Kapan dan Mengapa Embargo Press Release Harus Digunakan?

Konferensi pers media

Embargo press release adalah salah satu strategi yang digunakan public relations (PR) untuk mengatur kapan informasi penting dapat dipublikasikan.

Namun apakah embargo press release selalu dibutuhkan? Informasi apa yang perlu diembargo dalam press release?

Memahami Embargo Press Release

RadVoice Indonesia telah merangkum penjelasannya sebagai berikut.

Arti Embargo Press Release

Embargo press release mengacu pada permintaan kepada media untuk menahan informasi tertentu hingga waktu yang telah ditentukan.

Hal ini umumnya dilakukan untuk menjaga agar seluruh media menerima dan menyebarkan informasi pada waktu yang sama.

Dengan memberlakukan embargo, PR dapat mencegah kebocoran informasi sebelum waktunya dan menjangkau publikasi yang lebih luas.

Apa Arti Embargo Press Release
Embargo press release dilakukan untuk menjaga agar seluruh media menerima dan menyebarkan informasi di waktu yang sama. (Foto oleh Rawpixel)

Mengutip Indonesia PR, press release yang diembargo biasanya bersifat rahasia sampai tanggal penerbitan yang telah ditentukan oleh PR.

Tanggal ini juga telah dinyatakan dengan sangat jelas di awal rilis.

Anda butuh mengirimkan press release ke media? RadVoice dapat membantu menerbitkan.

Mengapa Embargo Press Release Dilakukan?

Embargo press release dilakukan agar media memiliki banyak waktu untuk menyiapkan dan menulis informasi yang akan dipublikasikan.

Embargo juga mencegah informasi penting dipublikasikan sebelum waktunya.

Press release yang diembargo biasanya adalah informasi yang sifatnya pengumuman besar atau perlu ditangani dengan sangat hati-hati.

Untuk itu, butuh strategi karena PR tak bisa sembarangan melakukan embargo.

Embargo Press Release Harus Mengikuti Waktu yang Disepakati
Media bisa saja melanggar embargo press release dengan menerbitkan sebelum tanggal yang disepakati. (Foto oleh Rawpixel)

Kendati demikian, PR juga harus mengantisipasi kemungkinan kebocoran informasi akibat media tak mematuhi waktu embargo.

Mengutip PR Lab, media bisa saja melanggar perjanjian embargo dengan menerbitkan press release sebelum tanggal yang disepakati.

Hal ini biasanya terjadi karena kompetisi antarmedia yang ingin menjadi terdepan dalam memberitakan.

PR dapat mengantisipasinya dengan menuliskan tanggal dan waktu publikasi secara spesifik.

Misalnya, tak hanya dengan menulis “embargo hingga 1 November”, tapi juga dengan menambahkan “embargo hingga 1 November pukul 10.00 WIB”.

Selain persoalan tersebut, ada juga risiko press release yang diembargo bocor ke sumber lain, baik dari dalam maupun luar media.

Penting bagi PR untuk memiliki rencana cadangan dengan membuat pernyataan atau menyampaikan rincian lebih lanjut jika hal ini terjadi.

Apa Jenis Informasi di Press Release yang dapat Diembargo?

  1. Peluncuran produk teknologi, misalnya seri ponsel terbaru
  2. Informasi terkait masalah kesehatan yang perlu dirilis dengan hati-hati dan waktu yang tepat agar tidak menimbulkan kepanikan publik
  3. Pengumuman seputar status bisnis misalnya merger, akuisisi, kolaborasi, atau perubahan manajemen
  4. Informasi keuangan yang jika bocor lebih awal dikhawatirkan dapat memengaruhi pasar saham atau perilaku investor
  5. Kebijakan pemerintah yang sering kali diembargo sampai ada pengumuman resmi
Embargo Press Release untuk Informasi yang Eksklusif
Embargo press release dapat dilakukan pada informasi peluncuran produk, pengumuman bisnis, hingga kebijakan pemerintah. (Foto oleh Rawf8.com/Freepik)

Dalam melakukan embargo press release, PR juga harus mempertimbangkan waktu yang tepat untuk publikasi dan waktu yang cukup bagi media untuk mengolahnya.

Saat mengirimkan press release yang diembargo, PR juga harus menyampaikan informasi secara jelas kepada media mengenai batas waktu embargo dan alasannya. Media pun harus menghormati batasan waktu tersebut.

Setelah embargo press release berakhir, PR dapat memantau hasil liputan media dan memastikan informasi disebar sesuai rencana.

Kesimpulan

Embargo press release dapat menjadi strategi komunikasi PR yang efektif jika digunakan untuk membagikan informasi yang tepat.

Dengan menetapkan batas waktu tertentu sebelum informasi dipublikasikan, embargo memungkinkan media menyiapkan liputan dengan lebih baik sambil menjaga kerahasiaan.

Beberapa jenis informasi yang dapat diembargo dalam press release di antaranya peluncuran produk teknologi, pengumuman seputar status bisnis, hingga kebijakan pemerintah.

PR juga harus mengantisipasi kemungkinan press release yang diembargo bocor atau terbit lebih dulu dari waktu yang ditentukan. Untuk itu, waktu embargo harus dituliskan secara spesifik dengan tanggal dan waktunya.

Jadi, apakah Anda sudah menyusun strategi embargo press release?

Contact Us!
Contact Us!
RadVoice Indonesia
Hello
Can we help you?