Dalam bisnis, media relations atau hubungan media adalah sebuah hal yang lumrah dilakukan untuk publikasi perusahaan. Pada hakikatnya, kesuksesan sebuah bisnis juga tergantung bagaimana Anda dapat menjangkau khalayak luas.
Oleh karena itu, peran hubungan media menjadi sangat penting untuk keberlangsungan sebuah bisnis. Dengan begitu, awareness terhadap bisnis Anda akan meningkat serta akan menambah calon konsumen potensial.
Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan media relations? Berikut ulasannya.
Apa Itu Media Relations?
Media relations dapat dijelaskan sebagai sebuah aktivitas hubungan kerja sama antara media massa atau jurnalis dan organisasi atau perusahaan tertentu untuk menyampaikan pesan ke khalayak luas.
Pada umumnya, hubungan media digunakan untuk menaikkan citra perusahaan dengan publikasi berita-berita yang cenderung positif. Media relations bisa dilakukan dengan beberapa cara, seperti menyebarkan press release dan menggelar konferensi pers.
Di era pasar yang kompetitif ini, peran hubungan media sangatlah penting. Bukan hanya sebagai alat marketing, media relations juga punya banyak fungsi lain yang bisa membantu kelanjutan bisnis Anda.
Fungsi Media Relations untuk Bisnis
Dilansir dari fabrikbrands.com, hubungan media tidak hanya menjadi sarana untuk melakukan strategi marketing, tapi juga dapat membantu meningkatkan brand activity, meningkatkan attention, serta menambah kredibilitas dan reputasi untuk bisnis Anda.
Berikut ini beberapa fungsi media relations yang perlu Anda ketahui.
1. Meningkatkan Brand Awareness
Pemberitaan atau penyampaian pesan melalui liputan media dapat membantu meningkatkan brand visibility pada target audiens. Bekerja sama dengan media massa yang memiliki kredibilitas dan reputasi tinggi dapat membantu meningkatkan brand awareness bisnis Anda.
Media relations merupakan salah satu media komunikasi yang dapat memperluas jangkauan brand bisnis Anda kepada audiens baru. Dari yang sebelumnya belum mengenal atau bahkan tidak mengetahui sama sekali mengenal, jadi mulai mengetahui brand Anda.
2. Meningkatkan Kredibilitas
Dilansir dari Forbes, generasi milenial memandang bahwa media lebih objektif dalam menyampaikan pesan dibanding iklan berbayar yang dilakukan oleh perusahaan lewat channel marketing lainnya.
Media relations dapat menjadi cara untuk meningkatkan kepercayaan audiens terhadap bisnis Anda. Liputan media dapat membantu meningkatkan kredibilitas, trust, dan authenticity atau keaslian dari bisnis Anda.
Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk bijak dalam memilih media massa yang ingin diajak kerja sama. Jangan sampai memilih media abal-abal. Hal itu justru dapat menurunkan kredibilitas perusahaan Anda.
Di sisi lain, Anda juga harus mengetahui tata cara menulis artikel media yang benar agar saat dipublikasikan, audiens dapat mengenal lebih dalam brand bisnis Anda.
3. Mengontrol Krisis
Bukan hanya meningkatkan awareness, media relations juga sering digunakan sebagai media untuk melakukan klarifikasi terhadap isu-isu negatif yang sedang menimpa perusahaan.
Dengan begitu, pihak perusahaan dapat meluruskan isu-isu negatif atau krisis yang melanda perusahaan dengan cepat dan dapat tersampaikan ke masyarakat luas.
Penting bagi pihak perusahaan untuk mengeluarkan statement yang dapat mengklarifikasi isu tak sedap yang sedang melanda perusahaan secepat dan sedini mungkin.
Berita negatif dapat tersebar dengan cepat dan tak terkontrol. Pada akhirnya, berita tersebut mengakibatkan hancurnya reputasi bisnis dalam sekejap.
4. Meningkatkan SEO
Saat bisnis Anda diliput oleh media ternama, secara tidak langsung Anda sudah memenangkan persaingan pada mesin pencarian. Hal ini dapat terjadi karena media yang sudah memiliki nama besar dan kredibilitas tinggi.
Situs dengan kredibilitas tinggi seperti yang dimiliki media ternama akan lebih sering direkomendasikan oleh mesin pencarian untuk muncul pada posisi teratas.
Selain itu, mereka juga mengerti bagaimana mengoptimasi artikel yang akan dipublikasikan agar dapat selalu muncul pada posisi teratas pada mesin pencarian.
Kesimpulan
Media relations dapat membantu bisnis Anda untuk berkembang dari berbagai aspek, antara lain:
- Meningkatkan brand awareness
- Meningkatkan kredibilitas perusahaan
- Mengontrol krisis dan isu-isu negatif
- Meningkatkan SEO pada mesin pencarian
Itulah penjelasan mengenai media relations beserta fungsi-fungsinya. Sekarang sudah lebih paham pentingnya media relations, bukan? Tunggu apa lagi? Segera mulai aktivitas hubungan media di perusahaan Anda!