Table of Contents
Subscribe to Insights and Updates

3+ Cara Membuat Kalender Konten untuk Blog Perusahaan

Anda mengalami kesulitan mengatur jadwal posting untuk blog perusahaan? Membuat kalender konten bisa menjadi solusinya.

Kalender konten mendatangkan banyak manfaat bagi perusahaan, apalagi jika Anda rutin posting artikel untuk blog. Jadwal posting yang lebih terencana bisa membuat strategi konten Anda jadi lebih efektif.

Mengetahui manfaatnya yang besar, RadVoice Indonesia akan memandu Anda dalam membuat kalender konten untuk blog perusahaan dalam empat langkah sederhana.

Cara Membuat Kalender Konten untuk Blog

Sebelum membahas mengenai cara membuatnya, mari ketahui terlebih dahulu apa itu kalender konten. Mengutip dari Backlinko, kalender konten adalah jadwal tertulis mengenai kapan dan di mana Anda berencana untuk menerbitkan konten mendatang. 

Kalender ini biasanya mencakup informasi mengenai topik baru, rencana kegiatan promosi, pembaruan konten yang sudah ada, serta kapan posting akan dijadwalkan.

Jika Anda menggunakan blog untuk content marketing dalam pengembangan bisnis Anda secara online, konsistensi menjadi kunci. Di sini, kalender berperan penting agar Anda tetap rutin mengisi konten blog.

Jangan sampai Anda melakukan kesalahan saat menulis blog perusahaan, ya. Nah, berikut ini empat cara membuat kalender konten untuk blog yang bisa Anda terapkan untuk blog perusahaan.

1. Tentukan Tujuan

Hal yang paling utama dari menerapkan strategi konten, yaitu Anda perlu menentukan tujuan atau target yang ingin dicapai. 

Adapun konten kalender berfungsi sebagai alat bantu untuk penerapan strategi konten agar Anda bisa menjaga konsistensi sekaligus melacak progres.

Penetapan tujuan memiliki pengaruh besar pada kapan dan seberapa sering Anda menerbitkan konten blog. Oleh karena itu, penting bagi tim Anda untuk memiliki pemahaman yang jelas tentang tujuan blog Anda selama proses perencanaan.

Menurut Liana Technologies, menerbitkan konten tanpa tujuan yang jelas, tidak akan menguntungkan perusahaan Anda, justru malah membuang waktu dan tenaga. Orang-orang yang mengerjakan setiap item pada kalender, harus memiliki gagasan jelas tentang hasil yang diharapkan.

2. Buat Template Kalender

Setelah menentukan tujuan, Anda bisa melaju ke langkah selanjutnya, yaitu membuat template kalender. Jika Anda tidak punya ide seperti apa seharusnya tampilan kalender, tidak perlu khawatir. 

Template kalender bisa mudah ditemukan dan diunduh secara gratis di internet. Anda juga bisa membuat kalender yang sederhana dalam Google Spreadsheet, agar bisa dipantau bersama tim secara jarak jauh.

Kalender dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan tim, tetapi setidaknya harus mencakup beberapa hal. Mulai dari topik, jenis konten, tanggal dan waktu penerbitan, hingga nama orang yang akan mengerjakan konten.

3. Mulailah dengan Konten Tahunan

Anda bisa membuat kalender konten dalam batasan jangka waktu tertentu, misalnya mingguan, bulanan, triwulan, semester, hingga tahunan. Ketika Anda baru mulai membuat strategi konten, sebaiknya mulailah dengan kalender secara tahunan.

Dengan membuat kalender tahunan, Anda bisa mendapat gambaran besar tentang apa saja yang akan terjadi dalam setahun. Misalnya, kapan musim liburan terjadi, pameran dagang, seminar, ulang tahun perusahaan, dan berbagai event lainnya.

Ini tentunya akan membantu Anda menentukan jenis konten musiman yang diperlukan dalam kurun waktu setahun. Selain itu, Anda dapat memperkirakan beban kerja yang akan datang, sehingga tim Anda dapat mempersiapkannya terlebih dahulu.

4. Tambahkan Konten Sendiri

Setelah menuliskan semua tanggal penting, mulailah mengisi bagian yang kosong dengan ide konten yang relevan. Meski konten di blog terbatas pada jenis artikel, tetapi Anda bisa membuat sejumlah variasi.

Misalnya, Anda bisa membuat posting artikel terkait event tertentu. Anda juga bisa membuat posting artikel serial. Posting serial tentunya perlu perencanaan di awal dan kalender konten bisa membantu Anda untuk memantau progresnya.

Masih banyak konten lain yang bisa Anda publikasikan di blog. Mulai dari artikel wawancara pakar, press release, promosi produk, berita terkini mengenai perusahaan, dan masih banyak lagi.

Kesimpulan

Membuat kalender tidak sulit, asalkan Anda sudah memiliki perencanaan dan strategi konten yang matang. Adapun cara membuat kalender konten untuk blog perusahaan bisa dilakukan dalam empat langkah sederhana:

  1. Tentukan tujuan
  2. Buat template kalender
  3. Mulailah dengan konten tahunan
  4. Tambahkan konten sendiri

Pastikan Anda memiliki banyak ide yang relevan untuk mengisi kalender konten. Jangan lupa tambahkan variasi ke konten Anda agar tetap menarik.

Get the latest updates delivered right to your inbox!
Having a problem? Email Us: hello@radvoice.id