Bulan ini, RadVoice Indonesia mendapatkan kesempatan menulis press release untuk Austria Tourism, badan pariwisata resmi Austria, dan menyebarluaskannya ke sepuluh media online nasional.
Siaran pers tersebut membahas tentang MoU antara Austria Tourism dan Traveloka, platform travel terkemuka di Asia Tenggara, yang berlaku hingga tahun depan.
Kerja sama ini mencakup di antaranya kegiatan-kegiatan marketing online yang Traveloka lakukan guna mempromosikan pariwisata Austria di berbagai kanalnya. Ini merupakan upaya Austria Tourism membidik pasar Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand.
Press release Austria Tourism kemudian dikirimkan ke para jurnalis Indonesia usai penandatanganan MoU dilakukan pada Senin, 13 Mei 2024, di AYANA Midplaza Jakarta.
Setidaknya sepuluh media telah menayangkan press release dan foto-foto dari acara tersebut. Media-media tersebut di antaranya Suara, Media Indonesia, Kontan, Warta Ekonomi, dan Bisnis Indonesia.
Berikut proses yang RadVoice lalui selama menulis press release dan mempublikasikannya untuk Austria Tourism.
Proses Menulis Press Release Austria Tourism
Seperti portfolio sebelumnya, RadVoice menulis press release untuk Austria Tourism menggunakan prinsip yang serupa dengan menulis berita.
RadVoice memakai struktur inverted pyramid atau piramida terbalik agar informasi tersampaikan dengan runut. Pendekatan ini juga memudahkan proses penulisan dan penyuntingan sebelum siaran pers didistribusikan.
Menurut MasterClass, bagian terawal artikel berstruktur inverted pyramid memiliki poin-poin terpenting, diikuti oleh detail-detail pendukung di paragraf-paragraf berikutnya.
Metode penulisan ini dirancang untuk menarik perhatian pembaca secepat mungkin sejak paragraf pertama.
RadVoice mulai menulis press release dengan menerangkan bahwa Austria Tourism dan Traveloka menandatangani MoU pada 13 Mei 2024.
Paragraf-paragraf selanjutnya menjabarkan bahwa penandatanganan ini turut disaksikan oleh Susanne Kraus-Winkler, Sekretaris Negara untuk Pariwisata di Austria (setingkat menteri di Indonesia), sebagai perwakilan Austria Tourism.
Para representatif Kedutaan Besar di Jakarta, kementerian pariwisata Austria, serta Traveloka juga menghadiri MoU signing ceremony.
Untuk menambah konteks, RadVoice pun menguraikan apa sajakah yang istimewa dari berlibur di Austria.
Bayangkan negara di jantung Eropa yang lebih dari setengah wilayahnya dikelilingi oleh pegunungan Alpen. Lengkap dengan budaya kedai kopi Wina (Viennese coffee house culture), pasar-pasar Natal yang romantis, kota-kota berusia ratusan tahun dan resor-resor ski, serta alamnya yang indah.
Sebuah perjalanan yang teramat berkesan dan tak terlupakan, bukan? Menulis press release berarti memahami berbagai nilai jual klien dan “menjualnya” kepada masyarakat melalui media.
Selain itu, harapan Austria Tourism dari kolaborasi dengan Traveloka pun menjadi informasi yang tidak kalah penting. Pihak Austria Tourism menginginkan semakin banyak pelancong Asia Tenggara yang menyadari potensi pariwisata negara itu dan mempertimbangkannya sebagai destinasi wisata mereka selanjutnya.
Tidak lupa untuk menyisipkan kutipan-kutipan dari para pemangku kepentingan yang membuat siaran pers semakin hidup dan humanis.
Informasi mengenai institusi-institusi yang terlibat pun wajib disertakan agar redaksi lebih mengenal para newsmaker atau sosok pembuat berita.
Memilih Media untuk Menerbitkan Press Release
Setelah menulis press release, saatnya mengirimkan artikel ke media. RadVoice memilih berbagai organisasi media mainstream agar jangkauan berita semakin luas.
Beberapa media bisnis dibidik karena berita tersebut terkait industri pariwisata dan MoU, sedangkan beberapa media umum dan travel ditargetkan karena topik berhubungan dengan inspirasi liburan.
Lima media yang disebutkan sebelumnya memiliki jutaan pembaca total setiap bulannya. Kabar baik selayaknya disampaikan semaksimal mungkin.
Satu demi satu artikel pun terbit, perlahan-lahan mencapai kuota yang disepakati Austria Tourism. Target terpenuhi hampir seminggu setelah acara.
Di satu sisi, semakin banyak pihak mengetahui kemitraan Austria Tourism-Traveloka yang saling menguntungkan ini.
Di sisi lainnya, media memperoleh informasi terkini dan dapat mengemasnya menjadi konten relevan, mengingat Austria adalah destinasi wisata yang berhasil dan telah menyambut lebih dari 100 juta turis asing tahun lalu.
Austria Tourism yang membuka semakin banyak pintu untuk wisatawan Indonesia dan Asia Tenggara jelas menjadi nilai berita bagi media tanah air.
Pada akhirnya, menulis press release dan mengirimnya ke berbagai media nasional menguntungkan para jurnalis dan praktisi humas.
Jadi, good news apakah yang ingin Anda bagikan kepada pers hari ini?