Table of Contents
Subscribe to Insights and Updates

5 Tips agar Strategi Media Relations Sukses

ruangan luas untuk press conference

Banyak cara untuk mempublikasikan bisnis Anda dan meningkatkan awareness, salah satunya lewat media relations. Anda bisa membuat sebuah campaign

Walaupun publikasi digital lewat media sosial, marketing email, dan lainnya bisa dilakukan, relasi media bisa meningkatkan kredibilitas bisnis Anda. Salah satu fungsi media relations memang untuk itu.

Namun, saat Anda memutuskan untuk melakukan campaign dengan media relations, Anda perlu mengerti strategi yang tepat. Demi menjalankan campaign yang sukses, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan.

Tips Agar Strategi Media Relations Sukses

Sebelum mengulas tentang strategi selengkapnya, Anda perlu tahu kapan tepatnya bisnis Anda memerlukan media relations. Dilansir dari GlobalCom PR Network, media relations adalah salah satu alat marketing yang efektif untuk meningkatkan awareness dan pertumbuhan sebuah bisnis di tahap apapun.

Saat yang tepat untuk menjalankan strategi ini adalah ketika Anda ingin meluncurkan produk baru. Agar strategi Anda sukses, cari tahu beberapa tipsnya di bawah ini.

1. Pahami Target Audience

Tips yang pertama adalah pahami target audience dan pasar tujuan Anda. Lakukan riset yang mendalam untuk mengenali demografi pasar dan audiens dengan baik.

Ketika sudah benar-benar memahami target audience, Anda bisa menyesuaikan formula campaign dengan karakteristik yang sudah Anda pegang.

2. Tetapkan Pencapaian yang Realistis

Formula dalam media relations selanjutnya adalah tetapkan target realistis. Pastinya Anda punya impian yang ingin dicapai dengan bisnis Anda dan kapan harus tercapainya impian tersebut. Namun, Anda tetap perlu bersikap realistis berdasarkan dengan data dan karakteristik yang Anda sudah pegang.

Demi strategi yang sukses, Anda harus memiliki visi yang jelas dan apakah hal tersebut bisa meningkatkan awareness, media presence, dan media exposure terhadap bisnis Anda. Jangan lupa untuk sertakan tujuan tersebut dalam strategi yang Anda rancang.

3. Rangkai Pesan yang Ingin Disampaikan

Setelah mengetahui apa dan siapa yang ingin dituju, formula selanjutnya adalah rangkai pesan yang ingin disampaikan. Di tahap inilah riset yang telah Anda lakukan berperan penting demi menentukan cara yang efektif untuk menjangkau target audience Anda.

Rangkai pesan yang bisa mengisi kekosongan di dalam pasar yang Anda tuju dan bagaimana bisnis Anda bisa berperan di pasar tersebut. Gunakan bahasa dan pemilihan diksi yang mudah dimengerti dan dapat langsung menyentuh hati target audience lewat media yang tepat.

4. Amati Para Pesaing

Formula selanjutnya adalah perhatikan aktivitas para pesaing. Pantau aktivitas media relations dan pelajari kesuksesan serta kesalahan mereka. Strategi mereka yang berhasil bisa Anda gunakan sebagai referensi.

Sebaliknya, jika strategi mereka gagal, Anda juga bisa menjadikannya sebagai pembelajaran untuk strategi media relations bisnis Anda selanjutnya.

5. Perhatikan Tren

Formula terakhir dalam strategi media relations adalah perhatikan trend yang sedang berjalan di pasar. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan exposure lewat media ketika banyak masyarakat yang terlibat obrolan tentang bisnis Anda.

Kesimpulan

Ada beberapa tips yang perlu diketahui agar strategi media relations Anda berhasil. Antara lain:

  1. Pahami target audience
  2. Tentukan pencapaian yang realistis
  3. Rangkai pesan yang ingin disampaikan
  4. Amati para pesaing
  5. Perhatikan tren

Itulah beberapa tips penting saat membuat strategi media relations. Setelah memahami formula-formula tersebut, sekarang saatnya Anda menjalankan strategi untuk bisnis Anda!

Get the latest updates delivered right to your inbox!
Having a problem? Email Us: hello@radvoice.id