Pernah dengar istilah rule of three? Rule of three merupakan sebuah metode yang banyak digunakan di berbagai bidang, termasuk penulisan. Ada rule of three dalam content writing yang perlu dipahami untuk bisa membuat konten yang baik.
Rule of three dalam content writing atau dalam berbagai macam kampanye digital marketing lain sudah banyak dijalankan oleh beberapa perusahaan raksasa. Apple misalnya. Dilaporkan oleh Inc.com, Apple konsisten mengikuti rule of three dalam memasarkan produk mereka dan sukses.
Rule of three memang istimewa. Setelah ditemukan pada zaman Yunani kuno, metode ini sudah terbukti memberi dampak besar untuk setiap bidang yang menerapkannya. Bahkan menurut Glints, metode ini merupakan cara terbaik untuk menggaet dan melibatkan emosi audiens.
Manfaat menggunakan rule of three dalam content writing sangatlah banyak. Anda bisa membuat hasil tulisan yang lebih efektif. Rule of three dalam content writing bisa juga digunakan sebagai kerangka selama proses penulisan.
Dengan begitu, konten yang Anda hasilkan tidak melebar pada masalah-masalah lain. Pada akhirnya, tulisan kita akan lebih mudah diingat dan jauh lebih efektif. Ini menjadi salah satu tips content writing yang wajib diketahui oleh para penulis konten.
Tips Menerapkan Rule Of Three dalam Content Writing
Lantas, bagaimana menerapkan rule of three dalam content writing? Rule of three dalam content writing memang tidak memiliki patokan cara untuk penerapannya. Namun, setidaknya menurut laporan whello.id, ada tiga tips yang sudah terbukti berhasil dan layak untuk diterapkan. Berikut caranya.
1. Pelajari Three Part Structure
Tips pertama untuk menggunakan rule of three dalam content writing adalah three-act structure. Dalam bahasa Indonesia, ini dapat diartikan sebagai struktur tiga bagian.
Menurut Masterclass.com, struktur tiga bagian mengacu pada pembagian sebuah cerita menjadi tiga poin besar atau tiga bagian. Dalam praktiknya, tips ini mewajibkan Anda membagi tulisan ke dalam tiga segmen.
Pada segmen pertama, Anda perlu mengatur plot yang tidak berbelit. Buat tokoh atau plot sederhana dan kontras agar tidak membingungkan. Pada segmen kedua, Anda bisa membangun konflik atau masalah yang sering dihadapi oleh audiens Anda.
Lalu pada segmen ketiga, masukkan solusi yang mungkin Anda tawarkan. Untuk segmen ketiga, usahakan Anda mengatur punchline atau plot twist guna meningkatkan kemungkinan tulisan Anda lebih memorable.
2. Praktikkan Tricolon
Tricolon dalam praktiknya lebih sering digunakan untuk pembuatan konten yang lebih singkat. Seperti slogan, motto, dan lain-lain. Namun, teknik ini juga tidak mustahil untuk digunakan dalam kasus tulisan yang lebih panjang.
Dikutip dari Glints, tricolon menggunakan tiga kata yang saling berkaitan untuk membangun sebuah frasa atau klausa. Dalam membuat konten tulisan yang lebih panjang, kita dapat menggunakannya untuk membangun kalimat demi kalimat menggunakan tiga kata yang masih berhubungan sampai menjadi beberapa kalimat atau bahkan paragraf.
Tips kedua rule of three dalam content writing yang satu ini dapat digunakan untuk membangun sebuah kalimat yang lebih mudah diingat. Contohnya: motto milik The Olympic Games yaitu “citius, litius, fortius”.
3. Gunakan Hendiatris
Tips rule of three dalam content writing yang ketiga ini hampir sama dengan tips yang kedua. Perbedaannya, hendiatris dilakukan dengan “menyelipkan” tiga kata unik dan menarik untuk menyampaikan sebuah konsep atau informasi, demi mempermudah pemahaman.
Bayangkan Anda sedang membaca sebuah papan iklan. Dalam iklan ada satu atau banyak kalimat. Namun, ada “3 kata” yang ditandai bisa dengan warna yang berbeda dengan ditebalkan atau dimiringkan. Itulah penggunaan hendiatris.
Kesimpulan
Rule of three dalam content writing dapat Anda praktikkan dengan banyak cara. Namun, ada 3 tips paling efektif untuk menerapkannya, antara lain:
- Three-Act Structure
- Tricolon
- Hendiatris
Itulah beberapa tips menerapkan rule of three dalam content writing. Anda sekarang memiliki tips dan cara tambahan untuk membuat konten tulisan perusahaan Anda lebih singkat, memorable, dan lebih efektif. Selamat mencoba!