Perusahaan atau pemilik brand biasanya memiliki berbagai cara untuk memperkenalkan produknya. Salah satunya yakni dengan membuat review produk.
Ulasan produk mendorong pelanggan untuk membeli produk melalui e-commerce atau kanal penjualan lainnya.
Menurut studi BrightLocal, 87% konsumen membaca ulasan produk untuk mempelajari pengalaman pelanggan lain dengan merek dan produk yang ingin mereka beli.
Walaupun saat ini banyak brand yang lebih memilih influencer atau KOL (key opinion leader), produk yang diulas oleh media massa juga memiliki banyak manfaat untuk perusahaan.
Ulasan yang dibuat dalam media massa biasanya lebih lengkap dan mudah untuk dipahami oleh calon konsumen.
Tak hanya itu, masih banyak manfaat review produk oleh media massa seperti yang sudah dirangkum oleh RadVoice Indonesia berikut ini.
Manfaat Review Produk oleh Media Massa
Teknologi yang sudah semakin maju membuat banyak media massa mulai beralih ke medium digital dan memanfaatkan banyak platform dalam menyebarkan kontennya.
Jadi, jangan heran jika saat ini sudah banyak media massa yang memberikan ruang untuk review produk dari berbagai brand atau perusahaan.
Hal ini pun tidak disia-siakan oleh para pemilik brand. Terdapat banyak manfaat yang akan dirasakan jika review produk disiarkan lewat media massa. Berikut keuntungannya.
1. Ulasan Lebih Jujur
Review produk dari sebuah media massa biasanya lebih jujur. Pasalnya, para jurnalis yang diberi kesempatan untuk mengulas tetap harus bersifat netral dalam mendeskripsikannya melalui tulisan.
Jurnalis juga tidak segan membandingkan produk Anda dengan brand lain yang sejenis, sehingga lebih banyak orang yang menarik untuk membacanya.
Kendati demikian, jurnalis tetap akan menulisnya secara netral dan tidak akan menjatuhkan salah satu pihak saja.
Para jurnalis mungkin akan meminta beberapa testimoni dari pengguna lain dan penjelasan ahli terkait dengan produk yang diulasnya.
2. Menekan Cost Perusahaan
Manfaat lain dari review produk oleh media massa adalah menekan biaya kegiatan marketing dari sebuah perusahaan. Percaya atau tidak, produk yang berkualitas baik dan memiliki banyak manfaat untuk masyarakat akan diulas secara gratis.
Anda hanya perlu memberikan produk atau mengundang para jurnalis, kemudian beri penjelasan secara lengkap tentang kelebihan dan kekurangan dari produk tersebut.
Namun, satu hal yang perlu diingat oleh semua perusahaan atau brand, jangan pernah pelit informasi terhadap rekan media.
Perusahaan atau brand harus siap memberikan informasi secara lengkap kepada jurnalis ketika produk akan diulas di media massa.
Anda tidak perlu takut menjelaskan mengenai kekurangan dari sebuah produk, sebab ulasan yang diberikan oleh jurnalis sifatnya lebih netral dan juga solutif.
Sementara, jika perusahaan Anda tertutup dan tidak memberikan informasi yang jelas, mungkin akan memberikan kesan tidak baik dari jurnalis.
3. Meningkatkan Trust dari Konsumen
Tujuan utama dari pengenalan produk secara masif adalah peningkatan jumlah konsumen.
Hal ini pun sudah tidak dapat dipungkiri lagi, mengingat kenaikan jumlah konsumen akan meningkatkan pendapatan bagi perusahaan.
Mengutip plytix.com, 69% konsumen tidak percaya iklan dan 91% tidak percaya konten bersponsor di media. Namun, mereka mempercayai review pengguna lain.
Hal ini menunjukkan bahwa seorang konsumen akan lebih percaya dengan produk yang sudah diulas oleh pengguna dibandingkan hanya penjelasan lewat iklan yang berbayar.
Jurnalis yang menulis review sebuah produk mungkin akan bertanya kepada para pengguna atau ahli untuk memperdalam ulasan agar lebih terpercaya.
Jika trust dari konsumen sudah terbangun, perusahaan atau brand mungkin tidak perlu lagi mengeluarkan kocek dalam untuk kegiatan marketing.
Kesimpulan
Review produk dari sebuah perusahaan atau brand dapat akan memberikan manfaat seperti berikut.
- Ulasan lebih jujur
- Menekan cost perusahaan
- Meningkatkan trust dari konsumen
Ketika audiens sudah memiliki trust terhadap sebuah produk, tentu akan meningkatkan penjualan tanpa perlu mengeluarkan cost tinggi untuk kegiatan marketing.
Perlu diingat, ulasan berbeda dengan artikel advertorial yang berbayar, sehingga pemilik brand tidak boleh menekan jurnalis untuk menulis hal positif dari produk mereka.
Jadi, sudahkah Anda siap mengajak rekan media untuk menulis review produk terbaru Anda?