Press conference merupakan salah satu cara sebuah brand memperkenalkan produk atau jasanya. Cara ini dipercaya masih sangat ampuh untuk meningkatkan branding dan pemasaran dari perusahaan.
Saat mengadakan press conference, Anda harus memastikan jika media yang diundang kredibel dan dapat memberitakan informasi Anda dengan cepat. Ini juga akan mendatangkan keuntungan press conference untuk bisnis Anda.
Konferensi pers yang disiarkan dengan cepat dapat memberikan berbagai manfaat seperti yang telah dirangkum oleh RadVoice Indonesia berikut ini.
Keuntungan Press Conference Langsung Disiarkan oleh Media
Mengutip Investopedia, press conference adalah acara yang diselenggarakan oleh perusahaan untuk menyampaikan informasi secara resmi dan menjawab pertanyaan langsung dari media.
Jika dilihat dari pengertiannya, tujuan press conference akan tercapai selama berita cepat disiarkan oleh media melalui platform mereka masing-masing. Pasalnya, konferensi pers yang disiarkan oleh media dengan cepat akan memberikan keuntungan seperti berikut.
1. Informasi Tersampaikan dengan Cepat
Konferensi pers yang langsung disiarkan akan mempercepat penyampaian informasi dari perusahaan atau lembaga.
Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi perusahaan atau lembaga, apalagi jika informasi yang disampaikan terkait dengan isu terkini.
Pastikan semua perwakilan perusahaan maupun organisasi yang menghadiri konferensi pers Anda dapat menjawab semua pertanyaan dari wartawan, sehingga informasi dapat disampaikan dengan baik.
Jangan lupa, Anda juga harus membuka sesi tanya jawab dengan durasi yang lebih lama dibandingkan presentasi dari pembicara. Misalnya, presentasi dibuat selama 15 menit dan tanya jawab 45 menit. Konferensi pers akan selesai sekitar satu jam.
Selain itu, Anda juga harus memberikan kesempatan kepada rekan media untuk melakukan doorstop terhadap pembicara di luar sesi tanya jawab. Singkatnya, doorstop adalah salah satu jenis wawancara di mana media menghampiri narasumber yang akan meninggalkan acara.
Jika hal tersebut dilakukan, konferensi pers yang digelar akan semakin menarik untuk para wartawan. Mereka akhirnya dapat menggali lebih dalam tentang brand Anda.
2. Meningkatkan Brand Awareness
Salah satu tujuan press conference adalah meningkatkan brand awareness terhadap suatu produk atau jasa dari perusahaan.
Brand awareness adalah istilah pemasaran yang menggambarkan tingkat kesadaran konsumen terhadap suatu produk atau layanan berdasarkan namanya.
Publikasi media menjadi salah satu cara meningkatkan brand awareness untuk produk atau jasa dari sebuah perusahaan. Jika hal ini ingin efektif, pastikan Anda mengundang seorang ahli dalam acara konferensi pers yang diadakan oleh perusahaan.
Misalnya, jika Anda ingin meluncurkan sebuah suplemen penambah berat badan, pastikan seorang ahli gizi juga hadir sebagai pembicara. Hadirnya seorang ahli dalam sebuah konferensi pers mempermudah wartawan dalam mengeksplorasi produk dari perusahaan Anda.
3. Mudah Ditemukan di Mesin Pencarian
Mudah ditemukan di mesin pencarian juga menjadi keuntungan dari press conference yang cepat disiarkan oleh media. Berita terbaru, apalagi sesuai dengan isu yang sedang hangat, mungkin akan bertengger di posisi teratas mesin pencarian.
Artikel tentang perusahaan yang berada di urutan teratas mesin pencarian akan memberikan keuntungan untuk perusahaan. Pasalnya, artikel teratas memungkinkan audiens untuk mengklik dan membaca tentang informasi di mesin pencarian.
Kesimpulan
Press conference yang disiarkan dengan cepat oleh media memberikan keuntungan untuk perusahaan. Berikut keuntungan press conference yang langsung disiarkan oleh media bagi perusahaan.
- Informasi tersampaikan dengan cepat
- Meningkatkan brand awareness
- Mudah ditemukan di mesin pencarian
Itulah penjelasan tentang tiga manfaat press conference yang disiarkan lebih cepat oleh media.
Ikuti langkahnya agar konferensi pers dan informasi dari perusahaan Anda akan cepat tersampaikan kepada audiens. Apakah Anda sudah siap untuk mengadakan konferensi pers?