8 Elemen Judul Artikel yang Disukai Pembaca, Lengkap dengan Contohnya

3+ Elemen Judul Artikel yang Banyak Disukai Pembaca

Judul artikel merupakan unsur penting untuk menarik minat para pembaca. Mengutip The University of Vermont Libraries Research Guides, judul memberikan gambar singkat tentang isi dari sebuah artikel.

Pembaca sekarang pun semakin cerdas dan selektif, sehingga penulis perlu memilih kata yang tepat dalam judul.

Jangan sampai judul tidak relevan dengan isi artikel. Hal ini tidak hanya merusak kepercayaan audiens, tetapi juga dapat menurunkan posisi situs di mesin pencarian.

Untuk itu, judul harus mampu memberikan informasi terbaru, merangkum isi tulisan, sekaligus memancing rasa ingin tahu pembaca.

Anda juga tidak dilarang menggunakan elemen kontroversial atau emosional selama tetap berdasarkan isi artikel yang faktual.

Pengertian Judul Artikel

Judul artikel adalah representasi singkat dari keseluruhan isi konten yang berfungsi untuk menarik perhatian dan membantu pembaca memahami manfaat utama dari artikel sebelum membacanya. Dalam konteks digital, judul juga berfungsi sebagai strategi SEO agar konten mudah ditemukan di Google.

Teknik membuat judul yang kuat dapat dikembangkan dengan memahami bagaimana sebuah headline mampu menangkap perhatian sejak detik pertama. Misalnya, beberapa konten menekankan pentingnya memilih kata yang mampu membangun rasa ingin tahu.

Sedangkan untuk konten mendalam dan bertutur, pendekatan judul yang lebih efektif diterapkan agar tetap relevan dengan gaya penyajian jurnalisme.

Di sisi lain, ada pula strategi pendekatan judul tanpa clickbait untuk tetap menarik tanpa menipu ekspektasi pembaca, sehingga judul tetap berani namun jujur sesuai isi.

Lalu, elemen apa lagi yang harus ada di judul artikel agar banyak diklik? Berikut inspirasinya.

Elemen Judul Artikel yang Banyak Diklik Pembaca

Jika ingin artikel mendapatkan banyak klik, sebaiknya Anda memasukkan beberapa elemen seperti berikut ini. 

1. Singkat, Efektif, dan Menggunakan Bahasa Sederhana

judul artikel
Pastikan artikel Anda memakai judul yang langsung menangkap inti tulisan. (Foto oleh Rawf8.com/freepik)

Judul yang ringkas dan mudah dipahami membantu pembaca langsung menangkap inti tulisan. Hindari istilah teknis yang rumit. Bayangkan Anda adalah pembaca yang sedang memindai cepat layar ponsel.

Hindari penggunaan istilah asing atau teknis saat membuat judul. Posisikan diri Anda sebagai seorang pembaca saat menulis sebuah artikel agar dapat memilih kalimat yang mudah untuk dimengerti.

Contoh: “10 Cara Menulis Artikel Travel yang Menghidupkan Suasana”

Selain menarik minat pembaca, judul juga dapat membantu meningkatkan posisi situs Anda di mesin pencarian. Jika artikel Anda berada di halaman pertama mesin pencarian, sudah pasti jumlah klik akan terus meningkat.

Baca juga: 10 Cara Membuat Judul Artikel yang Menarik, Lengkap dengan Contohnya

2. Kontroversial dan Mengundang Rasa Kaget

Judul biasa hanya dilihat, tetapi judul emosional diklik. Namun pastikan bukan clickbait yang menipu isi artikel. Anda juga diperbolehkan memasukkan elemen yang bersifat kontroversial dan mengundang rasa kaget sebagai judul.

Ingat, elemen kontroversial berbeda dengan clickbait yang mengundang rasa penasaran. Judul artikel kontroversial biasanya memasukkan isi berita yang menyeramkan pada judul.

Misalnya: “Seorang Ibu Jual Ginjal untuk Membiayai Sekolah Anaknya”

Judul seperti ini memancing rasa penasaran pembaca karena menyentuh sisi kemanusiaan yang kuat.

3. Memberikan Informasi Baru, Merangkum Seluruh Artikel

judul artikel
Recycle artikel tetap menarik selama penulis menambahkan informasi baru. (Foto oleh Freepik.com)

Artikel di website tidak selalu dibuat baru oleh penulis. Beberapa website mungkin akan melakukan recycle artikel jika dibutuhkan.

Dalam proses pembuatannya, Anda hanya perlu menambahkan informasi terbaru tanpa perlu mengganti keseluruhan artikel. Maka, judul artikel Anda harus menyampaikan manfaat atau informasi terbaru secara ringkas.

Contoh: “Perubahan Aturan Pajak Kendaraan 2025: Apa yang Perlu Kamu Persiapkan?

Ini menegaskan bahwa pembaca akan mendapatkan informasi penting di dalam artikel. Pastikan judul tersebut telah merangkum seluruh isi artikel, baik sebelum dan setelah dilakukan penulisan ulang.

4. Mengandung Keyword

Saat menulis artikel untuk website, pastikan Anda tidak lupa memasukkan keyword pada judul. Keyword membantu Google mengenali relevansi konten. Pilih keyword yang sering dicari audiens target.

Mengutip Niche Pursuits, menggunakan kata kunci dalam judul dapat membantu mesin pencarian mengetahui seberapa relevan konten Anda terhadap query tertentu.

