Brand exposure merupakan hal penting ketika Anda sedang mengelola sebuah usaha.
Secara pengertian, brand exposure adalah tindakan yang dilakukan sebuah perusahaan agar merek mereka dapat lebih dikenali oleh calon konsumen.
Dalam artikel outbrain.com dijelaskan, brand exposure berbanding lurus dengan brand awareness, brand equity, serta revenue sebuah produk.
Jadi, penting bagi para pemilik usaha untuk mencari taktik meningkatkan brand exposure sebuah produk.
RadVoice Indonesia telah merangkum beberapa taktik meningkatkan brand exposure dalam artikel berikut ini.
Taktik Meningkatkan Brand Exposure
Beberapa taktik meningkatkan brand exposure ini dapat dicoba para pemilik usaha agar produknya semakin dikenal.
1. Meningkatkan Brand Message dan Storytelling
Meningkatkan brand message dan storytelling menjadi salah satu taktik yang dapat dicoba para pemilik usaha.
Mengutip rockcontent.com, brand message adalah cara yang digunakan untuk berinteraksi dengan pelanggan agar mereka dapat memahami nilai perusahaan.
Biasanya, brand message akan semakin menarik jika Anda telah menyusun storytelling sesuai dengan target yang dituju.
Jika keduanya disusun dengan sangat baik, brand exposure pun secara otomatis akan terbentuk di masyarakat.
Sesuai dengan pengertian sebelumnya, saat brand exposure terbentuk, revenue produk pun akan semakin meningkat.
Penting untuk sebuah perusahaan atau pemilik usaha lainnya selalu meningkatkan brand message dengan storytelling yang menarik.
2. Memanfaatkan Media Sosial
Taktik lain yang dapat dilakukan untuk meningkatkan brand exposure adalah memanfaatkan media sosial.
Cara ini dapat dikatakan paling mudah untuk mengenalkan produk atau jasa kepada masyarakat.
Anda dapat menggunakan semua jenis media sosial seperti Instagram, Facebook, serta TikTok untuk mengenalkan sebuah produk.
Namun, Anda harus menyesuaikan konten terkait produk dan sasaran konsumen.
Buatlah sebuah content plan untuk mengenalkan produk melalui media sosial.
Pastikan Anda membuatnya secara kreatif dan sesuai dengan tren di pasar, sehingga produk Anda akan lebih mudah dikenal oleh calon konsumen.
3. Kolaborasi dengan Influencer
Cara meningkatkan brand exposure berikutnya adalah dengan cara kolaborasi dengan influencer.
Saat berkolaborasi dengan influencer, pastikan Anda telah memilih sesuai dengan target produk atau jasa yang dikeluarkan.
Jangan ragu untuk melihat background dari influencer, termasuk pemberitaannya di media.
Hal ini penting untuk diperhatikan, sehingga anggaran yang dikeluarkan tidak terbuang percuma.
Perlu diketahui, kolaborasi dengan influencer yang tidak sesuai dengan target pasar akan memberikan efek negatif pada kegiatan marketing Anda.
Jadi, penting untuk Anda selalu memilih influencer yang tepat ketika ingin melakukan kolaborasi demi meningkatkan brand exposure.
4. Libatkan Audiens
Taktik terakhir yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan exposure adalah selalu melibatkan audiens.
Mengutip techtarget.com, melakukan engagement dengan audiens adalah cara perusahaan menciptakan hubungan dengan pelanggan.
Jika hubungan ini terjalin dengan baik, pelanggan pun secara otomatis menjadi loyal terhadap produk yang dikeluarkan oleh perusahaan.
Cara engagement ini cukup beragam, mulai dari memanfaatkan kanal digital hingga mengadakan event offline.
Untuk kanal digital, Anda dapat mengadakan acara melalui media sosial seperti giveaway, games, serta lainnya.
Selain itu, Anda juga dapat memberikan promo-promo menarik melalui e-commerce yang menjual produk dari perusahaan Anda.
Anda juga dapat bekerjasama dengan komunitas untuk mengadakan acara untuk mengenalkan bisnis Anda secara offline atau online.
Kesimpulan
Sesuai dengan pengertiannya, brand exposure dapat berbanding lurus dengan pendapatan sebuah perusahaan.
Tak heran jika banyak kegiatan yang dilakukan tim marketing dan PR untuk meningkatkan brand exposure.
Agar hasilnya maksimal, Anda dapat mencoba beberapa taktik dari RadVoice berikut ini.
- Meningkatkan brand message dan storytelling
- Memanfaatkan media sosial
- Kolaborasi dengan influencer
- Libatkan audiens
Jika keempat taktik tersebut dijalankan dengan baik, besar kemungkinan brand exposure akan terbentuk di masyarakat. Yuk, jangan ragu untuk mencoba!