Strategi PR di Dapur Modena: Cerita Feybien Ramayanti di Balik Industri Home Appliance

strategi pr feybien ramayanti

Tak hanya memasarkan alat rumah tangga, Modena menawarkan pengalaman langsung kepada konsumen sebagai bagian dari strategi PR yang dijalankan. 

Feybien Ramayanti, PR & Media Lead Modena, menekankan bahwa konsumen memang selalu menjadi fokus utama. 

Berbekal pengalaman selama hampir empat tahun di Burson Indonesia sebagai konsultan PR, ia kini menerapkan pendekatan strategis yang serupa di Modena: menggabungkan data, storytelling, dan interaksi langsung untuk membangun kepercayaan dan loyalitas konsumen.

Sebelum terjun ke dunia konsultan PR, Feybien juga sempat menjadi jurnalis di CNNIndonesia.com selama kurang lebih dua tahun.

RadVoice Indonesia telah berbincang dengan Feybien terkait strategi PR yang dijalankan untuk Modena. Berikut selengkapnya. 

Strategi PR Modena

Salah satu strategi PR yang dijalankan Modena adalah dengan memberikan pengalaman langsung kepada konsumen melalui Modena Experience Center. 

Feybien mengungkapkan, Modena Experience Center bukan showroom biasa.

Konsumen dapat mencoba langsung produk Modena, seperti peralatan memasak dengan tata letak dapur yang lengkap, sehingga lebih mudah memahami manfaat dan keunggulannya.

“Kami ingin konsumen punya pengalaman terbaik. Bukan cuma setelah beli produk kita, tapi bahkan dari sebelum mereka memutuskan membeli,” katanya.

strategi PR feybien ramayanti
Feybien mengungkapkan bahwa salah satu strategi PR yang dijalankan Modena adalah dengan memberikan pengalaman langsung kepada konsumen. (Semua foto oleh Feybien Ramayanti)

Di beberapa lokasi seperti Suryo dan Kemang, Jakarta serta Surabaya, Feybien juga menyebut adanya Modena Culinaria. 

Keberadaan Modena Culinaria menjadi semacam experience hub bagi para penyuka kuliner.

Konsumen bisa mengikuti cooking class, bergabung dengan komunitas, mengeksplorasi lebih jauh soal dunia kuliner sambil mencoba langsung teknologi dapur Modena. 

“Jadi bukan cuma belajar produk, tapi juga membangun pengalaman dan koneksi,” ucap Feybien. 

Dengan menghadirkan setting dapur yang lengkap, Modena ingin menunjukkan bagaimana teknologi yang ada berintegrasi dalam keseharian konsumen. 

Misalnya, peserta kelas memasak di Modena Culinaria dapat merasakan langsung keunggulan salah satu peralatan seperti kompor yang hemat energi. Dengan demikian, cerita keunggulan produk pun tersampaikan secara alami dan meyakinkan.

Diversifikasi Produk dan Komitmen Isu Sustainability 

Awalnya dikenal sebagai pemimpin di kitchen appliances, Modena kini juga mulai berkembang jauh lebih luas dengan merambah produk cleaning, cooling, hingga smart home dengan adanya Modena Seamless IoT (Internet of Things). 

Feybien mengatakan bahwa sejak lama Modena dikenal karena desainnya yang modern, sehingga punya karakter yang sesuai untuk rumah-rumah masa kini. 

“Tapi yang bikin konsumen balik lagi dan lagi ke Modena itu karena selain desain, kami juga selalu menjaga kualitas dan performa produk yang terbaik,” katanya. 

strategi pr feybien ramayanti
Feybien menyebut komitmen Modena terhadap isu sustainability sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap isu global.

Ia juga menyinggung komitmen Modena terhadap isu sustainability sebagai salah strategi PR yang memperkuat citra brand dan kepedulian terhadap isu global. 

Tantangan besar seperti ketahanan pangan, kelangkaan air, polusi plastik, sampai kesenjangan energi menjadi pertimbangan utama di setiap langkah bisnis yang dijalankan. 

Baca juga: Memahami Pentingnya Menulis Sustainability Report bagi Perusahaan

“Pengembangan produk, ekspansi bisnis seperti Modena Energy, sampai program seperti Modena Impact Hub, semua kami jalankan dengan prinsip sustainability in mind,” jelasnya.  

Komitmen terhadap sustainability, menurut Feybien, tidak hanya menjadi nilai tambah dalam produk Modena, tapi juga dasar membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen.

Adaptasi Tren

Feybien menuturkan bahwa Modena juga terus beradaptasi dengan tren di industri home appliance.

Melihat perkembangan teknologi dan gaya hidup modern, rumah tangga akan semakin membutuhkan perangkat yang smart, praktis, dan saling terkoneksi. 

strategi pr feybien ramayanti
Feybien menekankan pentingnya untuk terus beradaptasi dengan tren agar menjadi brand yang terdepan di industri.

Untuk itu, Modena pun mendorong pengembangan produk berbasis IoT. Ia memastikan, produk-produk tersebut akan terus berkembang hingga menjadi satu ekosistem yang terintegrasi. 

“Tujuannya agar konsumen bisa mengontrol perangkat mereka dengan lebih mudah dan efisien,” ucapnya. 

Kesimpulan

Strategi PR Modena tak hanya fokus pada pemasaran produk, tapi juga mengedepankan pengalaman langsung konsumen. 

Feybien menekankan adanya Modena Experience Center dan Modena Culinaria, perusahaan berupaya menghadirkan interaksi yang memungkinkan konsumen merasakan keunggulan produk secara langsung.

Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan citra brand, tapi juga keseriusan perusahaan dalam memenuhi kebutuhan gaya hidup modern.

Wawancara dengan Feybien Ramayanti dilakukan pada Senin, 19 Mei 2025. Percakapan ini telah diedit agar lebih ringkas.

Let's Amplify Your Voice Together

Tell us about your project, and we will get back to you within one business day.

Contact Us!
Contact Us!
RadVoice Indonesia
Hello
Can we help you?