan terlibat dengan konten tersebut.

Jika mereka menyukai kontennya, mereka dapat menandai teman mereka dan membagikannya di profil mereka. Jangkauan konten pun semakin luas.

4. Meningkatkan Traffic 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, strategi PR dengan memanfaatkan influencer adalah metode pemasaran yang kemungkinan besar sesuai target. Mereka bisa saja menjangkau audiens yang tertarik dengan produk atau layanan seperti yang Anda miliki.

Prospek seperti itu memiliki peluang lebih tinggi untuk berubah menjadi customer dari sekadar calon customer. Artinya, para followers ini bisa membantu meningkatkan peringkat mesin pencari situs web Anda.

Jangan lupa untuk mengecek peningkatan pengunjung di web Anda dengan memanfaatkan beberapa tools untuk cek traffic website yang ada. 

5. Menekan Penjualan dan Meningkatkan ROI

Tujuan akhir dari pemanfaatan influencer tidak diragukan lagi adalah untuk meningkatkan penjualan. Bagaimanapun juga, ini adalah strategi PR yang juga membutuhkan investasi.

Untuk ini, pemasar biasanya mengandalkan metrik seperti konversi dan penjualan untuk mengukur return on Investment (ROI) dari sebuah kampanye marketing dengan memanfaatkan influencer. Semakin tinggi ROI, maka semakin sepadan biaya yang Anda keluarkan.

Kesimpulan

Influencer adalah salah satu strategi PR yang dapat bekerja bahu membahu untuk membantu Anda membangun brand image yang solid di platform media sosial terkemuka. Manfaat lainnya yaitu:

  1. Menawarkan branding positif
  2. Akses terhadap audiens yang besar
  3. Meningkatkan engagement
  4. Meningkatkan traffic
  5. Menekan penjualan dan meningkatkan ROI

Sebagai seorang profesional, kini Anda harus mempertimbangkan mulai menyertakannya ke dalam strategi PR perusahaan.

Get the latest updates delivered right to your inbox!
Having a problem? Email Us: hello@radvoice.id