Salah satu jenis media coverage adalah earned media yang dapat membuat brand Anda tetap menonjol. Ini berupa liputan atau promosi brand melalui cara-cara organik.
Tanpa disadari, kita semua pernah berpartisipasi dalam metode promosi yang satu ini.
Jika Anda pernah memposting sepatu yang baru saja Anda beli atau me-retweet gambar lucu dari sebuah brand, itu adalah bagian dari earned media brand tersebut.
Tentu saja, Anda tidak hanya memposting tentang brand secara acak. Harus ada sesuatu yang mendorong Anda untuk berbagi, seperti produk yang berkualitas tinggi atau postingan blog yang sangat informatif, sehingga mendorong Anda terus menyebarkannya.
Karena sangat efektif, earned media jauh lebih sulit diperoleh. Metode ini dinilai lebih berdampak dibandingkan owned media atau paid media.
Cara Meraih Earned Media dengan Sukses
Setelah Anda mengetahui bahwa earned media sangat bermanfaat dan sulit didapatkan, berikut adalah beberapa tips meraihnya seperti dikutip dari divvyhq.com.
1. Bangun Hubungan dengan Media
Banyak bisnis takut berhadapan dengan media. Padahal, ada banyak manfaat media relations di era media sosial.
Jika Anda memiliki hubungan yang kuat dengan media, ini bisa menjadi cara yang bagus untuk menyampaikan pesan bisnis Anda secara positif dan membuat Anda mendapatkan liputan tambahan.
Anda perlu membina dan membangun kepercayaan dengan media.
Seorang jurnalis mungkin tidak membutuhkan produk Anda dengan segera, tetapi jika Anda telah membangun hubungan kerja dengan media, mereka mungkin akan memikirkan Anda ketika ada kesempatan.
Luangkan waktu untuk membina hubungan ini. Anda akan mendapati bahwa penyebutan brand Anda akan muncul secara alami di artikel dan media lainnya.
2. Jaga Konten Tetap Menarik dan Dapat Dibagikan
Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan earned media adalah dengan membuat konten yang ingin dibagikan oleh para jurnalis.
Pertimbangkan untuk menggunakan ilustrasi yang menarik, desain grafis yang sedang tren, fakta menarik, serta informasi relevan yang menurut pembaca bermanfaat dan menarik.
Jika konten Anda cukup bagus, mereka bahkan dapat menggunakannya sebagai sumber untuk artikel mereka sendiri. Ini dapat menjadi publisitas gratis untuk brand Anda!
3. Maksimalkan Praktik SEO
Pengoptimalan mesin pencari atau SEO adalah bagian penting dari strategi marketing online.
SEO akan membantu Anda menjangkau lebih banyak orang yang mencari produk atau layanan seperti milik Anda.
Mengoptimalkan situs web dan posting blog Anda dengan kata kunci yang relevan meningkatkan peluang Anda untuk muncul lebih tinggi di halaman hasil pencarian.
Hasilnya, diharapkan lebih banyak traffic yang datang dari pencarian tersebut.
Anda juga dapat mengikuti langkah-langkah belajar SEO untuk pemula seperti yang pernah RadVoice paparkan sebelumnya.
4. Maksimalkan Distribution Channel
Apakah Anda menyebarkan konten Anda dengan semua cara yang ada?
Jika ingin sukses memperoleh earned media, jangan membatasi diri Anda pada media sosial sebagai saluran distribusi konten.
Kirimkan konten Anda melalui buletin dan minta staf Anda untuk juga membagikannya.
Agar mempermudah hal ini, kirimkan konten terbaik Anda kepada orang-orang yang sudah menjadi penggemar berat brand Anda.
Pertimbangkan untuk menjadikan staf Anda sebagai brand ambassador yang bisa dicari oleh pelanggan tertentu untuk terhubung langsung dengan brand Anda.
5. Pamerkan Bidang Keahlian Industri yang Dimiliki
Apa saja cara agar brand Anda dikenal sebagai pakar dalam sebuah ulasan atau artikel?
Jawabannya: tunjukkan keahlian industri Anda melalui postingan blog, postingan media sosial, dan jenis konten lain yang Anda miliki.
Anda akan secara alami menjadi sumber rujukan untuk industri yang Anda geluti. Peningkatan peluang untuk tampil di berbagai media seperti surat pembaca juga merupakan salah satu earned media yang sukses.
Sebagai contoh, Harvard Business Review terkenal di kalangan manajemen karena sejarahnya dalam menerbitkan artikel yang menarik dan relevan tentang cara meningkatkan manajemen bisnis.
Namun, kepercayaan ini tidak dibangun dalam semalam. Anda perlu waktu bertahun-tahun untuk rutin membagikan konten berkualitas.
6. Fasilitasi Customer Relationship dengan Maksimal
Hubungan pelanggan yang kuat adalah fondasi untuk menghasilkan ulasan brand yang positif.
Ketika pelanggan memiliki pengalaman yang baik dengan perusahaan Anda, mereka cenderung membagikan cerita mereka di media sosial atau platform ulasan seperti Google Review.
Semakin kuat customer relationship atau hubungan pelanggan yang Anda ciptakan, semakin banyak peluang yang Anda miliki untuk menghasilkan cerita media yang positif. Kesadaran akan brand Anda secara organik akan semakin kuat.
Kesimpulan
Kesimpulan utamanya adalah earned media yang diperoleh dapat menjadi strategi pemasaran tambahan yang baik.
Namun karena prosesnya tidak mudah, perhatikan beberapa hal yang harus Anda lakukan.
1. Bangun hubungan dengan media
2. Jaga konten tetap menarik dan dapat dibagikan
3. Maksimalkan praktik SEO
4. Maksimalkan distribution channel
5. Pamerkan bidang keahlian industri yang dimiliki
6. Fasilitasi customer relationship dengan maksimal
Meskipun tidak ada jaminan bahwa Anda akan mendapatkan peningkatan penjualan secara langsung dari campaign Anda, earned media dapat secara signifikan meningkatkan reputasi dan loyalitas pelanggan Anda.