Salah satu tujuan utama dari media event adalah untuk mendapatkan perhatian media itu sendiri.
Mendapati media yang hadir adalah separuh perjalanan dari sebuah pelaksanaan acara.
Fokus utamanya adalah mengharapkan jurnalis yang hadir untuk memberitakan media event yang dibuat dan segera disebarkan kepada masyarakat.
Tips agar Jurnalis Memberitakan Media Event
Perusahaan biasanya akan melakukan apa saja terkait eksposur media untuk mendapatkan media coverage.
Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa tips sederhana agar jurnalis memberitakan media event yang mereka hadiri?
Biasanya hal-hal tersebut dilakukan pada saat media event sedang berlangsung hingga berakhir.
Seperti dikutip dari Digital Agency Vitamin, berikut lima tips agar jurnalis memberitakan media event.
1. Memperlakukan Jurnalis Layaknya VIP
Wartawan adalah salah satu tamu utama di acara Anda. Artinya, tips terpenting agar jurnalis memberitakan media event adalah memperlakukan mereka layaknya VIP.
Siapkan penghubung media yang berpengalaman seperti manajer PR internal atau seseorang dari agensi humas Anda, menyapa jurnalis secara pribadi, siapkan tempat atau akses yang maksimal untuk jurnalis, dan menghubungkan mereka dengan juru bicara utama yang sudah disediakan untuk wawancara.
Selain itu, berikan mereka rundown acara dan tunjukkan waktu dan lokasi tertentu yang baik untuk foto-foto.
2. Siapkan Juru Bicara untuk Wawancara
Jika jurnalis memutuskan untuk meluangkan waktu untuk menghadiri media event Anda, pastikan untuk memberikan sebagian besar (atau bahkan semua) informasi yang mereka butuhkan untuk menulis liputan menarik selama acara berlangsung.
Pastikan semua juru bicara dilatih oleh agensi PR untuk memastikan bahwa mereka adalah pembicara yang percaya diri, dapat mewakili perusahaan Anda dengan baik, serta memahami apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam wawancara media.
Perhatikan juga hal-hal penting saat presentasi di press conference dan hindari kesalahan saat press conference.
3. Terhubung dengan Mereka Selama Acara
Seperti yang telah disebutkan di atas, penting untuk memastikan jurnalis mendapatkan semua yang mereka butuhkan selama berada di media event Anda.
Jika Anda melihat jurnalis bersiap-siap untuk meninggalkan acara Anda, pastikan apakah mereka memiliki pertanyaan lanjutan. Misalnya, jurnalis mungkin membutuhkan hal lain seperti foto berkualitas tinggi dan daftar nama narasumber yang lebih lengkap.
4. Berikan Informasi Follow-up
Tips lainnya agar jurnalis memberitakan media event yang Anda adalah memenuhi semua janji tindak lanjut.
Jika jurnalis meminta informasi tindak lanjut seperti foto, informasi kontak untuk juru bicara lain, fakta dan angka, atau informasi lainnya, pastikan Anda memberikan informasi tersebut secara tepat waktu.
5. Kontak Media yang Tidak Bisa Hadir
Hanya karena sebuah media tidak dapat menghadiri acara Anda, bukan berarti mereka tidak akan memberitakannya.
Hubungi kembali media yang Anda kirimi undangan dengan aset seperti foto, video, dan fact sheet acara tersebut. Ini dapat membantu mereka merumuskan cerita, meskipun tidak menghadiri media event tersebut.
Selain itu, jangan lupa untuk menawarkan wawancara dengan juru bicara utama Anda. Jika jurnalis tersebut menyetujuinya, Anda dapat menjadi penghubung sekaligus menjadwalkan waktu dan lokasinya.
Kesimpulan
Dalam menarik perhatian jurnalis, tidak ada metode yang menjamin 100% bahwa mereka akan datang dan memberikan media coverage.
Namun, ada beberapa tips agar jurnalis memberitakan media event Anda. Berikut di antaranya.
1. Memperlakukan jurnalis layaknya VIP
2. Siapkan juru bicara untuk wawancara
3. Terhubung dengan mereka selama acara
4. Berikan informasi follow-up
5. Kontak media yang tidak bisa hadir
Jika segala upaya yang Anda lakukan menarik minat para jurnalis, maka mudah bagi mereka untuk menyelesaikan pekerjaan. Anda pun akan mendapatkan satu atau dua liputan dari media event tersebut.