Sebagai managing editor atau redaktur pelaksana Auto Jago Indonesia, Iqbal Zakky memiliki visi menyajikan konten otomotif yang berbeda dari media lainnya.
Kontennya fokus tentang kendaraan roda empat, kendaraan niaga, dan isu-isu makro mengenai industri otomotif Indonesia.
Berbagai konten otomotif yang ia liput di antaranya infrastruktur kendaraan listrik, laju penjualan mobil, serta multifinance untuk pembiayaan pembelian kendaraan.
Bagaimana Iqbal Zakky Menyajikan Konten Otomotif
RadVoice Indonesia mewawancarai Iqbal untuk menggali lebih dalam bagaimana Iqbal dan timnya menghadirkan konten otomotif yang informatif bagi pembaca.
Apa yang menginspirasi Anda mendirikan Auto Jago?
“Autojago.com lahir dari keresahan saya dan beberapa rekan bisnis saya dalam melihat industri media otomotif Indonesia yang mulai saturated.
“Kami ingin menjadi jembatan untuk konsumen menemukan informasi yang valid dan terpercaya sebelum mereka memutuskan membeli kendaraan, serta membantu menyampaikan saran dan keluhan kepada brand otomotif melalui cara yang elegan.
“Perbedaan kami akan sangat terasa saat Anda membuka situs Auto Jago. Kami mendobrak norma layout kanal berita dengan menghadirkan tampilan website yang lebih modern, unik, dan menarik.
“Kami juga ingin pembaca bisa menikmati konten tanpa diinterupsi iklan dengan sengaja mematikan Google AdSense.
“Meski berisiko kehilangan salah satu sumber pemasukan, kami menyediakan inventori iklan yang terbatas namun seamless di dalam website kami.”
Bagaimana dengan pembuatan konten otomotif di media sosial?
“Di media sosial, kami juga sangat eksploratif dan suka bereksperimen.
“Selain menyajikan konten-konten berita, kami memiliki beberapa konten signature ala Auto Jago.
“Kami selalu memberikan ruang untuk teman-teman brand berkontribusi dalam konten kami sebagai narasumber, pembicara, atau bahkan talent. Tujuan kami simpel: memanusiakan brand.
“Di TikTok kami juga sedang menggarap konten Vox Populi, yakni menanyakan pendapat orang-orang mengenai suatu isu atau produk secara langsung di jalanan.
“Insight ini tidak bisa didapatkan cuma-cuma bagi brand, mereka biasanya harus merogoh kantong cukup dalam untuk membayar hasil survei. Namun di Auto Jago mereka bisa melihatnya secara langsung.
“Untuk konten ulasan mobil, kami juga mengambil pendekatan yang berbeda.
“Sudah banyak media otomotif yang menjelaskan ulasan mobil secara teknis dan mendetail. Kami sedang menggodok beberapa video based on storytelling dengan menyajikan penjelasan fitur yang mudah dimengerti dan angle kamera yang cinematic untuk memanjakan penonton.
Sebagai editor, bagaimana Anda memfilter kualitas konten otomotif dari staf redaksi?
“Berlatar belakang sebagai digital marketer membuat saya lebih percaya terhadap data.
“Kami selalu mencoba melihat artikel mana saja yang banyak dibaca dan melihat struktur penulisannya.
“Kami juga sering bertemu teman-teman dari brand otomotif untuk menyelaraskan pandangan soal ekspektasi artikel yang mereka harapkan.
“Dari sana, kita bisa melihat irisan atau sweet spot untuk tim redaksi mengolah tulisan mereka.
“Jika berbicara soal filtrasi, sudah pasti news value menjadi acuan utama melihat hasil tulisan tim.
“Saya selalu menanyakan ke mereka: apakah berita ini layak mendapat tag news atau dipublikasi di kanal press release saja?
“Jika tulisan layak masuk ke tag news, maka saya tidak ragu mempublikasikannya. Namun jika masih ada keraguan, maka kami akan membahas lebih lanjut atau improvement apa yang bisa dilakukan.”
Apa saja tanggung jawab Anda di Auto Jago?
“Saya bertanggung jawab atas semua konten otomotif yang dipublikasikan di website dan media sosial.
“Saat ini tim redaksi sudah matang, sehingga saya lebih fokus menangani konten di media sosial. Karakteristik Auto Jago ini yang sedang berusaha saya bangun di media sosial melalui konten-kontennya yang variatif.
“Selain melakukan filtrasi artikel, saya juga menulis satu artikel opini per minggu sebagai cara memberikan statement dalam suatu isu, yang jarang kami lihat di media-media lain.
“Kami juga memberi ruang bagi publik untuk memberikan opini mereka dengan cara yang sama.
“Kecuali untuk permintaan khusus dan pribadi, saya jarang sekali datang ke acara peluncuran mobil atau ajang uji coba. Saya lebih banyak memberikan kesempatan itu untuk tim.”
Apakah tantangan terbesar Anda menjalankan media online, khususnya ketika membahas beberapa isu segmented?
“Sebagai media online yang baru saja berdiri, tentu keberlangsungan bisnis menjadi tantangan utama.
“Kami sedang menikmati waktu membangun identitas dan ciri khas untuk melahirkan pengunjung dan pembaca loyal.
“Kami mendapat respons positif dari publik dengan tingginya kunjungan ke website (5.000 visitor per bulan selama tiga bulan kami berdiri) dan perkembangan media sosial yang di atas ekspektasi (2.000 followers).
“Selain itu, sambutan positif juga datang dari banyak brand otomotif yang merasa ada angin segar dari industri media otomotif.
Bagaimana PR agency maupun press release membantu proses peliputan Anda di redaksi?
“Kami selalu memandang mereka sebagai partner kami. PR agency adalah perpanjangan tangan yang berperan penting menjadi jembatan kami dengan brand.
“Tentu kami juga membangun relasi langsung dengan brand, tapi kami selalu menghormati posisi sebagai media untuk berkonsultasi dengan PR agency terlebih dahulu sebelum ke brand.
“Press release adalah medium komunikasi formal yang sangat membantu kami dalam menelurkan konten.
“Meski tidak semua press release layak dipublikasikan, setidaknya itu membantu proses peliputan menjadi lebih mudah dan menjadi bukti konkret komunikasi antara PR agency dan brand dengan kami sebagai media.
Ingin mengirim press release yang menarik perhatian media? Hubungi RadVoice sekarang.
Apa harapan Anda bagi Auto Jago?
“Dengan meningkatnya pengguna media sosial, banyak sekali homeless media yang kini bermunculan.
“Kami percaya kredibilitas menjadi kunci keberhasilan media. Oleh karena itu, sejak awal landasan redaksi kami memang berteguh hati untuk selalu menciptakan konten sendiri berdasarkan data, fakta, dan informasi valid dari narasumber terpercaya.
Kesimpulan
Di bawah kepemimpinan Iqbal, Auto Jago Indonesia tumbuh menjadi salah satu situs yang memuat konten otomotif terpercaya di Indonesia.
Namun tak hanya fokus menyajikan konten otomotif yang informatif, ia juga mendorong timnya untuk terus berinovasi menghadirkan perspektif baru yang kreatif dan relevan bagi pembaca.
Wawancara dengan Iqbal Zakky dilakukan pada Kamis, 22 Oktober 2024. Percakapan ini telah diedit agar lebih ringkas.