Table of Contents
Subscribe to Insights and Updates

Perusahaan Butuh Media Coverage, Ini 3+ Alasannya!

3+ Alasan Perusahaan Butuh Media Coverage

Media coverage saat ini menjadi sesuatu yang penting untuk perusahaan, khususnya dalam strategi marketing.

Dilansir dari situs EWISE Communications, media coverage dapat membuat segala aktivitas dari sebuah perusahaan akan terasa penting dan brand Anda terlihat lebih kredibel.

Anda juga dapat menyebarkan pesan untuk membentuk citra perusahaan, sehingga terlihat baik di mata audiens.

Selain itu, masih banyak alasan perusahaan memerlukan media coverage untuk perkembangan bisnis seperti yang sudah dirangkum oleh RadVoice Indonesia.

Alasan Perusahaan Butuh Media Coverage

Media coverage menjadi hal penting terhadap perkembangan bisnis perusahaan. Berikut beberapa alasan perusahaan membutuhkan media coverage

1. Tingkatkan Exposure Tanpa Anggaran Besar

Alasan pertama perusahaan memerlukan media coverage adalah menekan budget marketing.

Sebuah liputan media yang tidak memerlukan biaya tambahan dapat membantu perusahaan meningkatkan exposure.

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat tersebut, sebaiknya siapkan konten yang konsisten dan menjadi perhatian banyak orang.

Untuk mendapatkan hal tersebut, sebaiknya Anda memanfaatkan channel dari perusahaan dengan baik.

Jika channel Anda terus meningkat atau menjadi viral, wartawan akan secara sukarela membuat berita terkait konten milik perusahan Anda.

Jangan ragu untuk melakukan riset terkait yang berkaitan dengan brand atau produk perusahaan Anda.

2. Bangun Kredibilitas

Mengutip techSPARK, liputan yang dilakukan media berfungsi sebagai validasi dari luar dan membantu membangun kredibilitas bisnis.

Wartawan tahu bagaimana menemukan celah dalam sebuah cerita dan dapat memilih siapa saja untuk diajak bekerja sama.

Investor memerlukan alasan untuk percaya pada bisnis Anda. Liputan media dapat memberi apa yang mereka inginkan, terutama jika Anda dapat menunjukkan pertumbuhan bisnis dari awal hingga transformasi secara nyata.

Hal ini berbeda dengan publikasi di media internal yang akan dipandang sebagai promosi dan tidak berharga.

Jika media eksternal telah memilih dan memasukkan Anda ke dalam konten mereka, ini akan membawa kepercayaan yang lebih besar untuk banyak pihak.

Perlu diingat, sebuah media tidak akan dengan mudah mengangkat berita tentang perusahaan jika tidak memiliki keunikan tersendiri.

Penting untuk Anda selalu membuat inovasi dalam perkembangan bisnis, sehingga media akan semakin tertarik mengangkat kisah perusahaan Anda.

3. Jalur Penjualan Akan Lebih Cepat

Jika Anda sudah mendapatkan coverage dari media-media yang sering dibaca oleh target pasar, jalur penjualan akan terbentuk dengan sendirinya.

Anda akan lebih mudah untuk menjangkau pangsa pasar lebih luas ketika nama perusahaan sudah sering dimuat dalam media secara positif.

Secara singkat, media coverage dapat membentuk kepercayaan dari pelanggan tanpa harus mengeluarkan anggaran yang lebih besar.

Perlu diketahui, sebuah liputan media akan lebih mudah meningkatkan penjualan dibandingkan dengan media sosial.

Sebuah artikel review produk dari media mainstream akan lebih dipercaya, sebab dianggap lebih netral dan tidak memiliki kepentingan lain.

Jangan ragu mengundang media untuk meliput produk Anda secara jujur. Pasalnya, hal ini akan membuat banyak orang lebih merasa penasaran dan tertarik

4. Raih Validasi dari Luar

Sebuah media coverage secara tidak langsung membuat perusahaan meraih validasi dari luar.

Anda dapat memanfaatkan saluran media karena seseorang atau sebuah perusahaan yang diliput akan memancing rasa penasaran audiens.

Jangan ragu untuk menyisipkan link dari media ke dalam media sosial atau melalui website perusahaan Anda.

Lakukan berbagai wawancara atau liputan dengan media secara langsung, sehingga nama perusahaan Anda akan semakin sering berada di media.

Jika media yang meliput Anda memiliki peringkat tinggi di mesin pencarian, nama perusahaan Anda secara otomatis juga akan berada di urutan teratas.

Kesimpulan

Media coverage merupakan hal penting untuk sebuah perusahaan karena berbagai manfaat berikut.

1. Tingkatkan exposure tanpa anggaran besar

2. Bangun kredibilitas

3. Jalur penjualan akan lebih cepat

4. Raih validasi dari luar

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat tersebut, mulailah membangun media relations secara individu atau lembaga. Yuk, lakukan mulai sekarang!

Get the latest updates delivered right to your inbox!
Having a problem? Email Us: hello@radvoice.id