Pernahkah Anda mendengar istilah media monitoring?
Media monitoring adalah kegiatan pemantauan media dengan melalui proses, teknik, dan alat tertentu.
Kegiatan ini bertujuan untuk melacak hal-hal yang dikatakan media massa atau media sosial tentang brand, industri, kompetitor, hingga topik yang berkaitan dengan bisnis atau institusi Anda.
Anda dapat melakukan media monitoring ke berbagai kanal publikasi, baik itu cetak, daring (online), broadcast (radio dan televisi), media sosial, hingga penjualan (sales).
Bentuknya pun beragam, mulai dari media clipping atau pengumpulan dan pengarsipan, media tracking atau pelacakan, hingga media content analysis atau analisis konten.
Lalu, apa pentingnya? RadVoice Indonesia akan membahasnya alasannya agar brand atau perusahaan Anda tetap relevan dan bereputasi.
Alasan Media Monitoring Penting untuk Anda
Dirangkum dari berbagai sumber, media monitoring penting dilakukan perusahaan, agensi humas atau public relations (PR), hingga brand (merek).
Bahkan, media monitoring termasuk salah satu jenis media relations atau relasi media, selain konferensi pers dan siaran pers.
Secara umum, alasan hal ini perlu dilakukan karena Anda dapat mengelola reputasi tetap stay on the track dengan memantau media yang membahas brand atau isu Anda.
Ini juga membantu merumuskan strategi media dan pesan setelah memahami kompetitor dan tren maupun mengetahui jangkauan pesan institusi Anda setelah mengukur efektivitas kampanye.
Lantas, apa saja alasan media monitoring jadi hal penting? Berikut ulasannya.
1. Pantau Media yang Membahas Brand atau Isu Anda
Alasan pertama media monitoring penting dilakukan adalah agar Anda mudah memantau bagaimana media membahas brand atau isu Anda.
Dilansir dari laman Indeed, hal tersebut berkaitan dengan pengelolaan reputasi.
Anda perlu memantau secara up-to-date dengan berita apa pun yang mungkin akan berdampak pada bisnis atau institusi Anda.
Melakukan media monitoring juga dapat membantu Anda untuk memetakan masalah atau isu yang sedang hangat dibicarakan.
Sehingga Anda dapat mengembangkan persepsi positif, menginisiasi solusi, hingga mempersiapkan kemungkinan berita negatif melalui manajemen krisis.
2. Rumuskan Strategi Media dan Pesan untuk Publik
Alasan kedua adalah untuk merumuskan strategi media dan pesan yang tepat sasaran untuk publik.
Lantas sebelum masuk ke perumusan, Anda perlu memahami tren dan keinginan konsumen melalui pemantauan media (termasuk kompetitor) di poin sebelumnya.
Ketika melakukan media monitoring, Anda dapat memahami informasi yang berkaitan dengan target market, baik itu kebutuhan, perilaku, informasi yang dipercaya, hingga tren dan kompetitor.
Dengan mengidentifikasi apa yang konsumen atau pembaca suka dan tidak suka terhadap brand atau institusi, Anda dapat menentukan langkah dan strategi selanjutnya.
Merumuskan strategi media dan pesan untuk publik adalah langkah terakhir setelah memahami semuanya.
Kemudian, apa hasil dari perumusan strategi dan pesan tersebut?
Hasilnya dapat berupa public engagement atau ketertarikan dan keterlibatan publik, market perception atau persepsi publik dan tren pasar, hingga memunculkan potensi tren baru.
3. Tahu Jangkauan Pesan Institusi Anda
Alasan ketiga adalah agar Anda dapat mengetahui reach atau jangkauan pesan brand dan institusi ke publik.
Dilansir dari laman Indonesia PR, keberhasilan sebuah kampanye dapat diukur melalui media monitoring. Apa yang dapat diukur?
Anda dapat mengukur mulai dari perhatian media yang diterima tindakan Anda, capaian target audiens, reaksi audiens, hingga demografi audiens.
Meskipun begitu, Anda perlu alat media monitoring yang mudah dalam semua klik dan dapat langsung mengirim laporannya ke email Anda, di samping bekerja sama dengan media planner untuk melacak hasil pemantauan media.
Dengan media monitoring yang cepat, nantinya Anda dapat catch up pada potensi tren yang akan muncul, bahkan mengembangkan strategi dan rencana kampanye berikutnya.
Kesimpulan
Pemantauan media saat ini penting dilakukan untuk menjaga reputasi dan kapabilitas brand dan institusi Anda.
Terdapat tiga kesimpulan mengapa perlu dilakukan hari ini.
- Memantau bagaimana media membahas brand atau isu Anda
- Sebagai basis untuk merumuskan strategi media dan pesan untuk disampaikan ke publik
- Mengetahui jangkauan pesan brand dan institusi Anda
Itulah pembahasan tiga alasan media monitoring penting untuk Anda. Semoga informasi ini bermanfaat.