Peran penting media dalam industri kesehatan membantu meningkatkan reputasi, terutama dalam layanan rumah sakit.
Langkah ini tidak hanya membantu rumah sakit membangun citra positif, tapi juga memastikan informasi mengenai layanan medis yang tersedia dapat diakses oleh lebih banyak orang.
Melalui strategi media trip, Gleneagles Hospital Penang, salah satu rumah sakit ternama di George Town, Penang, Malaysia, berupaya memperkenalkan lebih luas layanan medisnya kepada publik.
Didirikan pada 1973, Gleneagles Hospital Penang sebelumnya bernama Penang Medical Center.
Berawal dengan empat dokter spesialis, kini Gleneagles Hospital Penang terus berkembang dengan mendatangkan lebih banyak dokter dan spesialis.
Island Hospital di Penang mengundang RadVoice Indonesia dan beberapa jurnalis dari Jakarta, Surabaya, dan Medan dalam media trip ke Penang pada 25-28 Februari 2025.
Kunjungan media tersebut juga mengajak para jurnalis untuk mengunjungi Gleneagles Hospital Penang, bagian dari IHH Healthcare Malaysia yang turut menaungi Island Hospital.
Baca juga: Strategi Komunikasi Island Hospital Penang dalam Menarik Pasien Indonesia
Peran Penting Media untuk Gleneagles Hospital Penang
RadVoice telah mewawancarai Aileen Foo, Senior Sales & Marketing Manager Gleneagles Hospital Penang, tentang bagaimana peran media sangat berpengaruh dalam memperkenalkan spesialisasi dan layanan rumah sakit kepada masyarakat luas.

Strategi Media Trip
Salah satu strategi yang dilakukan Gleneagle Hospital Penang dalam memperluas jangkauannya adalah dengan menggelar media trip.
Media trip menunjukkan keterlibatan jurnalis di dalamnya untuk melihat langsung fasilitas serta layanan yang tersedia di rumah sakit.
“Saya rasa media memainkan peran yang sangat penting karena membuat orang mengetahui pilihan apa saja yang tersedia,” ujar Foo.
Selain itu, melalui hubungan dengan media, rumah sakit lebih terbantu dalam menyampaikan informasi kepada publik tentang bagaimana layanan kesehatan dijalankan.
Hal ini terbukti dapat meningkatkan eksposur rumah sakit kepada para calon pasien.
“Dengan kehadiran media, mereka bisa menyebarkan informasi yang lebih luas melalui media massa. Jangkauannya jauh lebih luas dibandingkan dengan yang bisa kami lakukan sendiri,” jelasnya.
Mempertahankan Reputasi Rumah Sakit
Keberhasilan rumah sakit dalam mempertahankan reputasinya sejak 1973, tak lepas dari peran kepemimpinan dan layanan medis yang berkelanjutan.
Gleneagles Hospital Penang terus menyesuaikan citra yang ingin dibangun sejak pertama berdiri hingga saat ini. Foo menyebut bahwa pasien adalah prioritas utama.
“Menurut saya, kepemimpinan juga berperan besar, sehingga kami tahu ke mana kami ingin menuju. Pada dasarnya kami ingin memberikan nilai kepada komunitas, market, dan orang-orang yang kami layani,” ucap Foo.
Foo yang telah bekerja di rumah sakit tersebut selama hampir tiga dekade mengatakan bahwa Gleneagles Hospital Penang terus berkembang dengan menambah jumlah dokter spesialis dan sub-spesialis yang semakin beragam.
Namun, ia menegaskan bahwa keberhasilan itu tak semata diukur dari bertambahnya jumlah dokter di rumah sakit. Ia juga menekankan nilai-nilai yang dapat diberikan rumah sakit melalui layanan medisnya kepada publik.

Hal tersebut, menurut Foo, telah menjadi prinsip yang dipegang untuk memastikan pihak rumah sakit selalu melakukan yang terbaik untuk pasien sebagai bagian dari keunggulan layanan medisnya.
“Sebagai seseorang yang bekerja di bidang pemasaran, saya akui bahwa kami sering menampilkan segala sesuatunya yang terlihat baik. Tapi di sini, saya dapat benar-benar menunjukkan kepada Anda apa yang ada di sana dan manfaatnya untuk Anda,” ucapnya.
Strategi untuk Pasar Indonesia
Dalam menjangkau pasar Indonesia, pihak Gleneagles Hospital Penang tidak banyak melakukan perubahan pada strategi pemasarannya. Namun, ia menyoroti perihal kualitas layanan dan pengalaman pasien.
“Orang Indonesia sangat memperhatikan layanan dan pengalaman. Indonesia adalah negara yang sangat berorientasi pada layanan, jadi kami benar-benar harus membuat perbedaan dalam hal itu,” ungkapnya.
Dengan semakin berkembangnya industri kesehatan, penting bagi rumah sakit untuk mempertahankan komunikasi yang kuat dengan media serta masyarakat.
“Saya pikir kita harus memberikan kepada pasien, apa yang kita sendiri inginkan sebagai pasien. Pada akhirnya, kita semua juga akan menjadi pasien suatu hari nanti,” tutupnya.
Melalui hubungan media yang baik dan komitmen terhadap layanan berkualitas, Foo meyakini rumah sakit dapat terus meningkatkan reputasi serta kepercayaan publik.

Kesimpulan
Media berperan penting memperkenalkan layanan medis rumah sakit kepada masyarakat luas.
Gleneagles Hospital Penang memanfaatkan strategi media trip untuk meningkatkan eksposur, mempereat hubungan dengan media, serta membangun kepercayaan publik terhadap layanan medisnya.
Selain menjaga citra dan reputasi sejak 1973, rumah sakit ini terus berkembang dengan menambah dokter spesialis serta memastikan layanan berkualitas bagi pasien.
Kepemimpinan yang kuat, nilai yang fokus pada pasien, serta komunikasi efektif dengan media menjadi faktor utama untuk mencapai keberhasilan tersebut.
Wawancara dengan Aileen Foo dilakukan pada Rabu, 26 Februari 2025. Percakapan ini telah diedit agar lebih ringkas.