Media kit menjadi alat penting dalam public relations yang membantu perusahaan membangun hubungan baik dengan media.
Umumnya, media kit berisi dokumen yang memuat informasi lengkap tentang perusahaan, mulai dari visi dan misi hingga perkembangan produk baru perusahaan Anda.
Melalui media kit yang lengkap, jurnalis dapat lebih mudah mengenal perusahaan Anda. Beberapa informasi dalam dokumen media kit akan membantu jurnalis menyusun berita.
Selain itu, branding perusahaan Anda pun akan terbangun dengan baik melalui dokumen yang ditampilkan.
Lantas, bagaimana menyusun media kit yang informatif untuk perusahaan Anda? RadVoice Indonesia telah merangkumnya sebagai berikut.
Menyusun Media Kit yang Informatif
Menurut Newswire, media kit memuat seluruh informasi yang relevan dengan perusahaan dan berguna untuk keperluan media.
Peralatan ini biasanya digunakan ketika perusahaan ingin menjalin kerja sama dengan media, influencer, investor, atau calon klien.
Terdapat beberapa tips penting untuk membuat media kit perusahaan Anda menjadi lebih menarik dan informatif. Berikut selengkapnya.
Baca juga: 9 Cara Membuat Press Kit yang Harus Anda Perhatikan

Informasi Baru dan Akurat
Sampaikan informasi tentang perusahaan Anda dan lengkapi dengan data yang terbaru dan akurat. Data yang salah dan usang akan memberi citra buruk pada perusahaan.
Peralatan media ini adalah dokumen yang bersifat satu arah, maka Anda perlu memastikan informasi yang disampaikan jelas dan tidak ambigu.
Salah satu tanda Anda telah menyampaikan informasi dengan tepat adalah media telah mengasosiasikan perusahaan Anda dengan topik dan nilai-nilai yang sejalan dengan perusahaan Anda.
Data Visual Beresolusi Tinggi dan Bervariasi
Foto, video, dan logo perusahaan tidak kalah penting. Anda perlu menyediakan data-data ini dengan jumlah yang cukup dan kualitas yang premium.
Hindari kesalahan-kesalahan teknis seperti logo yang terlalu kecil, foto yang blur, atau bahkan logo lama perusahaan.
Memastikan dokumen-dokumen visual dipilih dan terkirim dengan baik berarti mengurangi potensi kekeliruan di masa depan.
Desain Ramah Pembaca
Desain layout Anda memiliki peran yang krusial untuk media cetak atau elektronik.
Desain media kit mampu menentukan apakah pers akan membacanya hingga selesai atau sekilas saja.
Jika semua informasi tersebut disajikan secara serampangan, pembaca akan kesulitan dalam memahami informasi tersebut. Tidak peduli seberapa akurat dan menarik informasi di dalamnya.
Menyajikan Informasi Penting
Anda ingin menyajikan sebanyak-banyaknya informasi tentang perusahaan. Namun, banyak bukan berarti efektif.
Berikan informasi secukupnya dan pastikan informasi tersebut perlu diketahui oleh media.
Jika Anda sedang merilis produk terbaru, maka Anda juga perlu menyertakan press release terbaru dalam dokumen tersebut.
Press release berisi pernyataan resmi yang disusun secara ringkas dan informatif untuk disebarkan kepada media.
Dengan mencantumkan press release dalam media kit, Anda mempermudah media dalam menulis berita yang akurat dan sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan oleh perusahaan.
Baca juga: 3 Tips Menulis Press Release Produk, Gunakan 5W+1H!

Mencantumkan Profil-profil Individu yang Berpengaruh
Media maupun kolega baru Anda terinspirasi oleh kisah-kisah yang humanis.
Profil dan cerita tentang individu-individu suatu perusahaan dapat menjadi pemantik dalam keputusan-keputusan bisnis selanjutnya, misalnya, seperti siapa yang hendak diwawancara.
Baca juga: 5 Tips Wawancara Narasumber untuk Artikel Profil, Wajib Diperhatikan!
Tidak ada salahnya menampilkan beberapa individu yang berpengaruh dalam perusahaan, termasuk pendiri dan direktur.
Anda bisa menghadirkan sedikit latar belakang individu dan menautkannya ke dalam akun media sosial.
Kesimpulan
Media kit adalah dokumen yang penting untuk disiapkan demi memberikan informasi tentang perusahaan Anda.
Peralatan ini biasanya digunakan ketika perusahaan ingin menjalin kerja sama dengan media, influencer, investor, atau calon klien.
Selain membangun branding perusahaan, media kit juga berguna untuk menjalin hubungan baik dengan media.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat media kit adalah:
- Pastikan informasi yang dicantumkan baru dan akurat;
- Data visual beresolusi tinggi dan bervariasi;
- Desain ramah pembaca;
- Menyajikan informasi penting;
- Mencantumkan profil-profil individu yang berpengaruh.