Table of Contents
Subscribe to Insights and Updates

7 Perbedaan Press Release dan Berita, Jangan Sampai Salah!

3 Perbedaan Press Release dan Berita

Sebagai pembaca maupun penulis, tentu kita harus mengetahui perbedaan informasi yang dikonsumsi maupun yang akan dirilis. Beberapa orang masih menganggap press release dan berita itu sama. 

Sekilas, press release memang terlihat sama karena masih termasuk dalam kategori berita. Namun, siaran pers dan berita adalah dua hal yang berbeda. 

Press release dan berita memang masih berkaitan karena sama-sama memberikan informasi dan menggunakan metode jurnalistik.

Akan tetapi, ada beberapa poin yang membedakan siaran pers dan berita.

Pengertian Press Release

Press release adalah berita atau informasi yang dikirimkan perusahaan untuk memberi informasi kepada publik melalui media.

Biasanya, siaran pers akan ditangani oleh departemen hubungan masyarakat (PR) perusahaan atau lembaga.

Mengutip Investopedia, press release dikirimkan ketika terdapat sesuatu yang penting di dalam perusahaan.

Pengertian lain dari Fit Small Business, press release adalah dokumen ringkas yang menyajikan informasi yang layak diberitakan dengan gaya jurnalistik.

Jadi, penting untuk menulis press release selalu menggunakan prinsip 5W+1H ketika membuatnya.

Nantinya, humas perusahaan atau lembaga akan mengirimkan siaran pers kepada media melalui email redaksi atau secara pribadi kepada jurnalis.

Selain dikirimkan kepada jurnalis, PR perusahaan juga dapat mengunggah siaran pers melalui media sosial atau situs perusahaan.

Dilihat dari pengertiannya, press release adalah elemen penting untuk sebuah perusahaan atau lembaga.

Ada tiga alasan press release menjadi hal penting dalam pengembangan bisnis sebuah perusahaan.

Siaran pers menjadi hal penting ketika perusahaan Anda akan meluncurkan sebuah produk atau jasa perusahaan.

Ketika perusahaan atau lembaga akan mengadakan sebuah kegiatan, mereka juga membutuhkan siaran pers.

Selain itu, press release adalah sarana untuk memberikan sebuah informasi yang berhubungan dengan perusahaan atau lembaga.

Jika dilihat dari ketiga pengertian tersebut, menulis press release membutuhkan upaya ekstra hati-hati agar tidak ada kesalahan ketika disebarkan secara luas.

Bahasa yang digunakan juga harus sesuai dengan target pembaca agar dapat menarik perhatian dan mengalihkan berita miring terkait perusahaan atau lembaga.

Pengertian Berita

Beberapa orang mungkin berpikir press release adalah berita yang dipublikasikan melalui media.

Namun anggapan ini ternyata tidak tepat karena pengertian berita dan siaran pers berbeda.

Mengutip Detik.com, berita adalah informasi aktual yang menarik perhatian masyarakat.

Isi berita biasanya berupa informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat secara umum dan bersifat keseharian.

Selain itu, informasi dalam berita juga harus ditulis dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh semua pembaca.

Hindari istilah-istilah teknis yang mungkin tidak dimengerti oleh pembaca.

Sesuai dengan pengertiannya, berita harus ditulis secara aktual dan berdasarkan fakta.

Untuk mendapatkan fakta tersebut, berita harus didukung dengan sebuah wawancara dengan narasumber yang kredibel.

Jika berita terkait isu politik, Anda harus mewawancarai narasumber dari kalangan politikus yang kredibel.

Jangan ragu untuk selalu mewawancara orang-orang yang akan menunjang berita Anda agar lebih kredibel.

Perlu diketahui, saat ini sudah banyak berita bohong atau hoax yang tersebar. Anda harus tetap mempertahankan kredibilitas tulisan yang dipublikasikan secara luas.

Tak hanya itu, jika Anda menulis berita terkait dengan bisnis dan ekonomi, ini juga harus disertai dengan data pendukung berupa angka.

Hal ini tidak hanya menarik perhatian, tetapi juga membangun kepercayaan dari pembaca.

Semakin lengkap data yang diberikan, kepercayaan pembaca pun akan terbentuk dan terus membaca berita dari media Anda.

Sesuai dengan kaidah jurnalistik, sebuah berita harus dilengkapi dengan lokasi, waktu, serta kronologi sebuah kejadian agar pembaca dapat memahami informasi yang disampaikan.

Berita harus disampaikan secara objektif tanpa melibatkan opini yang dapat memberikan pengaruh pada pembaca.

Terakhir, Anda tetap harus memperhatikan ejaan bahasa Indonesia yang benar ketika menulis sebuah berita agar dipercaya oleh para pembaca.

Perbedaan Press Release dan Berita

Walaupun memiliki banyak kesamaan, press release dan berita ternyata memiliki perbedaan yang sangat kentara. Berikut beberapa perbedaannya.

1. Pembuat

Dikutip dari jurnal Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM), siaran pers merupakan salah satu berita atau informasi yang dibuat oleh humas dalam perusahaan maupun organisasi.

Nantinya, berita tersebut akan disampaikan kepada pengelola redaksi untuk akhirnya dipublikasikan.

Berbeda dengan press release, berita dibuat oleh wartawan dan mengutamakan fakta.