Contoh: Keyword: judul artikel
“8 Elemen Judul Artikel yang Disukai Pembaca”

Perlu diketahui, Judul yang SEO-friendly memberi sinyal positif agar artikel naik peringkat pada Google, untuk menempatkan artikel Anda di halaman depan. Perlu diingat, keyword yang dipilih harus sesuai dengan target pembaca dari website Anda.

Baca juga: 4 Jenis Keyword untuk Optimasi SEO Beserta Fungsinya

5. Memancing Penasaran (Curiosity Gap)

Judul dengan teknik curiosity gap bekerja karena memberikan informasi yang cukup untuk menarik perhatian, namun menyimpan bagian terpenting di dalam isi artikel.

Berikan “teaser”, tapi bukan akhir cerita.

Contoh: “Kesalahan Kecil Ini Bisa Mengancam Kariermu di 2025”

Pembaca terpicu untuk mencari tahu kesalahan apa yang dimaksud dan merasa harus mengklik untuk menemukan jawaban yang belum terungkap dalam judul.

Namun, strategi ini harus digunakan secara bertanggung jawab.

Jangan membangun rasa penasaran yang tidak ditepati dalam isi artikel. Sebab hal itu akan menurunkan kepercayaan dan meningkatkan bounce rate, di mana pengunjung lekas pergi setelah melihat satu halaman web Anda.

Untuk memberikan rasa penasaran, berikan judul teaser kepada pembaca. (Foto oleh Freepik.com)

6. Menggunakan Angka

Judul dengan angka lebih mudah dipindai, terstruktur, dan dipercaya, serta memberikan gambaran struktur artikel yang jelas sehingga pembaca tahu apa yang akan mereka dapatkan.

Selain itu, angka memberikan persepsi bahwa informasi di dalamnya terkurasi dan praktis untuk diikuti. Angka ganjil, seperti 7 atau 9, bahkan sering dianggap lebih menarik secara psikologis dan lebih sering dibagikan di media sosial.

Contoh: “7 Ide Konten Bisnis yang Bisa Viral Tanpa Iklan”

7. Menyasar Pembaca Secara Personal

Gunakan kata “Anda” atau “Kamu” untuk kedekatan emosional. Dengan memasukkan kata “Anda” atau “Kamu”, judul terasa berbicara langsung kepada pembaca sehingga menciptakan kedekatan personal.

Contoh: “Tips Menata Keuangan Agar Anda Tidak Boros Lagi”

Pendekatan ini membuat pembaca merasa tulisan tersebut relevan dan dibuat khusus untuk kebutuhan mereka.

Teknik ini juga efektif untuk artikel edukatif atau motivasional yang bertujuan mengajak pembaca melakukan perubahan positif dalam hidupnya.

8. Menghadirkan Masalah + Solusi

Format ini sangat disukai pembaca pencari solusi cepat. Pendekatan problem–solution dalam judul memberikan janji langsung kepada pembaca bahwa artikel dapat membantu mereka menyelesaikan isu nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh: “Sulit Fokus Kerja? Ini 5 Cara Mengembalikan Konsentrasi Anda”

Judul semacam ini cocok untuk konten how-to, pengembangan diri, hingga tips pekerjaan. Ketika pembaca merasa masalahnya diakui dan dijanjikan solusi, potensi klik dan keterlibatan meningkat secara signifikan.

Baca juga: 5 Tips Menulis Judul Artikel Blog yang Clickable 

Contoh Judul Artikel yang Menarik Perhatian Pembaca

Setelah memahami elemen-elemen yang membuat judul lebih menarik, kini saatnya melihat bagaimana penerapannya dalam berbagai jenis artikel.

Berikut contoh judul dari beragam kategori yang dapat menjadi inspirasi untuk konten blog, media online, hingga media sosial Anda:

  • Lifestyle: 5 Kebiasaan Kecil yang Bisa Mengubah Hidupmu
  • PR & Komunikasi: Cara Media Relations Menyelamatkan Reputasi Perusahaan
  • Travel: 10 Aktivitas Gratis di Seoul untuk Traveler Hemat
  • Teknologi: AI Tidak Akan Gantikan Pekerjaan Ini dalam 10 Tahun ke Depan
  • Bisnis: Strategi Branding UMKM Agar Tembus Pasar Nasional

Kesimpulan

Judul memiliki peran besar dalam menentukan apakah pembaca akan tertarik membuka artikel Anda atau justru melewatkannya begitu saja.

Untuk itu, penting memastikan judul tidak hanya singkat dan efektif, tetapi juga mampu menyentuh emosi, menyajikan informasi baru, dan tetap relevan dengan prinsip SEO seperti memasukkan keyword yang tepat.

Elemen lain seperti rasa penasaran, penggunaan angka, pendekatan yang lebih personal, hingga pernyataan yang menawarkan solusi atas masalah pembaca. Semuanya berkontribusi dalam meningkatkan daya tarik sebuah judul.

Jika semua elemen ini diterapkan, peluang konten Anda tampil di halaman pertama dan mendapatkan klik lebih banyak akan meningkat drastis.

Jadi, sudah siap membuat judul artikel yang disukai pembaca dan mesin pencari sekaligus? Hubungi tim RadVoice untuk berdiskusi dan meningkatkan citra perusahaan Anda melalui konten tulisan yang menarik.

Let's Amplify Your Voice Together

Tell us about your project, and we will get back to you within one business day.

Contact Us!
Contact Us!
RadVoice Indonesia
Hello
Can we help you?