PR Agency vs PR In House: Pilih yang Mana?

PR agency vs PR in house

PR agency dan PR in house punya peran yang sama penting, meski cara kerjanya berbeda. 

Jika PR in house ada di bawah sebuah perusahaan, PR agency dibentuk untuk memberikan jasa atau layanan ke banyak perusahaan. 

Lalu, apa saja perbedaan keduanya dalam hal tanggung jawab dan memenuhi kebutuhan komunikasi perusahaan? 

Apa kelebihan dan kekurangan dari tiap tugasnya?

Perbedaan PR Agency dan PR In House

RadVoice Indonesia telah merangkum penjelasan mengenai perbedaan keduanya sebagai berikut. 

Ketersediaan Layanan 

PR agency memiliki kelebihan dengan spesifikasi layanan yang lebih beragam, mulai dari media relations, manajemen krisis, hingga event management. Anda dapat leluasa memilih jasa sesuai kebutuhan. 

Dikutip dari Motive PR, PR agency juga memiliki pemahaman yang lebih baik tentang tren terkini karena menangani banyak klien. 

Selain itu, klien agency PR cenderung banyak dan beragam. Hal tersebut tentu akan berpengaruh pada kecepatan atau efisiensi dalam mengerjakan suatu proyek.

Dengan klien dan spesifikasi layanan yang lebih beragam, PR agency umumnya mampu mengusulkan ide kampanye yang lebih variatif dan memberikan perspektif baru tentang bisnis Anda. 

Baca juga: Peran Penting PR untuk Startup: Strategi Menarik Perhatian Publik dan Media

Di sisi lain, PR in house cocok bagi Anda yang berminat dalam bidang tertentu yang lebih spesifik, seperti fashion atau otomotif. 

Dikutip dari PR Daily, bekerja secara internal akan membuat Anda lebih memahami industri tersebut. 

Hal ini juga diyakini berguna untuk membangun hubungan dengan media yang relevan dengan industri in house Anda. 

PR in house
PR in house cocok bagi Anda yang berminat dalam bidang tertentu yang lebih spesifik. (Foto oleh Freepik)

Jaringan dengan Media

PR agency biasanya juga memiliki jaringan yang lebih luas dengan media. Kelebihan ini yang terkadang menjadi kendala bagi PR in house karena keterbatasan akses dengan media. 

Jaringan media yang dimiliki PR in house biasanya terbatas pada hubungan yang telah dibangun di suatu industri.

Sementara jaringan media di PR agency lebih luas dan beragam. Mereka dapat membantu perusahaan mendapatkan eksposur yang lebih besar. 

Baca juga: 3 Keuntungan Media Relations untuk Perusahaan

PR in house
Jaringan media di PR agency umumnya lebih luas dan beragam sehingga perusahaan berpotensi mendapatkan eksposur yang lebih luas. (Foto: Freepik)

Fleksibilitas

Di sisi lain, komunikasi antarpihak akan lebih mudah karena yang menjalankan adalah tim internal PR Anda sendiri. Anda tak perlu kesulitan menyusun jadwal untuk rapat, pertemuan, dan kepentingan lain karena timnya ada di dalam kantor. 

Sementara bekerja dengan agency PR dari luar memerlukan upaya lebih untuk menyusun jadwal pertemuan dan koordinasi terkait lainnya. 

Perbedaan Anggaran

Biaya penggunaan tim PR internal dapat lebih efektif dalam jangka panjang, khususnya untuk startup atau perusahaan baru. 

Sementara biaya untuk menggunakan agency PR berpotensi lebih besar karena menggunakan jasa eksternal yang lebih berpengalaman.  

Meski terkadang biaya bisa lebih fleksibel karena perusahaan hanya membayar jasa PR agency berdasarkan kebutuhan tersebut. 

Kapan Menggunakan PR agency atau PR in house?

Pilihan terbaik untuk perusahaan Anda tergantung pada anggaran, tujuan bisnis, serta spesialisasi yang diinginkan.

Anda dapat menggunakan PR agency ketika:

  • Perusahaan butuh perspektif baru dalam strategi komunikasi;
  • Ada proyek besar seperti peluncuran produk atau kampanye tertentu berskala besar;
  • Perusahaan ingin memperluas jangkauan media.

Anda butuh PR agency? Hubungi RadVoice sekarang.

PR in house
Pilihan terbaik untuk perusahaan Anda tergantung pada anggaran, tujuan bisnis, serta spesialisasi yang diinginkan. (Foto oleh standret/Freepik)

Sementara Anda dapat menggunakan PR in house apabila:

  • Perusahaan lebih memilih gaya komunikasi yang sesuai dengan budaya atau kebiasaan yang selama ini dijalankan;
  • Ingin hasil yang lebih cepat dan efisien karena hanya Anda satu-satunya klien;
  • Menghemat anggaran.

Kesimpulan

Memutuskan untuk menyewa PR agency atau membentuk tim internal melibatkan pertimbangan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

PR agency menawarkan keahlian yang lebih beragam dan kemampuan menangani berbagai industri.

Di sisi lain, membangun tim PR in house memungkinkan pengawasan yang lebih besar, selaras dengan budaya perusahaan, dan pemahaman mendalam tentang brand perusahaan.

Jadi, pilihan mana yang terbaik untuk perusahaan Anda?

Contact Us!
Contact Us!
RadVoice Indonesia
Hello
Can we help you?