RadVoice Menggarap Press Release Perjalanan 25 Tahun Wahana Safety Indonesia untuk Media Nasional

Dalam rangka memperingati ulang tahun ke-25, PT Wahana Safety Indonesia, perusahaan penyedia alat keselamatan dan kesehatan kerja (K3), memperkuat komitmen dalam membangun budaya keselamatan kerja.

Pada Juli 2025, Wahana Safety menugaskan RadVoice Indonesia untuk menulis dan mempublikasikan press release tentang perjalanan perusahaan, sekaligus mendorong kampanye budaya keselamatan kerja di Indonesia.

Siaran pers tersebut berhasil terbit di lima media nasional antara lain Republika, Media Indonesia, Suara Merdeka, SINDONews, dan ANTARA, dengan menyoroti urgensi budaya K3 di tengah tingginya angka kecelakaan kerja di Tanah Air.

Berikut proses di balik pengerjaan proyek RadVoice dengan Wahana Safety Indonesia.

Pendekatan Press Release dari Jumlah Kasus Kecelakaan Kerja

Press release
Ilustrasi. RadVoice mengangkat jumlah kasus kecelakaan kerja di Indonesia dalam press release. (Foto oleh Freepik)

RadVoice mengawali pengerjaan proyek ini dengan pendekatan berbasis data, khususnya dari jumlah kasus kecelakaan kerja di Indonesia.

Tujuannya adalah menghadirkan narasi yang kuat dan relevan agar mudah dipahami oleh media nasional maupun audiens.

Salah satu fokus utama adalah kondisi ketenagakerjaan nasional yang berkaitan langsung dengan urgensi keselamatan kerja.

Berdasarkan data dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), tercatat lebih dari 460 ribu kasus kecelakaan kerja sepanjang 2024. 

Mayoritas terjadi di sektor konstruksi (40 persen), diikuti oleh pertambangan (25 persen), dan manufaktur (20 persen).

Pandangan Ahli Industri tentang Kecelakaan Kerja di Indonesia

Mengacu pada prinsip jurnalistik, RadVoice melengkapi press release dengan mewawancarai pakar ketenagakerjaan, Timboel Siregar, mengenai masalah K3 di Indonesia.

press release
Produk sepatu baru PT Wahana Safety Indonesia. (Foto oleh Wahana Safety Indonesia)

Selain menyoroti kiprah Wahana Safety Indonesia selama 25 tahun dan produk barunya, RadVoice menghadirkan pandangan ahli untuk memperdalam narasi dan memperkaya bobot press release yang disusun.

Menurut Timboel, kasus kecelakaan kerja masih sering terjadi dan berulang akibat kelalaian perusahaan. Banyak perusahaan masih menganggap K3 sebagai beban biaya, bukan investasi. 

“Pengawasan implementasi K3 di lapangan juga masih lemah. Padahal, edukasi pekerja dan manajemen tentang risiko kerja dan cara penanganannya sangat penting,” ungkap Timboel.

Pendekatan ini bertujuan agar siaran pers yang diterbitkan tidak hanya mempromosikan informasi acara, tetapi menyematkan pandangan ahli agar pesan yang disampaikan lebih berdampak.

Selain Wahana Safety Indonesia, RadVoice juga menerbitkan press release Mandiri Capital Indonesia, Titik Koma, Austria Tourism, iSlim Media Replacement, dan riset nikel China-Global South Project di berbagai media nasional.

Ingin mengangkat cerita perusahaan Anda ke media Indonesia? RadVoice siap menjadi mitra Anda.

Let's Amplify Your Voice Together

Tell us about your project, and we will get back to you within one business day.

Contact Us!
Contact Us!
RadVoice Indonesia
Hello
Can we help you?