Table of Contents
Subscribe to Insights and Updates

3 Manfaat Keyword untuk Tulisan dan Bisnis

mesin pencari

Kata keyword tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda yang berprofesi sebagai blogger maupun copywriter. Keyword atau kata kunci memiliki dampak yang sangat besar terhadap artikel yang ditulis.

Namun penggunaan kata kunci perlu dipelajari. Tidak ada salahnya menguasai kata kunci karena ini adalah ilmu jangka panjang bagi keberlangsungan situs Anda.

Apa itu Keyword?

Dalam SEO, kata kunci merupakan kata-kata atau kalimat yang dicari untuk menemukan informasi.

Dikutip dari Moz, keyword adalah kata kunci yang dapat menentukan isi konten Anda. Kata kunci memiliki peranan penting karena merupakan kunci utama antara apa yang dicari audiens dan apa yang Anda sediakan.

Manfaat Keyword untuk Tulisan dan Bisnis

Tidak hanya itu, keyword juga memberikan banyak manfaat bagi tulisan maupun bisnis yang dibangun. Berikut beberapa manfaat dari kata kunci untuk tulisan dan bisnis.

1. Memungkinkan Artikel Tampil di Halaman Atas Pencarian

Dikutip dari Kompas.com, browser dilengkapi dengan search engine atau mesin pencari. Oleh karena itu, browser memungkinkan penggunanya untuk mencari apapun dari sebuah kata kunci. 

Mesin pencari memiliki algoritma yang cerdas. Mereka secara otomatis memberikan peringkat halaman berdasarkan pengoptimalan kata kunci. Menggunakan peringkat keyword yang sering dicari di mesin pencari, misalnya Google, dapat membantu Anda dalam mengoptimalkan konten yang dibuat.

Langkah yang harus dilakukan tentu dengan menggunakan kata kunci tersebut dalam konten yang dibuat. Semakin banyak keyword yang Anda masukkan dalam tulisan, maka akan semakin tinggi kemungkinan tulisan yang dibuat masuk di halaman atas pencarian. 

Namun, jangan hanya karena semakin banyak semakin baik Anda lantas asal meletakkan kata kunci. Jika Anda asal menempatkan, bisa jadi konten Anda dinilai spamming oleh mesin pencari. Dalam SEO, Anda perlu memastikan keyword density alias jumlah kata kunci di dalam artikel sebanyak 1-2,5% dari jumlah kata keseluruhan.

Itupun Anda harus meletakkannya dengan mulus. Ingat, mesin pencari sekarang sudah sangat cerdas. Mereka akan lebih memilih konten artikel yang dibuat untuk manusia, bukan yang dibuat asal terdapat banyak kata kunci.

Untuk membuat konten artikel untuk manusia, Anda harus membuatnya berkualitas. Tulisan berkualitas selalu bertahan di halaman pencarian. Salah satu ciri artikel berkualitas yaitu mudah dimengerti.

2. Konten yang Lebih Terfokus

Menggunakan kata kunci dapat membantu Anda untuk menentukan topik yang ingin dibuat. Anda tidak perlu berpikir banyak dalam memilih ide konten. Keyword juga membantu mengarahkan ingin dibawa ke arah mana suatu konten yang ingin dipublikasikan. 

Anda membutuhkan konten yang lebih spesifik agar menarik perhatian pembaca. Tanpa menggunakan kata kunci, Anda akan kesulitan untuk memfokuskan konten yang dibuat.

3. Menganalisis Kompetitor

Sebagai penulis maupun pebisnis, Anda tentunya akan bersaing dengan banyak kompetitor. Hal yang harus dilakukan adalah mengetahui siapa-siapa saja kompetitor dan apa langkah-langkah yang mereka gunakan.

Dikutip dari Katadata.co.id, ada tiga jenis kompetitor, yakni kompetitor utama, sekunder, dan tersier. 

Kompetitor utama adalah mereka yang mempunyai produk dan target pasar yang sama. Kompetitor sekunder yaitu produk yang sama, tapi target pasar yang berbeda. Terakhir, kompetitor tersier yaitu mereka yang secara tidak langsung ikut bersaing dengan produk Anda.

Salah satu lagi keuntungan menggunakan kata kunci yaitu kita bisa mengetahui kata kunci yang digunakan oleh kompetitor dengan melakukan keyword research. Dengan adanya penilaian kata kunci yang digunakan kompetitor, kita bisa mengetahui strategi yang mereka gunakan sehingga kita bisa bersaing dengannya. 

Anda bisa menganalisis kelebihan kompetitor, kekurangan, apa yang bisa diambil dari kelebihan mereka, dan apa yang bisa ditambahkan dari kekurangan kompetitor tersebut. Dengan mengetahui banyak hal dari kompetitor Anda jadi lebih tau strategi yang akan dibuat.

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mencari tahu keyword yang digunakan dalam website kompetitor yang bisa diterapkan dalam website Anda. Berbekal pemahaman tersebut, Anda akan lebih siap memasuki “medan perang” dengan kompetitor untuk meraih tempat di halaman terdepan Google.

Kesimpulan

Kata kunci ternyata memiliki peranan yang sangat penting dalam membuat konten. Tidak hanya mencari kata kunci, penggunanya juga mendapatkan informasi-informasi penting yang bisa membuat konten Anda dilirik. Berikut beberapa manfaat keyword yaitu:

  1. Memungkinkan artikel muncul di halaman atas pencarian
  2. Konten yang terfokus
  3. Menganalisis kompetitor

Itulah beberapa manfaat keyword untuk tulisan dan bisnis. Dengan mengoptimalkan penggunaan kata kunci dalam konten artikel, Anda bisa meningkatkan jumlah pengunjung ke situs bisnis Anda. Buatlah konten yang berkualitas agar website Anda memiliki tempat di mata audiens. Selamat mencoba!

Get the latest updates delivered right to your inbox!
Having a problem? Email Us: hello@radvoice.id