Tidak hanya itu, berita yang diproduksi oleh wartawan kemudian juga akan mengalami proses editing di bagian redaksi sebelum akhirnya dipublikasikan sesuai dengan prosedur media tersebut.

2. Sumber

Dalam proses pembuatannya, siaran pers mendapatkan sumber berita melalui perusahaan yang bersangkutan.

Biasanya, kegiatan yang dilakukan tersebut berupa iklan maupun soft selling seperti launching produk dan press conference. Penulis press release nantinya akan membuat berita terkait kegiatan yang diselenggarakan.

Dikutip dari Warta Ekonomi, siaran pers umumnya hanya berisi satu sampai dua halaman saja. Perusahaan nantinya hanya perlu memberikan informasi yang cukup, sehingga tim humas memiliki bahan untuk dipublikasikan.

Sedangkan, sumber informasi dari suatu berita bisa didapatkan dari mana saja. Bisa dari peristiwa terkini maupun sumber-sumber lainnya.

3. Goal Berita

Perbedaan tujuan merupakan poin yang sangat membedakan antara press release dan berita.

Tujuan utama siaran pers adalah untuk bisnis, sedangkan berita untuk informasi.

Dikutip dari Kompas.com, press release yang dibagikan oleh perusahaan maupun organisasi berisi informasi yang berfokus pada keuntungan dan pencapaian perusahaan. Ini dapat menarik perhatian banyak orang terhadap perusahaan tersebut.

Dalam pandangan sebuah perusahaan, siaran pers merupakan cara yang efektif dan efisien untuk branding produk barang maupun jasa yang ditawarkan.

Berita memiliki tujuan yang berbeda: memberikan informasi kepada seluruh kalangan masyarakat mengenai peristiwa maupun fenomena yang terjadi secara objektif. Hal tersebut tentu dapat dijadikan panduan maupun sarana pembelajaran bagi masyarakat.

4. Konten  

Perbedaan pertama adalah konten dari siaran pers dan berita.

Konten sebuah siaran pers lebih fokus untuk promosi brand atau produk, sementara berita lebih objektif.

Informasi dalam sebuah press release sifatnya untuk promosi, sedangkan berita membahas isu terkini.

Sebuah artikel berita juga harus dibuat dengan cepat ketika terdapat peristiwa hangat di masyarakat. 

Biasanya, seorang jurnalis akan membuat berita secara terus-menerus jika terjadi sebuah peristiwa besar di masyarakat. 

5. Jenis Narasumber  

Jenis narasumber dari siaran pers dan berita juga memiliki perbedaan.

Press release perusahaan biasanya mengutip perusahaan atau pihak-pihak yang pro-perusahaan. 

Nantinya, mereka hanya akan memberikan komentar positif terkait produk atau perusahaan.

Hal ini berbeda dengan artikel berita. Sumber berita dapat didapat dari mana saja, termasuk pengamat dan pihak-pihak yang terdampak.

Selain itu, berita juga harus memenuhi kaidah jurnalistik dalam hal penulisannya. Riset perlu dilakukan.

Jika Anda ingin menulis artikel tentang isu kesehatan yang sedang beredar di masyarakat, sebaiknya Anda cantumkan penjelasan dari dokter. 

Sementara, press release hanya perlu mencantumkan kutipan dari perwakilan perusahaan atau brand ambassador dari produk tersebut. 

6. Keberimbangan 

Perbedaan lain dari siaran pers dan berita adalah keberimbangannya.

Press release hanya menulis dari satu sisi, sementara berita bisa mengulas sisi positif dan negatif di satu artikel.

Dalam jurnal Universitas Diponegoro dijelaskan, keberimbangan berita adalah berita yang menampilkan semua sisi, tidak menghilangkan dan menyeleksi sisi tertentu untuk diberitakan.

Sebuah berita dibuat untuk menginformasikan terkait isu terkini yang terkait dengan masyarakat secara luas, sehingga harus dibuat dengan berimbang.

Berbeda dengan press release yang bertujuan untuk promosi. Siaran pers hanya menjelaskan hal positif terkait sebuah brand atau produk dari perusahaan. 

7. Publikasi  

Perbedaan lain dari press release dan berita adalah media publikasinya.

Sebuah press release dapat dipublikasikan melalui website perusahaan, sementara berita dipublikasikan melalui media massa.

Selain itu, berita juga harus melalui berbagai jenis tahapan sebelum ditayangkan.

Artikel berita yang ditulis reporter harus diserahkan kepada editor sebelum akhirnya diterbitkan untuk dibaca oleh masyarakat.

Kesimpulan

Secara umum, ada tujuh hal yang membedakan antara press release dan berita.

  1. Pembuat
  2. Sumber
  3. Goal berita
  4. Konten
  5. Jenis narasumber
  6. Keberimbangan
  7. Publikasi

Secara umum, press release berisi informasi terkait produk yang akan dipasarkan oleh suatu perusahaan. Dalam pandangan sebuah perusahaan, siaran pers merupakan cara yang efektif dan efisien untuk branding produk barang maupun jasa yang ditawarkan. 

Oleh karena itu, Anda sebagai pemilik bisnis harus berusaha agar press release yang dibuat dapat dimuat di media massa.

Setelah membaca perbedaan antara press release dan berita, Anda pasti jadi lebih tahu perbedaan yang mendasar antara keduanya. Jangan sampai salah, ya!

Get the latest updates delivered right to your inbox!
Having a problem? Email Us: hello@radvoice.id