Di era digital, copywriting menjadi penting untuk memasarkan sebuah produk. Perusahaan yang menerapkan sistem B2C (business-to-consumer) akan memerlukan jasa copywriting untuk memperkenalkan produk atau jasanya.
Sayangnya, tidak semua copywriting berhasil maupun efektif dalam memasarkan produk atau jasa sebuah perusahaan. Jika hal ini terjadi, Anda mungkin melupakan beberapa faktor penting dalam proses penulisan.
Tips Membuat Copywriting yang Efektif
Penulisan copywriting yang efektif perlu memperhatikan tiga hal berikut ini.
1. Analisis Kompetitor
Menganalisis kompetitor menjadi hal penting jika Anda ingin artikel terkait produk atau jasa Anda menarik.
Anda harus melihat apa keunikan dari produk Anda dibanding dengan kompetitor.
Lakukan analisis secara menyeluruh. Mulai dari produk hingga cara pemasaran dari kompetitor harus dipelajari dengan baik.
Membeli atau menggunakan produk atau jasa dari kompetitor bisa memudahkan dalam mencari kekurangan dari pesaing perusahaan Anda.
Jika sudah mengetahuinya, Anda dapat dengan mudah menjual barang sesuai dengan kelebihan yang dimiliki perusahaan Anda.
Nantinya, proses copywriting akan lebih mudah dan hasilnya dijamin lebih efektif.
2. Kenali Audiens
Kenali audiens menjadi hal penting berikutnya dalam copywriting. Jangan sampai, artikel yang ditulis tidak ada yang membaca dan kelebihan produk tidak tersampaikan dengan baik.
Artikel yang tidak dibaca mungkin akan menjadi cost tambahan bagi sebuah perusahaan. Jadi, pastikan ide penulisan seorang copywriter memang sudah sesuai dengan target audiens sebuah perusahaan, ya.
Cara mengenali audiens terbilang cukup mudah, lho. Anda hanya perlu melakukan survei kecil-kecilan untuk menarik data terkait audiens.
Setelahnya, susun profil demografis pelanggan sebelum Anda dapat beriklan di tempat terbaik untuk menemukan target serupa yang mungkin menjadi prospek.
Jika usaha Anda masih kecil, Anda dapat memanfaatkan keterampilan komunikasi dengan memanfaatkan media sosial secara gratis. Misalnya, memanfaatkan fitur yang ada di medsos secara gratis untuk menarik data terkait pembeli produk atau jasa dari perusahaan Anda.
3. Jangan Memberi Terlalu Banyak Informasi
Faktor penting lain jika ingin copywriting efektif adalah jangan menaruh terlalu banyak informasi. Apabila informasi disajikan terlalu banyak, itu tidak akan mengundang rasa penasaran para pembaca.
Lebih dari itu, dikutip dari Neilpatel.com, copywriting yang terlalu panjang bisa membuat orang terganggu. Mereka lebih menyukai penulisan yang singkat dan padat. Ingat, salah satu perbedaan copywriting vs content writing yakni copywriting lebih singkat ketimbang content writing.
Kalimat-kalimat pertanyaan bisa jadi pilihan Anda untuk mengundang rasa penasaran pembaca terkait dengan artikel yang ditulis. Call to Action menjadi salah satu hal penting dalam penulisan sebuah artikel pemasaran.
Semakin banyak audiens yang membaca tulisan Anda, maka kemungkinan produk terjual semakin tinggi. Rasa penasaran pelanggan bisa jadi awal mula audiens menggunakan produk atau jasa Anda.
4. Gunakan Bahasa Sederhana
Hal lain yang perlu diperhatikan dalam penulisan copy adalah gaya bahasa. Anda wajib menggunakan bahasa yang sederhana untuk menjelaskan informasi terkait produk atau jasa dari perusahaan Anda.
Jangan sampai, calon pembeli Anda “kabur” karena bahasa yang Anda gunakan terlalu rumit. Ketika menulis artikel, posisikan diri Anda sebagai pembaca.
Kesimpulan
Copywriting yang efektif perlu memerhatikan empat hal penting berikut:
- Menganalisis produk dari kompetitor
- Kenali audiens
- Jangan memberi terlalu banyak informasi
- Gunakan bahasa sederhana
Itulah hal yang perlu diperhatikan agar penulisan efektif dan produk atau jasa perusahaan Anda menjangkau audiens yang tepat. Yuk, terapkan mulai sekarang!