Sekretaris perusahaan (corporate secretary/ corsec) berperan penting dalam menjaga reputasi perusahaan dengan para pemangku kepentingan.
Salah satu sosok yang menekuni peran ini adalah Exist In Exist, corsec di emiten sektor perunggasan PT Widodo Makmur Perkasa Tbk (WMPP).
Memiliki latar belakang di media memberi Exist keunggulan dalam membangun komunikasi yang transparan dan efektif.
Tapi, Exist mengakui, tantangan terbesar baginya kini adalah menjaga hubungan tersebut, terlebih khusus dengan manajemen dan publik. Menurutnya, hubungan yang kuat inilah yang menjadi dasar terciptanya citra positif perusahaan.
“Saya selalu berprinsip bahwa citra positif perusahaan seperti pohon yang tumbuh sehat karena dirawat dengan baik,” ujar Exist yang sempat menjadi jurnalis di CNBC TV selama empat tahun.
Melalui cerita Exist, RadVoice Indonesia mengajak pembaca memahami dan mendalami strategi corsec dalam menjaga reputasi perusahaan dengan publik.
Awal Karir Exist in Exist Menjadi Corsec
Exist In Exist memulai kariernya di WMPP sebagai corporate communication (corcomm).
Beralih dari dunia media ke korporat, Exist merasa kembali seperti fresh graduate yang baru pertama kali bekerja.
Setelah bertahun-tahun berada di posisi ‘pengejar berita’ yang menuntut kecepatan dan spontanitas, ia harus beralih menjadi ‘penyusun strategi komunikasi‘ yang lebih terencana, terstruktur, dan fokus pada membangun citra perusahaan secara berkelanjutan.
“Salah satu hal pertama yang saya pelajari pertama adalah fungsi corcomm dalam perusahaan, yaitu sebagai jembatan komunikasi antara perusahaan dan publik,” tutur Exist.

Setahun kemudian, pada 2023, ia mendapat peluang mengisi posisi corsec yang sedang kosong.
“Lagi-lagi, saya ditantang untuk belajar secara otodidak dan cepat untuk menjalani peran dan fungsi baru yang tentunya masih terkait dengan dunia komunikasi,” kata Exist.
Peran Corsec Hadapi Isu Negatif Perusahaan
Corsec mengambil andil banyak dalam menjalani strategi komunikasi perusahaan. Tidak terkecuali ketika bisnis diterpa isu negatif.
Saat perusahaan menjadi pusat pembicaraan negatif, publik akan membentuk persepsi yang dapat memengaruhi reputasi perusahaan di masa depan.

Menurut Exist, upaya mengeluarkan klarifikasi tergesa-gesa justru menjadi bumerang di tengah menurunnya isu negatif perusahaan.
“Corsec harus bisa memanfaatkan waktu untuk mendengar, mengamati dan menganalisis jenis isu atau krisis yang dihadapi perusahaan,” tuturnya.
Perusahaan perlu mengamati seperti apa sudut pandang dari manajemen sekaligus mendengar apa yang publik ingin ketahui. Dari sana, corsec memberi masukan kepada direksi terkait langkah respons yang sebaiknya diambil melalui kanal komunikasi yang ada, termasuk media.
“Tujuan dari respons ini bukan langsung memulihkan kepercayaan publik, melainkan menjaga transparansi dan menunjukkan upaya terbaik perusahaan dalam menangani masalah,” kata Exist.
Bagi Exist, corsec berperan sebagai ‘pembantu’ manajemen untuk menata perusahaan dari dalam, sambil terus bekerja sama dengan berbagai pihak serta mematuhi regulasi.
“Saya percaya kepercayaan publik akan meningkat dengan sendirinya ketika perusahaan bisa menunjukkan perbaikan yang nyata,” ungkap Exist.
Tips Menjaga Reputasi Perusahaan
Sebelum menjalin hubungan antara perusahaan dengan publik, corsec perlu membangun komunikasi yang solid dengan manajemen dan seluruh organisasi.
“Sebagai corsec, hubungan dengan manajemen yang baik seharusnya tidak bisa bersifat pasif dan satu arah,” terang Exist.
Keterbukaan informasi menjadi kunci dalam membangun kepercayaan publik dan pemegang saham, termasuk upaya yang sedang maupun akan dilakukan perusahaan untuk mencapai visinya.

Corsec juga dituntut mengoptimalkan saluran komunikasi internal seperti situs web dan sosial media perusahaan, serta membangun hubungan dengan media untuk menyebarkan pencapaian.
“Saya berusaha agar citra perusahaan terlihat baik dari luar, tetapi mendorong perusahaan agar dapat terus berkembang untuk mencapai visinya dan berdampak positif bagi karyawan dan publik,” kata Exist.
Dengan begitu, Exist menekankan, citra positif perusahaan dapat terbentuk secara alami dan bertahan dalam jangka panjang.
Baca Juga: Peran Komunikasi Publik Humas LPSK Alfaddillah
Kesimpulan
Corsec menjadi garda terdepan dalam menjaga reputasi perusahaan dengan para pemangku kepentingan.
Exist in Exist menjelaskan, corsec perlu membangun komunikasi yang solid dengan manajemen dan seluruh organisasi.
Corsec juga dituntut mengoptimalkan saluran komunikasi internal seperti situs web dan sosial media perusahaan, serta menggandeng media untuk menyebarkan pencapaian.
Wawancara dengan Exist dilakukan pada Kamis, 28 Agustus 2025. Percakapan ini telah diedit agar lebih ringkas.