Table of Contents
Subscribe to Insights and Updates

3 Alasan Media Relations Masih Dibutuhkan, Salah Satunya Bisa Jaga Reputasi

3 Alasan Media Relations Tetap Dibutuhkan, Salah Satunya Bisa Jaga Reputasi!

Media relations atau hubungan media ternyata masih dibutuhkan oleh praktisi PR, bahkan di era media sosial.

Buktinya, masih banyak praktisi PR yang menjalin hubungan baik dengan rekan media. Mereka kerap mengadakan berbagai acara atau sekadar mengirim press release kepada para jurnalis.

Lalu, apakah alasan media relations masih dibutuhkan di era digital? Simak selengkapnya, yuk! 

Alasan Media Relations Masih Penting di Era Media Sosial 

Jika dilihat pengertiannya, media relations merupakan sebuah hubungan kerja sama antara media atau jurnalis dan perusahaan atau organisasi tertentu untuk menyampaikan informasi ke masyarakat.

Berdasarkan pengertiannya, sebenarnya fungsi media relations dan media sosial memang tidak ada perbedaan yang terlalu jauh. 

Namun, ada beberapa kelebihan dari media relations yang mungkin tidak dapat dilakukan oleh media sosial seperti berikut ini. 

1. Meningkatkan Kredibilitas

Pemberitaan sebuah perusahaan di media massa masih menjadi alasan konsumen dalam membeli atau menggunakan suatu produk atau jasa. 

Liputan media masih menjadi salah satu tolak ukur untuk meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan publik terhadap suatu perusahaan.

Namun, perusahaan juga tidak boleh asal memilih media untuk memasarkan produk atau jasanya. Di sinilah media relations diperlukan oleh sebuah perusahaan. 

Pemilihan media yang salah mungkin akan membuat kredibilitas brand Anda turun. Jadi, pastikan Anda harus menjalin hubungan dengan media yang terpercaya.

2. Menjaga Reputasi 

Dalam sebuah perjalanan bisnis, perusahaan mungkin akan mengalami krisis yang mewajibkan adanya klarifikasi kepada publik. 

Hal ini mungkin dapat dilakukan lewat media sosial, tetapi kepercayaan publik mungkin tidak akan sepenuhnya kembali. Namun, hal ini akan berbeda jika salah satu perwakilan perusahaan memberikan pernyataan langsung melalui media massa. 

Publik mungkin akan percaya ketika perwakilan perusahaan memberikan klarifikasi langsung di depan rekan media melalui sesi tanya jawab. Dikutip dari Indeed.com, ini memang jadi salah satu fungsi penting media relations.

Semua pengusaha tidak ingin jika bisnisnya hancur hanya karena rumor yang tidak benar. Jadi, penting untuk tetap menjalin hubungan baik dengan media demi memelihara reputasi. 

3. Meningkatkan SEO 

Era digital mempermudah seseorang dalam mencari informasi terkait dengan produk atau jasa yang akan digunakan. 

Hal inilah yang membuat SEO atau Search Engine Optimization sangat penting untuk perusahaan. Sesuai dengan pengertiannya, SEO perusahaan yang baik akan memberikan efek positif terhadap sebuah brand perusahaan. 

Salah satu cara meningkatkan SEO perusahaan adalah sering diberitakan oleh media, khususnya online. Semakin banyak melakukan publikasi di media, maka semakin nama perusahaan Anda akan ditemukan melalui mesin pencarian.

Pemberitaan di sebuah media online yang berulang akan membuat nama perusahaan Anda terus berada pada mesin pencarian. 

Meskipun saat ini beberapa orang mungkin berpikir untuk mencari informasi melalui media sosial, tetapi mereka akan pindah ke mesin pencarian untuk mendapat informasi yang lebih lengkap. Sebuah website media dapat memberikan penjelasan yang lebih detail dibandingkan sosial media. 

Kesimpulan 

Media relations saat ini masih menjadi salah satu hal penting untuk pemasaran produk atau jasa dari sebuah perusahaan. Tiga alasan tersebut yakni:

  1. Meningkatkan kredibilitas 
  2. Menjaga reputasi 
  3. Meningkatkan SEO

Itu dia alasan media relations tetap dibutuhkan di era media sosial. Jadi, apakah Anda masih ragu menggunakan jasa media relations?

Get the latest updates delivered right to your inbox!
Having a problem? Email Us: hello@radvoice.id