Table of Contents
Subscribe to Insights and Updates

5 Strategi Launching Produk yang Sukses, Wajib Riset Pasar!

5 Strategi Launching Produk yang Sukses, Wajib Riset Pasar!

Launching produk merupakan komponen penting untuk semua jenis usaha.

Terlepas dari ukuran perusahaan, launching produk harus dilakukan semaksimal mungkin agar dapat menarik perhatian para konsumen.

Mengutip DigitalOcean, pengenalan produk yang baik akan memberikan dampak positif untuk semua jenis usaha.

Pasalnya, semua kesuksesan produk memerlukan rencana yang matang.

Pengenalan yang menarik akan lebih memikat hati konsumen untuk lebih mengenal produk Anda.

Penting untuk tim pemasaran produk untuk sukseskan launching produk dengan strategi dari RadVoice Indonesia berikut ini.

Strategi Sukseskan Launching Produk

Berikut adalah strategi sukseskan launching produk yang bisa dicoba oleh para marketer.

1.  Membuat Perencanaan Matang

Hal pertama yang wajib dilakukan untuk menyukseskan product launching adalah rencana yang matang.

Dalam artikel The Product Manager dijelaskan, perusahaan harus membuat roadmap untuk membantu acara agar tetap lancar.

Kesuksesan peluncuran bukan hanya bergantung pada product manager. Anda pun harus melibatkan semua divisi yang berhubungan dengan penjualan.

Anda wajib melibatkan departemen produksi, tim pemasaran, dan tenaga penjualan saat membuat tim perencanaan pemasaran produk.

Buatlah sebuah grup diskusi untuk menentukan tema atau kata kunci apa yang menarik untuk launching product.

2. Lakukan Riset Pasar

Strategi berikutnya adalah melakukan riset pasar sebelum peluncuran produk.

Riset pasar sangat penting untuk mengetahui apakah produk perusahaan Anda dibutuhkan orang atau tidak.

Anda juga harus memastikan berapa harga yang sesuai untuk produk yang akan diluncurkan.

Saat melakukan riset pasar, Anda dapat membuat daftar pertanyaan untuk dijawab konsumen.

Untuk memudahkan proses ini, Anda dapat bekerja sama dengan komunitas untuk melakukan survei lapangan.

3. Pelajari Kompetitor

Langkah berikutnya adalah mempelajari kompetitor saat akan launching produk.

Jangan sampai membuat kesalahan karena kurang memahami para pesaing perusahaan Anda.

Cobalah untuk mengidentifikasi kompetitor dalam hal menjual produknya.

Mempelajari kompetitor secara mendalam akan memudahkan Anda untuk memanfaatkan kelemahannya.

Namun, memanfaatkan kelemahan bukan dengan menjatuhkan.

Anda dapat mencoba memperbaiki kesalahan atau kelemahan kompetitor dalam meluncurkan produk.

4. Ukur Tingkat Keberhasilan Launching Produk

Anda juga dapat mengukur keberhasilan produk dengan melacak metrik perjalanan selama launching.

Beberapa metrics yang dapat diukur antara lain: traffic website, aktivitas di media sosial (pengikut baru, komentar pembaca, postingan yang dibagikan), dan anggaran aktual yang dikeluarkan ketika product launch.

Pastikan Anda memperoleh keuntungan dari biaya yang sudah dilakukan untuk launching produk.

Setiap produk itu memiliki keunikan, jadi pastikan Anda selalu memeriksa KPI yang berlaku pada produk yang diluncurkan.

Cara ini dapat Anda lakukan untuk mengukur keberhasilan produk perusahaan.

5. Bersiap untuk Hadapi Rintangan

Strategi lain yang perlu diperhatikan dalam launching produk adalah bersiap untuk menghadapi rintangan.

Hal ini penting untuk membantu Anda menghindari hal-hal buruk yang terjadi selama peluncuran produk.

Pastikan Anda telah memilih orang yang tepat dalam membuat strategi peluncuran produk.

Anda harus memastikan semua orang di tim dapat berkolaborasi dan membantu identifikasi potensi rintangan yang harus dihadapi.

Kemudian, Anda juga harus tetap berpegang pada strategi.

Jika performa peluncuran Anda tidak sesuai harapan, segera lakukan beberapa penyesuaian.

Cobalah untuk tidak mengubah banyak rencana karena hal ini dapat membuat publik kebingungan.

Kesimpulan

Kesuksesan launching produk dapat memiliki dampak yang besar terhadap sebuah perusahaan.

Jika hal ini dilakukan dengan benar, perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar di masa depan.

Sebaliknya, jika Anda tidak melakukan tanpa persiapan, hal ini dapat memberikan dampak negatif pada perusahaan.

Nah, jika ingin sukses melakukan launching produk, ikuti tips-tips berikut ini.

  1. Membuat perencanaan matang
  2. Lakukan riset pasar
  3. Pelajari kompetitor
  4. Ukur tingkat keberhasilan launching produk
  5. Bersiap untuk hadapi rintangan

Nah, jangan lupa untuk mencoba strategi untuk sukseskan launching produk perusahaan Anda, ya!

Get the latest updates delivered right to your inbox!
Having a problem? Email Us: hello@radvoice.id