Table of Contents
Subscribe to Insights and Updates

3 Cara Membuat Company Profile yang Menarik

kredibilitas perusahaan

Sebagai representasi perusahaan, membuat company profile dapat menjadi cara meningkatkan brand awareness yang tentu saja akan meningkatkan kredibilitas. Lantas, apa yang ingin diketahui pelanggan atau pembaca?

Ibarat perkenalan, company profile berisi gambaran umum mengenai perusahaan atau brand yang mengenalkan produk atau jasa kepada klien, perusahaan lain, atau konsumen. Isinya dapat berupa visi misi, sejarah, board of directors, hingga liputan media. 

Company profile dapat menarik perhatian calon pelanggan terhadap perusahaan atau brand. Bahkan juga dapat menarik perhatian investor. 

Bagaimana cara membuat company profile yang menarik? RadVoice Indonesia merangkumnya dari berbagai sumber. 

Cara Membuat Company Profile

Mengapa penting membuat company profile atau profil perusahaan? Laman Hubspot menyatakan, profil perusahaan penting karena fungsinya melebihi halaman sebuah situs perusahaan atau brand. 

Salah satu alasan penting membuat company profile adalah membuat Anda berbeda dari yang lain, sehingga Anda dapat memiliki stance point untuk memberi harga lebih tinggi. Hasilnya, reputasi terbangun melalui profil tersebut. 

You can justify a higher prive point for your products and services, if you go into details about your production values or ethically-sourced materials.” 

– Hubspot

Lantas, bagaimana cara membuat company profile yang menarik dan tepat sasaran? Mari kita bahas! 

1. Tentukan Tujuan Pembuatan Company Profile

Cara membuat company profile yang pertama adalah menentukan tujuan penulisannya. Menurut laman Hubspot, tujuan penulisan perlu ditentukan agar company profile yang dibuat lebih efektif. 

… make sure that the statement aligns with what you’re trying to accomplish.” 

– Hubspot

Menentukan tujuan penulisan company profile penting agar Anda dapat mencapai tujuan tersebut. Jika company profile ditujukan untuk menarik perhatian investor, maka masukkan informasi performa bisnis, value atau nilai produk yang Anda jual, dan keuntungan perusahaan. 

Berbeda pula jika company profile ditujukan pada pembeli. Maka, Anda dapat menyertakan informasi mengenai value atau nilai produk serta misi yang dapat menjadi solusi bagi pembeli. 

Dengan menentukan tujuan, Anda akan lebih mudah menentukan format atau gaya penulisan dan desain company profile. Lalu, langkah apa selanjutnya? 

2. Ceritakan dengan Otentik

Berikutnya, cara membuat company profile yang menarik adalah menceritakannya dengan menarik. Apa saja yang menarik di perusahaan atau brand Anda? Apa unique selling point-nya? 

Untuk memulai narasi otentik dan menarik di company profile, Anda dapat memulainya dengan menulis sejarah atau latar belakang perusahaan. Laman Indeed memberi tips, yakni dengan menulis paragraf yang berisi wawasan dan motivasi pendirian perusahaan atau tulis dengan linimasa berurutan. 

Di samping itu, menceritakan latar belakang perusahaan atau brand tidaklah harus glamor atau mengunggulkan satu sisi. Namun, ramulah cerita tersebut dengan bijak. 

Laman Hubspot memberi tips juga, tuliskan latar belakang di company profile, apa yang menginspirasi Anda? Bercerita dan “be vulnerable and tell them why you started” akan menarik di pembaca yang tepat. 

Tidak lupa juga, sertakan call to action (CTA) seperti pada pembahasan berikut ini. 

3. Sertakan Call to Action (CTA)

Cara membuat company profile yang terakhir adalah menyertakan call to action atau CTA. Mengapa CTA penting? 

Pada dasarnya, CTA dapat Anda aplikasikan di komunikasi tulisan atau lisan, utamanya tulisan company profile. CTA menggunakan bahasa persuasif yang dapat menarik minat pembaca. Tentunya, CTA muncul dari riset, cara bercerita otentik, dan target audiens. Sama halnya menulis konten soft-selling dan press release, CTA dapat Anda sematkan. Caranya? 

Pertama, tentukan tujuan CTA, apa yang diinginkan pembaca setelah membaca company profile? Mengunjungi kantor atau toko, berbelanja di toko online, atau menghubungi nomor kontak?

Setelah itu, sertakan informasi kontak perusahaan atau brand Anda. Mulai dari profil media sosial, situs, nomor telepon, email dan alamat usaha. Pastikan informasi tersebut mudah diakses pembaca. 

Kesimpulan

Secara umum, membuat company profile untuk perusahaan atau brand Anda memiliki beragam manfaat. Misalnya, menjadi pembeda dengan kompetitor, menaikkan harga atau value produk dan jasa, membangun reputasi, hingga menunjukkan pertumbuhan bisnis. 

Dapat disimpulkan, membuat company profile adalah penting dengan cara sebagai berikut. 

  1. Menentukan tujuan penulisan company profile
  2. Menceritakan profil dan sejarah perusahaan secara otentik
  3. Menyertakan call to action untuk memudahkan pembaca

Itulah tiga insights cara membuat company profile. Semoga dengan tiga cara tersebut dapat memudahkan Anda menulis profil perusahaan. Semangat!

Get the latest updates delivered right to your inbox!
Having a problem? Email Us: hello@radvoice.id