Ketika melakukan optimasi SEO, meta description menjadi salah satu poin penting.
Biasanya, deskripsi meta akan muncul ketika website Anda berada di mesin pencarian.
Jadi, penting bagi para penulis untuk selalu memasukkan keyword pada meta description agar artikel dapat terbaca oleh mesin pencarian.
Nah, untuk mengetahui lebih dalam tentang deskripsi meta yang SEO-friendly, RadVoice Indonesia telah merangkumnya dalam artikel berikut ini.
Pengertian Meta Description
Mengutip moz.com, meta description adalah elemen HTML yang merangkum konten halaman web secara singkat.
Deskripsi singkat ini muncul di halaman hasil mesin pencari atau search engine results page (SERP) di bawah judul halaman dan URL.
Ini dapat memengaruhi click-through rate (CTR). Artinya, salah satu tag HTML ini dapat memengaruhi apakah pengguna memutuskan untuk mengunjungi halaman Anda atau sebaliknya.
Jika lebih banyak orang mengklik artikel yang Anda sediakan berdasarkan meta description yang ditampilkan, Google menganggap web Anda memberikan hasil yang baik berdasarkan posisi.
Pada akhirnya, peringkat situs Anda akan meningkatkan di hasil pencarian Google.
1. Bukan Faktor Peringkat SEO
Berbeda dengan judul halaman, deskripsi meta bukanlah faktor peringkat SEO.
Meta description adalah sarana untuk menarik pembaca untuk mengklik website Anda sehingga menjadi on-page SEO yang efektif.
2. Jadi Pertimbangan
Penting untuk para content writer agar selalu memperhatikan penulisan setiap kata pada deskripsi meta.
Pastikan Anda telah merangkum semua yang diinginkan pengguna ketika mereka ingin mencari sebuah informasi.
Nantinya, pembaca akan menimbang artikel mana yang akan mereka klik.
Jadi, pastikan Anda selalu menulis deskripsi meta secara hati-hati dan sesuai dengan pencarian pembaca.
Cara Membuat Meta Description SEO-Friendly
Berikut adalah beberapa poin penting dari cara membuat meta description SEO-friendly seperti dikutip dari Yoast.
1. Perhatikan Jumlah Karakter
Dalam membuat meta description SEO-friendly, tidak ada jumlah karakter maksimum yang pasti.
Namun, beberapa plugin SEO menyediakan kolom dengan sekitar 120-156 karakter.
Ketika menulisnya, Anda harus merangkai karakter menjadi sebuah kalimat efektif yang mewakili isi artikel.
Jumlah karakter memang penting, tetapi Anda tetap harus memperhatikan pesan yang ingin disampaikan.
Anda harus mengambil sudut pandang yang cukup mewakili keseluruhan isi, tetapi pesan juga harus pendek dan tajam.
Deskripsi meta bisa menjadi pertimbangan utama seseorang ketika ingin mengklik situs Anda.
2. Tambahkan Deskripsi Singkat
Jika Anda memiliki produk atau jasa yang ditujukan untuk para pelanggan tertentu, maka ada baiknya Anda berfokus pada deskripsi singkat atau spesifikasi teknis.
Anda bisa mencantumkan, kandungan, harga, pabrikan, atau hal penting lainnya.
Jika pengunjung secara khusus mencari produk atau jasa tersebut, kemungkinan besar Anda tidak perlu meyakinkan mereka.
Apa yang mereka cari sudah Anda sebutkan, meskipun hanya dalam beberapa kata yang mewakili. Pastikan juga deskripsi ini unik.
3. Sesuai dengan Konten
Ini adalah salah satu hal penting dalam membuat meta description SEO-friendly.
Google akan mengetahui apakah Anda menggunakan deskripsi meta yang relevan dengan isi konten atau tidak.
Jika deskripsi meta menyesatkan pembaca, ini bisa meningkatkan bounce rate dan berujung menurunkan kepercayaan audiens terhadap situs Anda.
4. Sertakan Keyword
Jika kata kunci pencarian cocok dengan bagian teks dalam meta description, Google akan lebih menyorotnya di hasil pencarian.
Ini akan lebih mengundang pembaca mampir ke situs Anda.
Pada bagian ini, Anda tetap harus berhati-hati jangan sampai melakukan spam keyword karena akan membuat pengguna mengklik tombol ‘Back’.
Biasanya, artikel yang melakukan spam keyword memiliki isi yang tidak relevan dengan deskripsi meta di awal.
5. Spesifik dan Relevan
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, meta description merupakan pertimbangan pembaca untuk mengunjungi situs Anda, sehingga penting untuk memiliki kalimat yang spesifik dan relevan.
Pastikan Anda tidak menggunakan kalimat yang bersifat umum ketika menulis deskripsi meta.
Jangan ragu untuk menulis spoiler tentang tulisan Anda dalam meta description.
Hal ini sangat disarankan, sehingga lebih banyak pengguna semakin tertarik mengakses situs Anda.
6. Berikan Solusi atau Manfaat
Mengutip Sirclo, meta description harus memiliki unsur manfaat atau solusi yang dicari oleh seseorang.
Internet menjadi sarana seseorang mencari informasi maupun solusi.
Jadi, penting untuk Anda selalu menonjolkan manfaat atau solusi di setiap artikel.
Sebuah cuplikan artikel yang sudah menggambarkan isi yang bermanfaat semakin menarik perhatian pembaca.
Kesimpulan
Meta description SEO-friendly tidak berdampak terhadap peringkat secara langsung.
Akan tetapi, elemen ini bisa mendorong pengguna untuk membaca artikel Anda.
Berikut adalah beberapa cara membuat meta description yang tepat.
- Perhatikan jumlah karakter
- Tambahkan deskripsi singkat
- Sesuai dengan konten
- Sertakan keyword
- Spesifik dan relevan
- Berikan solusi atau manfaat
Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan sebagai bagian dari optimasi SEO.
Jika keenam cara membuat deskripsi meta di atas telah dilakukan dengan benar, bukan tidak mungkin peringkat situs Anda akan meningkat di situs pencarian.
Asalkan Anda telah mengikuti aturan-aturan seperti daftar di atas, artikel Anda pun akan dilirik oleh pengguna.