3 Narasumber yang Harus Dikutip dalam Press Release, Jangan Sampai Salah!

media darling

Salah satu pertimbangan wartawan saat menerima press release adalah isi dari kutipan yang ada di dalamnya. 

Mengutip Prezly.com, kutipan adalah bagian dalam press release yang tidak dapat diganti oleh wartawan.

Isi kutipan yang menarik dapat menjadi pertimbagan wartawan ketika akan menyiarkan siaran pers Anda melalui medianya.  

Website prnews.io menjelaskan, kutipan harus menarik dan tidak membosankan atau terlalu panjang.

Pastikan isi dari kutipan tersebut singkat, padat, serta jelas agar wartawan lebih mudah mengolahnya.

Kutipan siaran pers harus melengkapi teks utama siaran pers dan memberikan informasi penting.

Berikan informasi spesifik dan detail baru dalam kutipan langsung dari seorang pembicara.

Kemudian, isi kutipan juga harus memperkuat teks sehingga akan memberikan kesan positif saat wartawan menerima dan membacanya.

Jangan takut kutipan Anda terdengar terlalu formal, sebab dalam beberapa kasus kutipan seseorang dapat diingat masyarakat, bahkan viral di media sosial.

Walaupun isinya penting, Anda juga harus mengetahui siapa saja yang harus dikutip dalam sebuah press release.

Pastikan kutipan berasal dari sosok yang memegang jabatan tinggi di sebuah perusahaan atau lembaga.

Jadi, pastikan Anda telah memilih seseorang dengan pengaruh besar terhadap perusahaan dan brand yang akan diperkenalkan.

Lalu, siapa saja narasumber yang dapat dimasukkan dalam kutipan siaran pers? Simak penjelasan dari RadVoice Indonesia berikut ini.

Narasumber yang Harus Dikutip dalam Press Release

Sebuah press release akan semakin menarik jika dilengkapi dengan kutipan dari narasumber berikut ini.

1. CEO atau Eksekutif Senior

Eksekutif senior sebuah perusahaan menjadi salah satu narasumber penting yang harus dikutip dalam sebuah siaran pers.

Artikel hypergridbusiness.com menjelaskan, CEO atau senior executive merupakan orang paling berpengaruh dalam membuat sebuah pengumuman dari perusahaan atau lembaga.

Kutipan dari seorang senior executive dapat menambahkan lebih banyak informasi untuk pembaca.

Beberapa hal yang dapat diulas seperti mengapa perusahaan memutuskan untuk melakukan proyek tersebut, beberapa manfaat lainnya bagi pelanggan, serta bagaimana pengumuman ini sesuai dengan rencana masa depan.

Jika pengumumannya tentang kemitraan, kutipan dapat menjelaskan siapa partner yang cocok untuk diajak kolaborasi.

2. Ahli atau Pengamat

Narasumber lain yang juga harus dikutip dalam sebuah press release adalah ahli atau pengamat.

Seorang ahli sangat penting ketika Anda akan meluncurkan sebuah produk yang berhubungan dengan konsumen.

Ketika akan mengeluarkan produk berupa suplemen, Anda harus memasukkan kutipan dari ahli atau peneliti dari produk tersebut.

Sedangkan pengamat biasanya dikutip jika sebuah lembaga akan mengeluarkan sebuah kebijakan baru dan berhubungan dengan masyarakat.

Ahli dan pengamat dapat memberikan penjelasan lebih detail, sehingga wartawan akan lebih mudah mengolahnya.

Wartawan akan lebih senang jika mendapat press release yang detail terkait produk dari perusahaan Anda.

3. Pengguna

Kutipan dari pengguna beta sangat penting ketika Anda akan meluncurkan produk.

Perusahaan biasanya akan melakukan survei terhadap produk sebelum menggunakannya secara luas.

Pada tahap tersebut, perusahaan mungkin akan meminta sebuah komunitas untuk mencoba produk dan memberikan ulasan sebelum dipasarkan.

Review yang diberikan oleh pengguna tersebut dapat Anda kutip karena wartawan mungkin akan membutuhkannya.

Sebuah kutipan dari pengguna yang dimuat media massa barangkali akan memberikan dampak positif terhadap produk yang akan dirilis.

Kesimpulan

Sebuah kutipan menjadi hal penting ketika Anda menulis sebuah press release.

Kutipan yang menarik mungkin akan membuat wartawan tertarik mengolah siaran Anda menjadi artikel berita.

Selain isinya, Anda juga harus memperhatikan orang-orang yang akan mengisi press release seperti berikut.

1. CEO atau eksekutif senior

2. Ahli atau pengamat

3. Pengguna

Pastikan Anda memilih tiga sosok tersebut jika ingin siaran pers dilirik oleh wartawan.

Jadi, jangan salah lagi untuk memilih sosok yang akan dikutip dalam siaran pers perusahaan Anda, ya!

Contact Us!
Contact Us!
RadVoice Indonesia
Hello
Can we help you?