Banyak jalan menuju Roma untuk merayu wartawan, salah satunya dengan press release.
Press release menjadi salah satu pendekatan praktisi public relations (PR) untuk memperluas jangkauan ke masyarakat.
Laman Business Wire menyatakan, wartawan kini banyak dituntut dalam berbagai arahan dan menerima ratusan pitch dalam sehari, bahkan lewat media sosial.
Hasilnya, Anda perlu fokus pada press release untuk mendapatkan perhatian mereka.
Namun, apa saja poin penting yang wajib ada dalam siaran pers agar diterima wartawan? Apakah aset multimedia, informasi kontak, atau niche yang Anda angkat di rilis tersebut?
RadVoice Indonesia merangkum tiga poin dalam siaran pers yang jadi pertimbangan wartawan. Berikut ulasannya.
Poin Penting dalam Press Release
Banyak hal yang membuat wartawan tertarik mengolah press release Anda.
Jika berbicara soal pertimbangan, umumnya siaran pers harus bernilai berita, ada kutipan atau data dengan teknik penulisan jurnalistik, dan pitch point dalam press release.
Tidak kalah penting, press release Anda wajib memiliki beberapa poin penting ini.
1. Tema Menarik
Poin pertama yang wajib ada dalam siaran pers adalah tema yang menarik.
Bicara soal menarik, sebenarnya itu soal perbedaan sudut pandang dan selera. Namun, Anda dapat menggali lebih dalam tentang brand atau perusahaan Anda.
Sebagai langkah awal, Anda dapat mengambil sisi humanis petinggi perusahaan atau staf, quirky facts atau fakta-fakta unik, hingga insight perkembangan perusahaan yang relevan dengan tren terkini.
Laman Cutting Edge PR menyatakan, cerita yang Anda paparkan haruslah mendukung tujuan dan sasaran spesifik organisasi.
Bila perlu, Anda dapat memverifikasi ulang informasi yang beredar di perusahaan, sehingga informasi yang Anda pitch tidak sekadar demi publisitas belaka.
Dengan begitu, press release Anda memiliki nilai jual materi berita.
2. Aset Multimedia Layak Tayang
Poin penting lainnya adalah aset multimedia yang layak tayang.
Seperti yang telah disebutkan di paragraf sebelumnya, wartawan menerima ratusan email press release tiap harinya. Bagaimana menarik perhatian mereka?
Survei media yang dilakukan laman Business Wire menyatakan, terdapat tiga elemen penting pada press release.
Yakni aset multimedia berupa video, gambar, logo, dan infografis (57%), informasi kontak (51%), dan latar belakang perusahaan (38%).
Utamanya pada aset multimedia, sebagian besar praktisi PR, brand, atau perusahaan melampirkan foto atau video yang kurang relevan atau beresolusi rendah ke media yang di-pitch.
Tidak jarang wartawan atau editor mencari aset yang lebih berkualitas tinggi.
Untuk menghindari hal tersebut, pastikan visual dan aset brand Anda membantu wartawan memvisualisasikan berita yang mewakili perusahaan atau brand.
3. Informasi Kontak
Poin lain yang tidak kalah penting dan wajib ada dalam siaran pers adalah informasi kontak, termasuk situs web dan media sosial.
Tidak jarang wartawan membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai siaran pers yang mereka terima.
Adanya informasi kontak yang jelas tentu saja membuka peluang siaran pers Anda untuk diterbitkan di media.
Selain itu, media sosial juga dapat membantu wartawan untuk menelusuri latar belakang perusahaan.
Banyak perusahaan memiliki publisitas minim di situs pencarian dan media sosial.
Hal tersebut justru mempersulit wartawan meski press release Anda menarik.
Laman Newswire menyatakan, mengintegrasikan media sosial ke dalam press release memungkinkan orang melihat brand atau perusahaan Anda dua kali lebih banyak: tim PR dan audiens di media sosial.
Biarkan orang-orang mengetahui Anda dan berinteraksi dengan Anda secara online. Ini memberi peluang lebih besar untuk publikasi berita.
Kesimpulan
Wartawan memiliki beragam pertimbangan untuk menaikkan press release ke situs berita, mulai dari nilai berita, engagement pembaca, hingga traffic situs. Makin besar nilai beritanya, makin tinggi juga kemungkinannya.
Anda wajib memasukkan tiga poin penting ini agar siaran pers dipertimbangkan rekan media.
- Tema menarik
- Aset multimedia layak tayang
- Informasi kontak
Tidak kalah penting, pastikan Anda membuat press release dengan headline menarik. Anda dapat mencoba tiga jenis headline untuk press release yang menarik dan efektif.
Itulah tiga pertimbangan wartawan ketika menerima press release Anda. Semoga tips ini membantu Anda memperluas publisitas brand atau perusahaan. Semangat!