Table of Contents
Subscribe to Insights and Updates

5 Manfaat Media Coverage untuk Perusahaan, Bisa Bangun Reputasi!

5 Manfaat Media Coverage untuk Perusahaan, Bisa Bangun Reputasi!

Media coverage atau liputan media memiliki banyak manfaat untuk kegiatan marketing perusahaan, yang dapat memperlancar bisnis Anda.

Dalam artikel yang dipublikasikan situs EWISE Marketing and Communications dijelaskan bahwa liputan media adalah alat paling ampuh dalam strategi pemasaran sebuah perusahaan.

Sayangnya, banyak pengusaha tidak pernah mempertimbangkan liputan media untuk meningkatkan pemasarannya.

Meskipun SEO, media sosial, dan papan reklame juga penting, Anda tetap harus memasukkan media dalam strategi marketing, lho.

Mengutip Smart Business Daily, di tengah kemajuan teknologi yang pesat, media tetap menjadi wadah terbaik ketika Anda ingin mengenalkan bisnis perusahaan secara luas.

Jika Anda masih belum mengetahui manfaat media coverage untuk pemasaran perusahaan, simak artikel dari RadVoice Indonesia sampai habis berikut ini.

Manfaat Media Coverage untuk Perusahaan  

Ada beberapa manfaat media coverage yang bisa Anda dapatkan. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Exposure Audiens Lebih Luas

Salah satu manfaat media coverage adalah menjangkau audiens yang jauh lebih luas.

Anda dapat menuturkan tentang produk atau jasa perusahaan secara gamblang dan interaktif dengan media yang menjadi perwakilan konsumen.

Situs web atau marketing perusahaan juga dapat dimanfaatkan, tetapi itu hanya menjangkau pengguna atau orang-orang yang sudah mengetahui tentang perusahaan Anda.

Dengan liputan yang lebih luas di media, Anda dapat meningkatkan kesadaran merek dan menarik audiens baru lebih luas.

2. Bangun Identitas Brand

Media coverage dianggap penting karena dapat membangun identitas merek dengan kuat. Jika Anda ingin merasakan manfaat ini, tentunya ada tahapan yang harus dilalui dengan baik.

Jangan ragu untuk mengirimkan siaran pers kepada wartawan sebelum liputan dilakukan. Sebuah siaran pers akan memberikan gambaran awal kepada wartawan tentang pemaparan yang akan diberikan.

Selain itu, siaran pers yang dikirimkan sebelum liputan akan memberikan informasi awal tentang industri maupun target yang dituju oleh produk dari perusahaan.

Pastikan isi siaran pers yang diberikan mengundang rasa penasaran dari wartawan, sehingga dapat dikembangkan lebih luas ketika menulis artikel.

3. Bangun Reputasi

Media coverage sangat berpengaruh terhadap reputasi sebuah perusahaan atau brand. 

Tulisan seorang wartawan mungkin akan memberikan dampak positif dan negatif terhadap reputasi perusahaan Anda.

Media coverage yang buruk mungkin akan “menghancurkan” bisnis Anda.

Sebaliknya, jika Anda berhasil mendapatkan liputan yang menguntungkan, reputasi positif perusahaan akan terbangun dengan sendirinya.

Cara ini dianggap sangat efektif jika Anda ingin menarik konsumen dalam waktu panjang tanpa harus mengeluarkan dana yang besar.

4. Lebih Murah dari Iklan

Artikel yang ditulis oleh wartawan setelah liputan lebih terjangkau dibandingkan Anda harus membayar iklan dengan anggaran besar.

Jika ingin mendapatkan manfaat ini, Anda harus melakukan pitching media dengan sangat baik agar mereka tidak akan ragu untuk berkolaborasi.

Melakukan wawancara eksklusif dengan media akan menjadi jalan pintas untuk menjangkau audiens yang lebih luas tanpa harus mengeluarkan anggaran marketing yang masif.

Jangan lupa untuk menjelaskan tentang keunikan dari brand atau perusahaan Anda. Dengan begitu, media akan semakin tertarik melakukan kerja sama.

5. Bangun Koneksi Jangka Panjang

Media coverage tidak selalu tentang brand dengan konsumen, tetapi juga dengan orang-orang yang dapat mengembangkan bisnis Anda.

Media exposure dapat menghubungkan Anda dengan investor, mitra kolaboratif, konsultan, serta media lain yang ingin menceritakan kisah Anda kepada audiens secara luas.

Dalam bisnis, koneksi adalah segalanya. Media menjadi salah satu alat yang paling efektif untuk membangun hal ini.

Jangan pernah ragu untuk membagikan informasi bisnis Anda kepada wartawan, sebab hal ini akan membuka jalan untuk membangun koneksi jangka panjang.  

Kesimpulan

Media coverage disebut sebagai alat paling ampuh dalam strategi marketing karena memiliki beberapa manfaat berikut.

  1. Exposure audiens lebih luas
  2. Bangun identitas brand
  3. Bangun reputasi
  4. Lebih murah dari iklan
  5. Bangun koneksi jangka panjang

Semua manfaat tersebut akan Anda rasakan jika dilakukan dengan benar dan sabar.

Jadi, sudah siap mengundang media untuk menggaet audiens dan juga koneksi secara luas? Semoga berhasil!

Get the latest updates delivered right to your inbox!
Having a problem? Email Us: hello@radvoice.id