Tools media monitoring yang terbaik di pasaran penting diikuti para profesional PR. Siapa yang tidak ingin mengikuti perkembangan brand atau perusahaan mereka?
Layanan pelacakan sejenis memantau percakapan tentang merek Anda di platform sosial. Layanan tersebut juga menganalisis respons dari publik untuk mengetahui reaksi yang sedang tren dan umpan balik dari pelanggan.
Hal ini membuat Anda bertindak cepat untuk mencegah dan menangani krisis komunikasi. Setelah memperoleh informasi yang cukup, Anda bisa menerapkan lima langkah menangani krisis public relations.
Kabar baiknya: terdapat banyak solusi tools PR untuk media monitoring dan layanan pelacakan media yang tersedia. Akan tetapi, dengan begitu banyak pilihan, bisa jadi sangat sulit untuk memutuskan opsi mana yang terbaik.
Rekomendasi Tools PR untuk Media Monitoring
Sebagian besar tools PR untuk media monitoring yang tersedia di pasar akan mencakup semua jenis pemantauan dalam satu layanan yang komprehensif.
Seperti dikutip dari Prowly, berikut adalah beberapa rekomendasi tools PR untuk media monitoring.
1. Prowly
Prowly tidak hanya mendukung para profesional PR dalam media monitoring, tetapi juga menemukan kontak media yang tepat dan mengaturnya dalam customer relations management. Salah satunya, misalnya, membuat siaran pers yang menarik.
Jika beberapa tools PR untuk media monitoring membutuhkan biaya tahunan yang mahal, Prowly menawarkan periode trial tujuh hari sebelum Anda memilih paket berlangganan yang ada.
2. Brandwatch
Brandwatch adalah salah satu pemain terbesar yang membantu bisnis tetap berada di depan dengan memberi mereka akses informasi dan data yang kuat.
Alat media monitoring yang satu ini berbasis di Inggris, yang memungkinkan Anda mengatur kata kunci yang fokus memantau topik industri, penyebutan perusahaan, dan niat pembelian.
Dengan Brandwatch, pengguna dapat melacak penyebutan merek atau produk mereka di seluruh platform media sosial, forum, blog, dan situs berita secara instan.
Pengguna melaporkan bahwa update atau pembaharuan Brandwatch terus berlangsung, sehingga mereka secara konsisten mendapatkan manfaat dari fitur tambahan.
Dashboard-nya juga sangat membantu dan menyediakan analisis mendalam, grafik, dan visual yang dapat disesuaikan agar Anda mendapatkan hasil maksimal dari perangkat lunak ini.
3. HARO
Help a Reporter Out (HARO) adalah salah satu tools PR untuk media monitoring yang paling populer.
HARO menyediakan database narasumber yang kuat bagi para jurnalis untuk berita yang akan datang. Dengan ini, peluang harian bagi narasumber untuk mendapatkan liputan media yang berharga akan semakin besar.
Dengan mendaftar ke HARO, Anda akan menerima rangkuman permintaan atau pertanyaan jurnalis setiap hari. Itu artinya, Anda akan menyumbangkan pengalaman atau keahlian dari brand produk atau jasa Anda yang relevan.
Patut diketahui bahwa HARO mendistribusikan lebih dari 50.000 pertanyaan jurnalis dari media ternama setiap tahunnya.
Proses pengajuannya yang mudah memungkinkan narasumber untuk menemukan topik yang berkaitan dengan keahlian, industri, atau pengalaman mereka, sehingga jurnalis dan blogger dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk menulis dan lebih sedikit waktu untuk mencari sumber.
4. Brand24
Brand24 adalah salah satu tools PR untuk media monitoring yang memungkinkan bisnis untuk melacak dan menganalisis percakapan secara online.
Brand24 menyediakan cara yang efisien untuk memantau opini publik, sentimen brand, dan aktivitas pesaing dengan mencari kata kunci yang Anda berikan.
Hal ini memungkinkan Anda untuk melacak penyebutan media terhadap brand Anda, menganalisis sentimen, dan mengukur keterlibatan publik terhadap brand.
Hal ini dapat membantu Anda mengambil langkah yang diperlukan untuk meningkatkan citra publik, serta lebih memahami percakapan yang terjadi di sekitar brand Anda.
5. Meltwater
Meltwater adalah opsi media monitoring yang membantu organisasi melacak berita online, menganalisis opini publik tentang brand, dan mengevaluasi keberhasilan kampanye perusahaan.
Platform ini memberikan wawasan tentang bagaimana orang memandang brand di berbagai saluran seperti media cetak, media digital, dan media sosial.
Dengan Meltwater, pengguna bisa mengukur dampak dari siaran pers, mengikuti tren industri, memantau aktivitas kompetitor, dan masih banyak lagi.
Kesimpulan
Dengan banyaknya kontribusi media, termasuk peran media sosial untuk public relations, tentu PR membutuhkan tools untuk media monitoring.
Biasanya, ini terkait pada penyebutan brand, menganalisis sentimen, bahkan melihat pergerakan pesaing dari keyword tertentu.
Beberapa tools yang bisa dipilih seperti:
1. Prowly
2. Brandwatch
3. HARO
4. Brand24
5. Meltwater.
Dengan banyaknya pilihan yang tersedia, Anda hanya perlu menentukan mana yang terbaik untuk Anda dan tim. Selamat mencoba!