Dalam menulis konten, baik pada teks atau caption, penggunaan tanda pagar atau hashtag dapat meningkatkan visibilitas dan menjangkau audiens yang lebih luas.
Menurut Sprout Social, hashtag dapat meningkatkan engagement dan reach, dengan meningkatkan brand visibility.
Selain itu, apa saja fungsi penggunaan hashtag dan bagaimana awal mula penggunaannya? Berikut ulasan RadVoice Indonesia.
Sejarah Hashtag: Digunakan sebagai Penanda Topik yang Sama
Hashtag pertama kali digunakan oleh Chris Messina, web marketing specialist Twitter (sekarang X), pada 2017.
Ia menyarankan perusahaannya untuk menggunakan hashtag sebagai penanda postingan dengan topik yang sama.
Sejak itu, penggunaan hashtag semakin meluas. Tidak hanya digunakan di media sosial Twitter, tapi juga pada konten lain secara umum.
Hashtag bahkan kerap digunakan dalam kampanye digital yang mampu mendongkrak image dan awareness suatu brand.
Apa Manfaat Penggunaan Hashtag?

Menggunakan hashtag di media sosial pada dasarnya bertujuan untuk mengelompokkan konten di bawah satu topik.
Hashtag juga berperan penting dalam meningkatkan SEO agar audiens dapat dengan mudah menemukan artikel yang mereka cari sesuai topik yang ditulis.
Ini meningkatkan pembentukan branding bagi usaha Anda.
Penggunaan hashtag ini tentu dapat menjadi celah bagi Anda dalam mempromosikan konten yang dibuat.
Memudahkan Pencarian Konten
Dengan adanya fitur hashtag, pencarian konten akan lebih mudah.
Cukup dengan menyertakan hashtag yang dicari, maka semua update mengenai postingan tersebut akan secara otomatis terkelompok.
Hasil yang ditemukan dengan menggunakan hashtag juga beragam meliputi teks, video, foto, dan lainnya.
Meningkatkan Engagement
Menurut studi yang dimuat dalam jurnal penelitian Universitas Airlangga, penggunaan hashtag menghasilkan tingkat keterlibatan konsumen (engagement) yang lebih tinggi dengan lebih dari 50% pertumbuhan setiap unggahan.
Ini karena hashtag dapat membuat konten Anda muncul dalam topik serupa dan menarik perhatian audiens dengan niche tertentu, sehingga lebih mudah mendapat like, komentar, share, bahkan followers pada platform media sosial.
Meningkatkan Branding

Tahukah Anda bahwa hashtag juga dapat menjadi salah satu cara efektif untuk mempromosikan suatu brand?
Audiens akan semakin mudah mengingat brand Anda melalui hashtag. Ini menggambarkan ciri khas, keunikan, atau spesifikasi layanan atau produk suatu brand.
Semakin unik hashtag yang digunakan brand untuk menggambarkan image-nya, semakin mudah audiens untuk menebak suatu produk atau layanan tersebut milik brand Anda hanya dengan melihat hashtag.
Memudahkan Brand untuk Menjangkau Audiens
Karena fungsi utama hashtag adalah mengelompokkan konten dengan topik dan niche serupa, hal ini dapat dimanfaatkan brand untuk menjangkau target audiens yang lebih luas.
Brand dapat membuat konten yang semakin terarah kepada audiens yang dituju dengan penggunaan hashtag yang sesuai.
Mendongkrak Efektivitas Kampanye Digital

Penggunaan hashtag juga bisa Anda gunakan dalam kampanye digital karena dapat meningkatkan visibilitas, jangkauan, dan partisipasi audiens di media online.
Penggunaan hashtag ini kerap digunakan dalam kampanye digital yang berfokus pada isu-isu tertentu. Beberapa isu yang dimaksud di antaranya isu kemanusiaan (#FreePalestine), isu lingkungan (#BijakBerplastik), dan lain sebagainya.
Kesimpulan
Hashtag penting untuk disertakan dalam konten guna memperluas audiens Anda. Beberapa fungsi penggunaan hashtag untuk konten yaitu:
- Memudahkan pencarian konten: Cukup dengan menyertakan hashtag yang dicari, maka semua update mengenai postingan tersebut akan secara otomatis terkelompok.
- Meningkatkan engagement: Hashtag dapat membuat konten Anda muncul dalam topik serupa dan menarik perhatian audiens dengan niche yang sama.
- Meningkatkan branding: Audiens akan semakin mudah mengingat merek Anda melalui hashtag yang paling menggambarkan ciri khas, keunikan atau spesifikasi layanan atau produk suatu brand.
- Memudahkan brand untuk menjangkau audiens: Fungsi utama hashtag adalah mengelompokkan konten dengan topik dan niche serupa.
- Mendongkrak efektivitas kampanye digital: Hal ini meliputi visibilitas, jangkauan, dan partisipasi audiens di media online.
Jadi, hashtag apa yang ingin Anda cantumkan untuk kampanye Anda selanjutnya?